Mohon tunggu...
Rusmana St
Rusmana St Mohon Tunggu... Guru - Proposional / guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Bapak rusmana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inovasi Merdeka Belajar CP Penting untuk buat TP dan ATP

23 Desember 2022   13:40 Diperbarui: 23 Desember 2022   14:05 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kurikulum merdeka belajar adalah yang harus kita pahami untuk seorang guru maka dalam inovasi Merdeka belajar ini saya akan mencoba untuk mengajak atau mempraktekan cara pembuatan sebuah materi yang sedang ramai di bicarakan  oleh semua guru ,khusus yang mengajar untuk apa ? Tentu kita mengharapakan mampu jadi  trampil membuat RPP atau lebih jauh  adalah sebuah materi yang di ampuh dan membuat  buku.

Tentu kita harus melihat dari materi di fase yang kita ampuh,sesuai surat edaran dari kementerian pendidikan yaitu ,fase a,b,c,d,e dan F.

Untuk lebihnya kita harus mengingat kembali dalam pepatah yang harus kita pahami " komponen modul ajar wajib " he he edaran "kementerian pendidikan ,kebudayaan,Riset ,dan Teknologi.

Komponen Modul ajar wajib.

Alur tujuan pembelajaran menjadi dasar bagi pendidikan untuk menyusun perencanaan pembelajaran atau modul ajar.Pendidik memiliki keluasan untuk mengembangkan modul ajar sendiri,memilih dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan kontek , kebutuhan dan karakter peserta didik 

Secara umum modul ajar memiliki tiga komponen utama yaitu :

1.Tujuan Pembelajaran

2.Langkah-langkah Pembelajaran atau kegiatan pembelajaran.

3.Asesmen Pembelajaran.

Ada acuan Teknik Modifikasi Modul ajar.

( Sumber ,kementerian Pendidikan ,kebudayaan ,Riset dan Teknologi) .

1.Menetapkan tujuan belajar berdasarkan Cp dan ATP sesuai karakteristik murid, kurikulum;dan Profil pelajar Pancasila.

2.Menyusun desain pembelajaran ;melaksanakan ; dan merefleksikan kegiatan pembelajaran yang efektif.

3.Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik.

4.pembelajaran yang dirancang wsuai konteks,lingkungan dan budaya peserta  didik,serta melbatkan orang tua dan masyarakat sebagi mitra.

5. Pembelajaran berorentasi pada masa depan yang berkelanjutan.

Semoga bermanfaat.

Ujung harapan ,Bekasi 23/12/2022

Rusmana ST MM MSi

Bersambung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun