Pembelajaran inovasi sebagai sesuatu yang baru dalam situasi  sosial tertentu dan di gunakan untuk menjawab atau memecahkan suatu permasalahan secara inovasi dalam kurikulum merdeka belajar dimana mengacu pada pendekatan bakat dan minat.
Contoh di sini pelajar Baik siswa maupun mahasiswa dapat memilih pelajaran apa saja sesuai dengan bakat dan minat apa saja yang ingin oleh pelajar tersebut .
Faktor -faktor yang mesti di perhatikan adalah :
1.GuruÂ
Guru yang sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Dimana guru harus mempunyai tujuan yang ingin di capai.dan harus mampuh untuk mempengaruhi siswa.
2.SiswaÂ
Siswa adalah objek utama dalam proses belajar mengajar.
3.Materi ajar.
Dalam materi sudah berbentuk tertulis maupun tertulis.
4.Lingkungan atau sekolah.
Lingkungan yang bisa di bedakan antara lingkungan belajar yang sesuai dengan fisik yang ada di dalamnya.
Peran guru dalam melaksanakan inovasi pembelajar adalah .
1.Sebagai pengajaranÂ
Dalam menyajikan materi pengetahuan dan praktek.
2.Sebagai pendidik.
Membimbing siswa agar potensi diri siswa agar dapat menguasai dan mengembangkan ilmu dan teknologi.
3.Sebagai pengembang bahan ajar.
Dalam hal ini harus dibiuasai ilmu pengetahuan,ketrampilan dan sikap.
4.Sebagai pengembang metode pembelajaran .
Dalam inovasi diatas harus betul-metul guru dan siswa menguasai kurikulum merdeka belajar.Sehingga sekolah juga di berikan keluasan dalam istilah kurikulum merdeka belajar di sekolah pun harus proses dari ,istilah Mandiri ,berubah dan berbagi di sesuai dengan sekolah-sekolah mempunyai kebijakan dalam proses belajar dan mengajar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H