Merawata  berkala sistem utama Engine
Teori SingkatÂ
Bagaimana  Kendaraan  yang begitu banyak jenisnya khususnya  kendaraan mobil yang paling banyak merek dan modelnya.Sehingga banyak sistimnya dari berbagai bahan saling melengkapi maka dapat dirancang menjadi sebuah kendaraan sangat berguna bagi kita semua,namun bagaimana halnya dengan masyarakat umum yang ingin memperbaiki mesin  dalam bentuk mobil ?  Berikut ini tahapan --tahapannya Merawat dalam bentuk secara nyata.
Tahapan pertama ,Mobil  posisi mesin dimatikan ;  yaitu untuk memastikan bahwa yang sering terlupakan atau lalai adalah memeriksa kekencangan Baut/Mur Pada Manifold Pemasukan Dan Pembuangan di kepala selinder dimana apabila Baut manifold yang kurang kencang akan menyebabkan masuknya udara ke mesin berlebihan akan mengakibatkan kerja mesin kurang sempurna dan/atau terjadinya kebocoran gas buang.
    Tahapan Kedua ;Dengan mesin dipanaskan memeriksa Slang Dan Sambungan-Sambungan alat pendingin apakah terdapat kebocoran pada bagian-bagian ,Radioator dan Slang - Slangnya,Pompa air dan Slang- Slangnya, Heater dan Slang-Slangnya. Sumbat --Sumbat dan Slang-Slangnya pada radiator dan  pada blok silinder.
     Tahapan Ketiga ; Memeriksa Pipa Gas Buang Dan Keduidukannya.
    1.Periksa Pipa Gas buang         2.Periksa Kemungkinan -    3.Kemungkinan
     Kemungkinan terlalu            Gelang Karet O keluar      bocor pada masing-
     Berkarat, rusak atau             atau rusak atau kendor      masing sambungan.
     Rapuh.
Tahapan Ke empat ; Memeriksa Sistem bahan bakar
Memeriksa Tutup Tangki Bahan Bakar, Saluran Bahan Bakar Dan Sambungannya
Periksa kondisi pemasangan, kerusakan atau  mungkin kebocoran yang ada pada komponen -- komponen sistem bahan bakar.Â
 ALAT DAN BAHAN
- Â Unit kendaraan
- Â Unit Kedi
- Dongkrak
- Zack  sten
- Bensin
- Majun atau kain Lap.
- Lakukan Perawat berkala Sistem Utama Engine
1.Periksalah dan Pastikan bahwa kendaraan mobil dilakukan Perawatan sesuai  SOP dan ( baca kembali materi buku Pemeliharan Merawatan berkala sistim utama engine . Dalam merawat ini sangat mudah diikuti oleh siapa saja Dengan mengikuti langkah --langhkah kerja berikut ini :Gunakan kunci momen dengan urutan menyilang,periksa dan kencangkan baut-baut Kepala silinder. dan kencangkan baut - baut / Mur manifold pemasukan dan pembuangan Â
- sesuai dengan momen spesifikasi. Jika sulit sekali  mencapai suatu baut,dikarenakan posisi letaknya .maka tidak Perlu diperiksa asalkan baut-baut yang  lain tidak terlalu.
- 2.Memeriksa Slang Dan Sambungan -- Sambungan Alat Pendingin;  Apakah   terdapat Kebocoran pada bagian-bagian
- Radiator dan Slang-Slangnya.
- Pompa air dan Slang-Slangnya.
- Heater dan Slang-Skangnya.
- Sumbat- Sumbat penguras air
- Pada radiator dan blok mesin.
- 3.Memeriksa Pipa Gas Buang dan ke-dudukannya ;Periksa pipa gas buang kemungkinan  Terlalu berkarat, rusak atau rapuh. Periksa   Kemungkinan gelang-gelang Karat O keluar atau rusak atau kendor Pemasangannya. Hidupkan mesin periksa kemungkinan Bocor pada masing-masing sambunga
- 4.Memeriksa sistem bahan bakar memeriksa tutup tangki bahan  bakar dan  sambungannya.Periksa kondisi pemasangan kerusakan atau mungkin ke  bocoran yang ada pada komponen - komponen sistem bahan bakar.
- MERAWAT SISTEM MEKANISME KATUPÂ
- TEORI SINGKAT.
-     Merawat mekanisme katup adalah bagian dari Komponen utama Enggine ,akan tetapi  dipisah kan ,agar siswa sangat mengetahui sesuai urutan yang sangat penting dalam merawatan sistem utama  Engine dan  mekanisme katup. Â
- Mekanisme katup dalam perawat adalah ;
Mengapa celah katup harus distel ?
Saat mesin hidup komponen mekanisme katup yang jumlahnya banyak bergerak bergesekan dan mendapat gaya ke berbagai arah serta beban panas, maka semakin lama komponen semakin aus pada sistem penekan katup dan pada daun katup dan dudukannya serta pengikat-pengikat menjadi kendor, sehingga celah katup menjadi berubah besar, Karena keausan-keausan tersebut tidak merata, celah katup berubah dan perlu distel, sekitar setiap  20.000 km kendaraan berjalan. Celah katup berpengaruh terhadap unjuk kerja mesin, seperti berikut :
Celah terlalu besar
Penggerak katup berisik (ada suara pukulan-pukulan logam)
Bagian penggerak katup bisa patah (pukulan dan kejutan)
Waktu pembukaan katup lebih sedikit dari waktu semestinya
Tenaga mesin berkurang.
Celah terlalu kecil
Waktu pembukaan katup lebih lama dari waktu semestinya
Gerak gunting juga lebih lama, kerugian gas baru yang keluar bersama gas   buang besar. Akibatnya : putaran Idle kurang stabil (motor bergetar)
Tidak ada celah katup
Katup tidak menutup dengan sempurna
Ada kerugian gas baru yang keluar bersama gas buang, tenaga motor berkurang
Pembakaran dapat merambat ke karburator
Katup-katup dapat terbakar karena pemindahan panas pada daun katup tidak sempurna.
Macam-Macam Konstruksi Penyetel Katup
Konstruksi umum
Penyetelan celah katup dengan mengendorkan  mur pengunci dan memutar skrup penyetel. Untuk penyetelan celah katup, posisi penumbuk pada kam harus pada lingkaran dasar
Melalui Tuas Ayun .
Pengukuran celah harus antara tuas ayun dan kam, bukan antara ujung tuas ayun dan ujung batang katup.
Dengan plat penyetel .
Pada sistem ini, penyetelan dilaksanakan dengan penggantian plat penyetel yang tersedia dalam bermacam macam ketebalan. Untuk menyetel celah katup, diperlukan satu set plat penyetel dan alat khusus untuk menekan mangkok penekan katupÂ
- Membuat resume dan ringkasan terhadap uraian yang tertuangdalam lembaran buku.
- Menyinergikan kerja otak kanan dan kiri.
- Memudahlan siswa menginterprestasikan perancangan stuktur merawat berkala mekanisme katup ,rencana kegiatan perawatan ,atau alur cerita perawatan berkala mekanisme katup..
- Memudahkan untuk mengingat hal-hal penting dalam perencanaan perawatan berkala mekanisme katup..
- Menghemat waktu.
- Memudahkan dalam mengulangi  ringkasan urian yang telah dibuat.
- Lakukan Perawat berkala mekanisme katup.
    Periksalah dan Pastikan bahwa kendaraan mobil dilakukan Perawatan sesuai SOP dan ( baca kembali materi buku Pemeliharan ) Merawatan berkala mekanisme katup . Dalam merawat ini sangat mudah diikuti oleh siapa saja Dengan mengikuti langkah --langhkah kerja berikut in  1.Memeriksa dan menyetel  katup  yang pakai Roker Arm.   Â
-    2.Memeriksa dan Menyetel Katup Yang tanpa Roker Arm                  Â
- Putar poros engkol sampai Top Silinder 1
- Cek celah katup dengan feller gauge silinder 1 katup IN & EX, Silinder 2 katup IN dan silinder 3 katup EX
- Bila tidak sesuai spesifikasi stel celah katup dengan menambah shim/ plat tipis/ Ganti.
- Putar engkol 360o atau top silinder 4, cek katup yang belum diperiksa saat top silinder 1
- Â Â Â Â Â
- Â LAKUKAN PERAKTEK DI BENGKELÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H