Mohon tunggu...
Rusmana St
Rusmana St Mohon Tunggu... Guru - Proposional / guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Bapak rusmana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inovasi Merdeka belajar memami CP.

21 Desember 2022   19:37 Diperbarui: 21 Desember 2022   20:23 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bagimana cara memahami sebuah CP ? Ingat kembali penjelas dan latihan yang sudah kita lakukan ? Ada 3 tahapan untuk merumuskan TP dan ATP dengan menggunakan CP sebagai acuan :

1.Idenfikasi hasil yang di inginkan 

2.Menentukan bukti dan asesmen.

3.Merencanakan tahapan kegiatan pembelajaran .

Untuk hasil yang di inginkan adalah :

1.Apakah perlu didengar, ,baca,dilihat,dijelaskan ditemukan oleh peserta.

2.Pengetahuan dan keterampilan apa yang perlu di kuasai peserta.

3. Apa ide-ide besar dan pemahaman penting yang harus di pertahankan peserta setelah mengikuti pembelajaran 

Maka ini bisa membantu kita untuk membuat tujuan pembelajaran yang kongrit dan spesifikasi dan menentukan konten terbaik juga bisa mengidenfikasikan hasil yang di inginkan.

Karakteristik sekolah dalam KOS ( Kurikulum Operasional Sekolah) perlu di perhatikan apabila dalam melaksanakan di sekolah masing-masing.

TP dan ATP juga bisa digunakan berbagi strategi dan pendekatan untuk menyusun TP (Tujuan belajar ) dan alur Tujuan Pembelajaran  (ATP).

Yang harus di perhatikan ,TP dan ATP harus memenuhi kriteria-kriteria berikut ini :

1.Kompetensi ,kemampuan yang mencakup sikap.pengetahuan ,dan keterampilan yang dapat di demonstrasi kan peserta didik .

2.Konten,Ilmu pengetahuan inti/konsep utama.

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP )

1.Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dibiuasai 

2.ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear.

3.ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran antara fase.

Untuk Merumuskan TP dan ATP dari kalimat CP 

1.Rumusan TP mengacu pada kompetensi dan konten pada CP.

2.Rumusan kalimat TP dapat mengambil refensi dari berbagai sumber.

3.Indentifikasi propil pelajar Pancasila yang dapat terkait dengan kompetensi yang ingin di capai 

Ujung harapan Bekasi ,21/11/2022

Rusmana ST MM MSi

Bersambung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun