Mohon tunggu...
Rusmana
Rusmana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Semua Penting, tapi Sistem Rem Harus Dicek pada Kendaraan Mobil

18 April 2023   16:32 Diperbarui: 18 April 2023   18:56 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kendaraan mobil atau motor yang hendak berangkat di pakai atau juga akan pulang kampung tentu harus di periksa kondisi  mobil tersebut dari semua komponen.

Kendarara mobil Terdiri dari berapa bagian yaitu : 1.Mesin ,2 .Chasis atau rangka mobil 3. Kelistrikan 4.Body mobil.

Khusus untuk 2 yaitu ;chasis atau  Rangka mobil ,yaitu di sistem Rem mobil.


Apa pungsi sistem rem di mobil atau kendaraan ,yang tentu kita harus paham yaitu untuk memberhentikan kendaraan secara berkala,yaitu baik cepat atau lambat.

Syarat sistem di mobil tentu ada beberapa yang harus di ketahui oleh kita ,terutama yaitu ,mobil apabila di rem harus bisa berhenti. Akan tetapi berhenti kendaraan tentu harus paham yaitu mobil berhenti tetapi tidak miring mobil atau lurus bila rem di injak posisi mobil berhent lurus dan posisinya tegak itu satu.

Apabila bisa sistem rem berhenti tapi posisi mobil lari kekanan atau ke kiri berarti mobil belum memenuhi syarat sistem rem.

Terus bagimana kalau kita hendak berangkat akan kerja ,waktu pagi apa yang harus di cek pada sistem rem ,tentu kita lihat langkah-langkah sebagai berikut ;

1. kita lihat minyak rem yang ada di dalam kap mobil ,melihat minyak bagimana di kalau minyak kurang tidak sesuai ukuran yang diinginkan tentu ,kita harus di tambahkan minyak rem ( warna merah )

2. Cek posisi pedal rem ,apabila los terlalu ke bawah ( pedal ) ,seseolah turun seperti biasa yang kita gunakan maka sistem rem di gerakan naik turun pedal nya tersebut.lalui mesin di hidupkan dan coba kita gerakan mobil pelan- pelan dan lakukan pengereman.

3. Apabila sudah tidak ada kendala dengan proses langkah ke 2 maka mungkin mobil bisa digunakan karena sudah di kataka aman untuk di kendarai atau kita pakai.

4. Apabila di rem sesuai tidak memenuhi syarat rem tidak berhenti ,tentu mobil harus di periksa ketebalan kampas rem tersebut ,yah biasa bisa terlihat kartu pemeliharaan berkala mobil tersebut dekat depan atau yang menggantung dekat tuas sistem motor wiper atau lainya .

5. Apabila hal ini ,karena di rem menyelonong atau sudah bisa kita simpulkan bahwa kampas tipis atau harus di ganti ,tinggal tergantung yang punya mobil apakah akan di bawa ke bengkel atau apabila ada yang punya mobilnya bisa untuk melakukan mengganti kampas sendiri ya Monggo.

6. Apabila berhenti mobil tetapi berhenti mobil nya arak menyelonong ke kiri contoh ,tentu ini harus dilakukan penyetelan di dalam sistem tlremnyang letaknya ada di dalam sistem rem yang hanya dengan modal Dongkrak dan obeng.

Dengan cara mobil di Dongkrak dan Jangan terlalu tinggi yah mobil ban bisa diputarkan oleh tangan.cara yang.di dekan plat sistem Rem ada celah bolongan segi empat atau bulat ,maka itu tempat memasukan obeng ke arah tuas penyetel Untu di gerakan ke atas atau ke bawa sampai ban kita putar serat tentu juga kita harus menghitung agar nanti nya kita akan menyamakan ke 4 Roda ban mobil tersebut.

Selanjutnya apabila sudah ban tidak mutar maka maka kita mengurangi tuas penyetel untuk ban mobil tersebut sudah serat dan sekarang kita kendorkan dan jangan lupa di hitung serta ban sedikit untuk di coba diputar agar bisa mutar annkalau bisa di putar ban tersebut mutanya seat.dan di hitungan berapa seandai 5. Berart setiap ban harus sesuai dengan hitunga ke 5 tersebut.

7. Apabila sudah di lakukan tahapan ke 6 apabila masih di rem kurang paham maka sistem rem harus di beleding atau mengeluarkan minyak palsu atau di minyak rem ada kotoran atau ada kebocoran di seal -seal sistem rem tersebut.

8. Proses beding harus di lakukan oleh dua orang yang mengocok atau menginjak pedal rem dan yang satu untuk memutarkan atau mengendorkan aut bepel untuk sesekali di lepas baut dan d ok Kendorkan dan kencangkan kembali sambil melihat bahwa minyak masih ada cairan yang menggelembung atau tidak ,itu untuk mengecek angin palsu .ciri-ciri tidak ada angin palsu atau sudah normal maka di minyak rem terlihat Han yg a air minyak rem dan tidak berbusah.

Apabila sudah dilakukan dan sudah mencoba di lakukan oleh yang punya mobil harus betul panduanya dan teori dan praktek harus menguasai .maka dalam mobil " semua penting ,sistem harus di cek pada kendaraan mobil.

##

Ujung harapan Bekasi 18/4/2023.

Pemula ( Penulis mulai usia Lanjut).

Rusmana ST MM MSi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun