Mohon tunggu...
Ruth Delfina Sari Manik
Ruth Delfina Sari Manik Mohon Tunggu... Lainnya - Rdsm

Jadilah dirimu sendiri Dan... Jadilah hebat untuk dirimu sendiri

Selanjutnya

Tutup

Money

Upaya Strategi Pengembangan Penghasilan Usaha Tani Guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani pada Komoditas Hortikultura

19 Juni 2020   20:21 Diperbarui: 20 Juni 2020   09:41 1329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendahuluan                                                                                                                                                                                  

Hortikultura adalah salah satu sektor dalam bidang pertanian yang mengembangkan dan membudidayakan tanaman khususnya tanaman buah, tanaman sayuran, tanaman hias, dan tanaman obat -- obatan.

Tanaman dalam sektor hortikultura banyak dikembangkan dan mudah dalam proses budidayanya, juga tanaman tersebut dapat tumbuh diberbagai wilayah atau tempat sehingga banyak dibudidayakan oleh para petani guna mengembangkan kesejahteraan hidupnya, tetapi seiring berjalannya waktu di ikuti dengan kemajuan akan teknologi mengakibatkan para petani kurang meminati dalam budidaya tanaman hortikultura, para petani lebih memilih membudidayakan tanaman komoditas lain yang dapat menghasilkan penghasilan yang lebih banyak dari budidaya tanaman hortikultura. Mengenai permasalahan tersebut mengakibatkan kecenderungan para petani memilih tanaman yang dapat menghasilkan hasil yang dapat dipanen lebih dari sekali.                                          

Strategi pengembangan  yang dilakukan untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan penghasilan petani bertumpu pada usaha yang dimiliki, sasaran yang perlu dibangun di arahkan dan juga ditargetkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

Pada saat ini pekerjaan yang paling banyak ditekuni masyarakat adalah bertani, tetapi saat ini cukup banyak dijumpai para petani yang kurang mengetahui tata cara dan kebijakan yang baik dalam melakukan kegiatan bertani. Permasalahan tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan para sebagian petani tentang tata cara yang baik dalam proses melakukan budidaya   tanaman tersebut, strategi yang dilakukan untuk dapat mengatasi hal tersebut dengan melakukan kegiatan penyuluhan, pengarahan, dan pembelajaran kepada para petani yang memiliki tingkat pendidikan yang kurang.                                     

Pengembangan penghasilan para petani didukung dengan kualitas, kuantitas, dan daya jual produk hasil pertanian.

Permasalahan yang biasanya mengganggu pendapatan para petani adalah dalam sektor agribisnisnya dimana keterbatasan kepemilikan lahan oleh para petani yang ingin membudidayakan tanaman komoditas hortikultura,  Produk hortikultura yang memiliki kecenderungan mudah rusak (perishable), hasil panen komoditas hortikultura tidak dapat disimpan terlalu lama, penanganan dalam pasca panen masih cenderung menggunakan cara tradisional  sehingga dapat menimbulkan kerusakan akan hasil panen yang cukup tinggi, harga yang dimiliki oleh hasil panen komoditas hortikultura sangat fluktuatif sehingga pendapatan yang akan didapatkan petani tidak dapat dipastikan dari hari -- hari sebelumnya juga kemampuan modal yang dimiliki para petani terbatas serta sistem manajemen yang baik belum dapat dilakukan setiap petani untuk dapat mengatur pengeluaran dan pendapatan yang diterima para petani dari proses budidaya komoditas hortikultura yang dilakukan dan sebagian dari keuntungan yang didapatkan dari usahatani yang dilakukan tidak dapat dirasakan oleh para petani tetapi yang merasakan keuntungan tersebut adalah para industri -- industri pengolah hasil panen yang telah didapatkan dari para petani.

Pembahasan                                                                                                                                                                         

A.  Aspek Sumberdaya Lahan                                                                                                                             

Ketersediaan lahan untuk tempat budidaya tanaman hortikultura adalah salah satu faktor keberhasilan dalam berusahatani, kesesuaian lahan sangat perlu diperhatikan sebelum melakukan kegiatan usahatani. Cara yang efektif dilakukan adalah dengan melakukan percobaan percocokan tanaman yang akan ditanam pada lahan tersebut apakah tanaman tersebut cocok atau tidaknya. Karakteristik kualitas tanah yang akan dijadikan lahan tidak semuanya memiliki kesamaan, setiap lahan memiliki sifat fisik dan kualitas yang berbeda -- beda.

Karakteristik sumberdaya lahan meliputi ketersediaan air (potensi curah hujan yang terjadi di wilayah tersebut dan kelembapan tanah), media perakaran berupa tekstur tanah yang dimiliki, kedalaman tanah dan lainnya, kapasitas oksigen yang ada dalam tanah, kandungan PH tanah, dan tingkat kelerengan yang dimiliki sehingga seberapa kemungkinan dapat terjadinya erosi di lahan tersebut (Tertua dkk, 2017).

Kesesuaian lahan untuk menjadi tempat berusahatani sangat mendukung akan mengdapatkan kualitas dan kuantitas hasil panen pada saat pemanenannya, kesesuaian lahan pada setiap komoditas tanaman hortikultura berbeda -- beda, komoditas hortikultura pada tanaman sayuran  memerlukan kelembanpan tanah tertentu, sehingga diperlukan pengadaan irigasi disekitar lahan, akibat dari kekurangan potensi air yang di dapatkan tanaman maka akan berpengaruh pada produktivitas tanaman sayur, juga sebagian tanaman sayur perlu penggunaan mulsa agar dapat lebih mudaah dalam pengendalian gulma dan juga bertujuan untuk mengurangi paparan sinar matahari yang akan mengenai lahan, jika pada musim kemarau paparan sinar matahari langsung akan dapat menekan dan berpotensi mengakibatkan kekeringan pada tanah.

Tanaman buah -- buahan yang menjadi bagian dari komoditas hortikultura, dalam pengolahan dan perawatan lahan juga pada sebagian tanaman buah digunakan mulsa plastik untuk mengurangi kapasitas penguapan air pada tanah sementara untuk tanaman hias hal yang paling berpengaruh untuk tanaman adalah kapasitas cahaya matahari, kadar CO2, dan kapasitas air (Hilman dkk, 2019).

B. Usahatani, Modal, Sarana dan Prasarana                                                                                      

Komoditas hortikultura memiliki banyak potensi, usahatani tanaman sayuran, buah -- buahan, tanaman hias, dan tanaman obat -- obatan, saat ini memang menjanjikan dan memberi harapan besar dan dapat  meningkatkan kesejahteraan para petani. Usahatani yang bila diakukan secara intensif dan mengikuti cara dan proses budidaya yang benar maka akan menghasilkan hasil yang memuaskan tetapi harus didukung dengan modal, teknologi berupa fasilitas -- fasilitas yang mendukung , dan lainnya.

Strategi berusahatani yang dilakukan dengan adanya petani dan pemerintah bekerjasama,  sehingga adanya dukungan berupa pemberian kredit/modal kepada masyarakat yang kurang mampu, penyediaan sarana produksi dan infrastruktur berupa pemasaran akan komoditas pertanian dan adanya kerjasama kepada pihak -- pihak swasta yang baik, sehingga akan menciptakan peluang -- peluang bisnis baru. Prospek yang dilakukan akan menjadikan pendapatan negara akan meningkat sehingga akan memperluas sistem perekonomian.                         

C. Kelembagaan                                                                                                                                                                           

Kelembagaan yang ada pada kegiatan usahatani dalm sektor hortikultura yaitu petani yang berperan sebagai produsen berupa lembaga penghasil suatu komoditas yang nantinya diperjual belikan, pedagang pengumpul adalah pihak pertama yang berperan dalam pembelian barang hasil panen dari petani langsung, pedagang besar/eksportir berupa pihak yang menerima dan menyalurkan hasil pertanian, pedagang pengecer yaitu pedagang yang menjadi penyebar barang -- barang kepada konsumen (Darwis dkk, 2006).

D. Pemasaran                                                                                                                                                                                   

Saluran pemasaran adalah suatu rangkaian yang dilalui suatu barang produk berupa barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Semakin pendek saluran pemasaran akan memberikan keuntungan yang lebih besar terhadap produsen (petani)  dibandingakan saluran pemasaran yang lebih panjang. Dalam proses pemasaran berlaku fungsi -- fungsi yaitu 1) fungsi pertukaran, tetapi fungsi yang berlaku pada petani hortikultura adalah fungsi penjualan, para petani menjual hasil panennya kepedagang pengumpul.

Fungsi pertukaran berlaku pada pedagang besar/eksportir, 2) Fungsi pengadaan secara fisik, kegiatan yang terjadi berupa kegiatan pasca panen, pengangkutan dan penyimpanan, kegiatan pasca panen biasanya dilakukan oleh para petani dari mulai tahap sortasi dan grading produk, kegiatan penyimpan dilakukan pedagang besar dan fungi pengangkutan dilakukan oleh pedagang pengumpul, 3) Fungsi pelancar meliputi permodalannya, informasi (pasar dan harga) dan penanggungan resiko    (Elviana, 2018).

Kesimpulan                                                                                                                                                                                    

Hortikultura adalah salah satu sektor dalam bidang pertanian yang mengembangkan dan membudidayakan tanaman khususnya tanaman buah, tanaman sayuran, tanaman hias, dan tanaman obat -- obatan.                                                                                                                                                          

Faktor -- faktor keberhasilan dalam usahatani adalah ketersediaan lahan dan kesesuaian lahan  dengan komoditas  yang  dibudidayakan,  kegiatan yang dilakukan dalam usahatani, ketersediaan akan modal yang dibutuhkan, ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung atas keberhasilan usahatani.

Strategi yang diterapkan untuk dapat mengembangkan pendapatan dari budidaya komoditas hortikultura adalah dengan menerapkan sistem budidaya dan keadaan bisnis yang menjadikan peluang untuk komoditas tersebut dapat  bersaing dengan komoditas lainnya.                                                                                                                 

Refrensi 

Tertua.V.V., Salampessy.H., Johanis.P.H. 2017. Kesesuaian Lahan Komoditas Hortikultura di Desa Hative Besar Kecamatan Teluk Ambon. Jurnal Budidaya Pertanian, 13(1): 9-16.

Hilman.Y., Suciantini., Rini.R. 2019. Adaptasi Tanaman Hortikultura Terhadap Perubahan Iklim Pada Lahan Kering. Jurnal Litbang Pertanian, 38(1): 55-64.   

Darwis. V., Hastuti.E.L., Supena.F. 2006. Revitalisasi Kelembagaan Kemitraan Usaha Dalam Pembangunan Agribisnis Hortikultura di Provinsi Sumatera Utara. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 24(2): 123-134.              

Elviana. D. 2018. Analisis Saluran dan Fungsi Pemasaran Komoditas Hortikultura Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Kesejahteraan Masyarakat Kawasan Perbatasan. Jurnal  Borneo   Saintek, 1(2): 13-20.

#EkonomiPertanian

#FakultasPertanianUniversitasJember

#TraditionOfExcellence

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun