[caption caption="sumber : Rushan Novaly"][/caption]
Sebagai seorang blogger yang lebih banyak bekerja diluar ruangan dan kadang harus berada jauh di pelosok untuk tugas meliput perjalanan wisata (Travel Blogger). Maklum selain blogger kadang saya menjadi backpaker agar dapat meliput destinasi wisata yang belum terkenal. Sementara yang namanya kewajiban keuangan harus dilakukan tepat waktu. Kalau tidak, tahu sendiri akan kena denda yang jumlahnya lumayan.
Awalnya sih saya kesulitan juga. Di tengah pulau yang jauh dari fasilitas keuangan ( Bank, ATM ) sementara tagihan listrik, internet, TV Satelit berlangganan, cicilan kendaraan, premi asuransi, hingga transfer uang untuk istri tersayang harus saya tunaikan. Untung ada fasilitas e-Banking BRI . Sebagai nasabah setia bank BRI ternyata fasilitas eBanking menawarkan kemudahan, kecepatan dan keamanan . Lagipula fasilitas eBanking BRI ternyata mudah untuk digunakan (user friendly)
Secara definisi eBanking BRI adalah layanan perbankan yang memungkinkan nasabah dapat melakukan transaksi keuangan secara langsung melalui media elektronik (electronic channel) seperti ATM, CDM, EDC, Handphone, Komputer, Telepon berakses internet.
Fasilitas mobile banking, Internet Banking, e-Pay dan T-Bank sekarang dapat diunduh dari Apps-Store, Google play, Blackberry world atau Windows Phone .
Setelah berhasil diunduh, saya merasa memiliki ATM dan EDC yang ada ditangan . Semua transaksi dapat saya lakukan didalam gadget. Bisa melalui handphone, tablet atau laptop. Segalanya jadi mudah dalam genggaman.
Bila melalui BRI Mobile pilih menu Internet Banking BRI masukan User ID dan Password, pilih transaksi , Permintaan mToken, sekarang masukan mToken dan Password Internet Banking. Namun bila menggunakan Browser caranya seperti ini : masuk ke website www.ib.bri.co.id ingat ya alamatnya jangan pernah bertransaksi ke alamat web lainnya. Perhatikan baik baik alamatnya , lalu masukkan User ID dan Password pilih transaksi, permintaan mToken, masukan mToken dan Password internet banking.
Ya, fasilitas keamanan bertransaksi syarat wajib dalam menjaga transaksi dari orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi transaksi e-Banking rentan dari para hacker, penipuan hingga malware. Cuma dengan kehandalan aplikasi e-Banking BRI keamanan transaksi nasabah menjadi prioritas nomor satu.
Saya jadi tidak ragu lagi bila melakukan pembelian, transfer, pembayaran atau transaksi harian lainnya. Dengan fasilitas e-Banking saya bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja selama 24 jam. Bahkan ketika saya sedang berada jauh dari pusat niaga atau pusat kota.
Apalagi semua hasil reward pekerjaan blogger saya melalui fasilitas transfer bank. Setiap ada uang masuk selalu ada notifikasi . Termasuk uang yang keluar. Jadi saya bisa memantau pergerakan uang yang ada di rekening BRI.
Selalu bertransaksi Untung
Ternyata selain memberikan kemudahan, keamanan dan kecepatan fasilitas e-Banking BRI juga memberikan kejutan Untung. Setiap transaksi yang menggunakan fasilitas e-Banking mendapatkan sejumlah poin. Nilai poin tersebut lalu diakumulasi hingga berjumlah minimal 100 poin.
Jadi bila melakukan transfer, pembelian, pembayaran atau transaksi harian lainnya dengan e-Banking BRI nasabah mendapatkan poin yang akan dikumpulkan untuk diundi pada program “Untung Ber e-Banking BRI “ . Program ini dilakukan dalam dua periode dalam rentang waktu enam bulan.
Pada tanggal 28 Januari 2016 dilakukanlah pengundian tahap kedua. Sebelumnya periode pertama sudah dilakukan pengundian pada tanggal 10 November 2015. Pada pengundian periode kedua dilakukan di Hard Rock Cafe, Pacific Place, Jakarta.
Walaupun pengundian tahap ini adalah tahap terakhir tapi bukan program terakhir untuk program e-Banking. Menurut Senior Executive Vice President, Catur Budiarto akan ada tahap tahap berikut yang lebih menarik.
Program periode kedua ini berlangsung dari tanggal 1 Oktober 2015 hingga 31 Desember 2015. Dalam periode kedua terkumpul 395 juta poin dengan total mencapai 1,5 juta nasabah yang diikut sertakan dari seluruh cabang BRI.
Menurut Catur Budiarto, saat ini e-Banking BRI tumbuh hingga 32 persen dari total transaksi nasional.Artinya ada pergeseran yang signifikan dari transaksi konvensional menjadi transaksi e-Banking. Tercatat ada empat puluh juta user (nasabah BRI yang menggunakan fasilitas e-Banking). Jumlah ini akan terus meningkat pada tahun 2016.
Pada tahun 2015 pertumbuhan user naik hingga 79 persen dengan transaksi yang melambung hingga 30 persen. Perubahan pola transaksi nasabah yang dulunya datang ke Bank lalu pindah ke ATM lalu saat ini lebih banyak menggunakan fasilitas e-Banking.
Pola digital ini memang menjadi hal yang wajar karena penggunaan jaringan intenet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 80 juta orang. Dan paling banyak menggunakan smartphone berbasis internet. Dengan tingkat mobilitas yang sangat tinggi maka pilihan menggunakan e-Banking menjadi kebutuhan yang tak bisa lagi ditawar tawar.
BRI dalam melihat perubahan pola transaski digital sudah melakukan tiga langkah penting dalam menfasilitasi kebutuhan nasabah,
• BRI melakukan inovasi dalam meng-update fasiltas e-Banking yang akan diklasifikan dalam dua layanan individu dan Bisnis. Hal ini perlu karena pola belanja yang telah bergeser menggunakan pembelian dan penjualan online. Begitu menjamurnya toko online, asuransi online, tiket online membuat perlunya ada dua layanan tersebut.
• Dalam melayani e-Banking ,BRI perlu melakukan pembaruan dan modernisasi perangkat agar kebutuhan nasabah dapat dipenuhi dengan baik. BRI meminta dukungan V-Sat agar fasilitas e-Banking dapat optimal dan sesuai harapan.
• BRI konsen untuk menaikan penggunaan uang elektronik , Saat ini BRI memiliki dua uang electronik BRIZZI dan eMoney. Untuk melayani dan memudahkan nasabah dalam penggunaan uang elektronik maka BRI terus menambah tempat tempat untuk melakukan TOP-UP.
Banjir Hadiah
Dalam pengundian tahap kedua ini , BRI memberikan hadiah yang fantastis kepada nasabahnya diantaranya 20 unit Samsung Galaxy A3, 10 unit iPad Mini 3, 3 unit sepeda motor Vespa Primavera 150, 2 unit sepeda motor Yamaha R25, 1 unit mobil Honda HR-V , 1 unit mobil Mazda CX-5 dan sebagai grand prize 1 unit mobil mewah Mercedex Benz.
Pengundian sendiri disaksikan langsung oleh para undangan yang terdiri dari nasabah, media, blogger dan tentunya para pimpinan teras BRI. Sebagai saksi pengundian dihadirkan pula dari Notaris, Pejabat kementrian sosial RI dan pihak kepolisian RI. Selain itu BRI menanggung seluruh pajak hadiah.
Program “Untung ber-Transaksi dengan eBanking BRI” mengundi para nasabah yang beruntung. Untuk grand prize 3 berupa Mobil Honda HRV jatuh ke pemilik nomor undian : 3867200123516711 atas nama Waryono yang menjadi nasabah BRI di unit Panimbang Labuhan Pandeglang .
Untuk Grand prize 2 berupa Mobil Mazda CX-5 menjadi milik nasabah dari BRI cabang Kauman Ponorogo dengan nama Octarina Papilaya dengan nomor undian 3214200088054094.
[caption caption="sumber : Rushan Novaly"]
Hadiah utama berupa mobil mewah Mercedez Benz S 300 L Solitaire jatuh kepada Arifin nasabah BRI asal KCP Harco Mangga Dua dengan nomor undian 1196200015261712.
Acara pengundian “Untung ber Transaksi eBanking BRI “ periode dua juga dimeriahkan dengan penampilan stand up comedy yang dibawakan Babe Cabita dan penampilan grup musik RAN yang menyanyikan lagu lagu hits nan ciamik.
Transaksi di Era Digital.
Dunia bisnis dan dunia keuangan saat ini telah bergerak menuju era digital berbasis jaringan internet. Hampir semua transaksi didominasi dengan sistem pembayaran menggunakan non tunai alias transfer.
BRI salah satu bank papan atas yang memiliki jaringan terluas di Indonesia . BRI tentu berkembang terus mengikuti perubahan gaya dan pola transaksi nasabah . Baik nasabah individu dan bisnis. Untuk mengikuti perkembangan tersebut BRI terus melakukan inovasi dalam fitur layanan keuangan.
Sebagai informasi total pengguna ATM BRI sejumlah 38,7 juta nasabah, pengguna mobile banking ternyata sudah mencapai angka 10,7 juta pengguna . Artinya pengguna eBanking BRI mencapai sepertiga pengguna ATM BRI. Jumlah itu akan terus bergerak naik. Lima tahun mendatang orang tak harus pergi mencari ATM untuk sekedar bertransaksi keuangan. Tinggal masuk kedalam aplikasi BRI Mobile segala macam transaksi bisa dipilih.
Mulai dari bayar tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan, listrik, air , TV langganan atau tranfer ke BRI hingga antar bank. Rasanya tak ada lagi alasan tak menggunakan eBanking BRI.
Lalu apa saja sih layanan eBanking BRI. Secara umum produk eBanking BRI terbagi tiga berdasarkan media, jenis uang dan layanan khusus lainnya:
- Berdasarkan media elektronik yang digunakan, bisa menggunakan ATM BRI, CDM , menggunakan Mobile Banking , Internet Banking, miniATM (EDC)
- Berdasarkan jenis uang elektronik : BRIZZI menggunakan chip komputer untuk menyimpan data saldo (chip base) sedang TBank menggunakan komputer dalam menyimpan saldo (server base)
- Layanan jenis lainnya seperti fitur Autopayment , sebuah fitur layanan pembayaran otomatis lalu ada fitur SMS Notifikasi yang berguna untuk mengetahui uang masuk dan uang keluar.
[caption caption="Sumber : BRI"]
Penggunaan eBanking memungkinkan nasabah memperoleh kemudahan dan manfaat. Berikut ini manfaat yang didapat nasabah ketika menggunakan fasilitas eBanking.
- Bisa ngirit biaya alias efisien. Coba bayangkan bila setiap transaksi keuangan harus datang ke kantor bank. Nasabah harus merogoh kocek transportasi, menyediakan waktu khusus yang pasti bisa menyita waktu yang tidak sedikit ,
- Nyaman dan mudah . Dengan fasilitas mobile banking dan internet banking, nasabah cukup membuka smartphone atau komputer untuk melakukan transaksi keuangan. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama 24 jam selagi tersedia jaringan internet.
- Mudah mengontrol keuangan. Dengan SMS Notifikasi, mutasi rekening, rekening koran, transfer pembayaran dan layanan B-Banking. Nasabah bisa dengan mudah mengontrol keuangannya. Hanya dengan membuka didalam smartphone seluruh pergerakan transaksi dapat dilihat.
- Gaya dan Modern. Nasabah yang menggunakan eBanking memiliki citra diri modern karena menunjukan pribadi yang mengikuti perkembangan teknologi.
- Bisa melakukan hal lain yang lebih berguna. Ketimbang ngantri di kantor bank yang bikin kaki pegel lebih baik nasabah melakukan pekerjaan lain. Karena transaksi keuangan bisa dilakukan lewat eBanking yang tak menyita banyak waktu.
Nah, karena begitu bermanfaatnya transaksi menggunakan eBanking BRI . Apalagi ada undian berhadiah fantastis yang luar biasa. Mobil mewah dan puluhan hadiah menarik lainnya. Jangan tunda lagi melakukan transaksi eBanking BRI. Kumpulkan poin sebanyak banyaknya. Siapa tahu periode depan ada hadiah yang bisa diraih. Siapa tahu ?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H