Bagimana cara memahami sebuah CP ? Ingat kembali penjelas dan latihan yang sudah kita lakukan ? Ada 3 tahapan untuk merumuskan TP dan ATP dengan menggunakan CP sebagai acuan :
1.Idenfikasi hasil yang di inginkanÂ
2.Menentukan bukti dan asesmen.
3.Merencanakan tahapan kegiatan pembelajaran .
Untuk hasil yang di inginkan adalah :
1.Apakah perlu didengar, ,baca,dilihat,dijelaskan ditemukan oleh peserta.
2.Pengetahuan dan keterampilan apa yang perlu di kuasai peserta.
3. Apa ide-ide besar dan pemahaman penting yang harus di pertahankan peserta setelah mengikuti pembelajaranÂ
Maka ini bisa membantu kita untuk membuat tujuan pembelajaran yang kongrit dan spesifikasi dan menentukan konten terbaik juga bisa mengidenfikasikan hasil yang di inginkan.
Karakteristik sekolah dalam KOS ( Kurikulum Operasional Sekolah) perlu di perhatikan apabila dalam melaksanakan di sekolah masing-masing.
TP dan ATP juga bisa digunakan berbagi strategi dan pendekatan untuk menyusun TP (Tujuan belajar ) dan alur Tujuan Pembelajaran  (ATP).
Yang harus di perhatikan ,TP dan ATP harus memenuhi kriteria-kriteria berikut ini :
1.Kompetensi ,kemampuan yang mencakup sikap.pengetahuan ,dan keterampilan yang dapat di demonstrasi kan peserta didik .
2.Konten,Ilmu pengetahuan inti/konsep utama.
Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP )
1.Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dibiuasaiÂ
2.ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear.
3.ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran antara fase.
Untuk Merumuskan TP dan ATP dari kalimat CPÂ
1.Rumusan TP mengacu pada kompetensi dan konten pada CP.
2.Rumusan kalimat TP dapat mengambil refensi dari berbagai sumber.
3.Indentifikasi propil pelajar Pancasila yang dapat terkait dengan kompetensi yang ingin di capaiÂ
Ujung harapan Bekasi ,21/11/2022
Rusmana ST MM MSi
Bersambung.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H