Merdeka belajar adalah kurikulum yang di gunakan untuk proses belajar dan mengajar pada tahun ajaran 2022/2023 yang mana pihak sekolah juga akan mengukur dari kondisi sekolah tersebut dengan catatan 1.Merdeka mandiri 2.Merdeka berubah 3.Merdeka berbagi.
Refleksi pendidikÂ
Dalam kurikulum merdeka belajar untuk memahami cp Adalah langkah yang sangat penting dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dan asesmen.Setiap pendidik perlu memahami apa yang perlu mereka ajarkan, terlepas dari apakah mereka akan mengembangkan kurikulum,alur tujuan pembelajaran, atau silabus sendiri ataupun tidak.
Ada beberapa contoh pertanyaan yang dapat di gunakan untuk memandu guru dalam memahami CP ,diantaranya :
1.Kata-kata kunci apa yang dalam CP ?
2.Apakah capian yang ditargetkan sudah biasa saya ajarkan ?
3.Apakah ada hal-hal yang sulit saya pahami? Bagimana saya cari tahu dan mempelajari hal tersebut ? Dengan siapa saya  sebaiknya  mendiskusikan hal tersebut?
4.Sejauh mana saya dapat mengendinfikasi kompetensi yang di harapkan  dalam CP ini ?
5. Dukungan apa yang saya butuhkan  agar dapat memahami cp dengan lebih baik ? Mengapa ?.
Sebaiknya dalam menambah Cp cepat di pahami sebaiknya ada ide-ide pengembangan rencana pembelajaran  ada beberapa pertanyaan ?
1.Bagimana capian dalam fase ini akan di capai perserta sidik ?
2.Proses atau kegiatan pembelajaran seperti apa yang akan dibutuhkan  perserta sidik untuk mencapai Cp ?
 Sebagian guru dapat memahami Cp dengan mudah , Namun berdasarkan monitoring dan evaluasi kemendikburistek ,bagi sebagian guru CP sulit dipahami.Oleh karena itu,ada dua hal yang perlu menjadi perhatian :
1.Pelajari Cp bersana pendidik lain alam suatu komunitas belajar.Melalui proses  diskusi,bertukar pikiran,mengecek pemahaman serta berbagi ide,pendidik dapat belajar dan mengembangkan kompetensi lebih efektif,termasuk dalam upaya memahami Cp.
2.Dalam lampiran ketepatan menteri mengenai kurikulum Merdeka di nyatakan bahwa pendidikan Idak wajib we mbuat alur tujuan pembelajaran,salah satunya adalah karena penyusunan  alur tersebut membutuhkan pemahaman yang dalam tentang CP dan perkembangan peserta didik .Oleh karena itu,pendidik dapat berangsur-angsurmeningkatakan kapasitas untuk terus belajar memahami CP hingga kelak dapat merancang alur tujuan pembelajaran mereka sendiri.
Ujung harapan Bekasi,20/11/2022
Rusmana ST MM MSi
BersambungÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H