Mohon tunggu...
rus bandiyah
rus bandiyah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

16 Februari 2024   07:34 Diperbarui: 16 Februari 2024   07:43 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lokasi

Purin Jalan Sukarno Hatta Kendal

Lingkup Pendidikan

SMK N 2 Kendal kelas X  DPIB Tahun Pelajaran 2023-2024

Tujuan yang ingin dicapai

Aksi 1

Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan motivasi dan Keaktifan peserta didik dalam Pembejaran Dasar Dasar  Desain dan Informasi Bangunan  pada Materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup ( K3LH ) Pada Kelas X

Aksi 2

Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan motivasi dan Keaktifan peserta didik dalam Pembejaran Dasar Dasar  Desain dan Informasi Bangunan  pada Materidan Budaya Kerja Pada Kelas X

Penulis

Rusbandiyah,S.T

Tanggal

Aksi 1 : 12  Desember 2023

Aksi 2 : 18 Januari 2024

Judul

Aksi 1 :

Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap elemen Proses bisnis menyeluruh pada bidang desain pemodelan dan informasi bangunan,Tujuan Pembelajarannya Memahami K3LH

Aksi 2 :

Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap elemen Proses bisnis menyeluruh pada bidang desain pemodelan dan informasi bangunan,Tujuan Pembelajarannya Memahami Budaya Kerja

Situasi

Mendeskripsikan: (1) hal hal yang benar benar terjadi selama proses pembelajaran( misalnya tentang keaktifan siswa dalam belajar, capaian kompetensi oleh siswa, kegiatan yang dilakukan guru, kendala, penghambat dan pendukung),(2) membandingkan dengan apa yang direncanakan dalam RPP, (3) menyimpulkan apa yang telah berhasil dan dengan yang belum berhasil.

Aksi 1:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

Keaktifan peserta didik masih kurang

Guru belum maksimal dalam mengekplor pembelajan yang bervariatif

Guru belum memanfaatkan media dan model pembelajaran yang sesui dengan materi yang dijarakan

Pembelajaran masih berpusat pada guru

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan : 

Permasalahan yang terjadi yang saya alami di sekolah Khusus di kelas saya selama saya melakukan proses pembelajaran

Menjadi motivasi dan solusi untuk saya pribadi, juga ingin membagikan praktik baik ini agar bisa dijadikan motivasi juga referensi

Memberikan dampak positif atau perubahan-perubahan /inovasi pada kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan ke depannya khususnya untuk ssaya sendiri dan teman sejawat

Mengetahui Kesulitan belajar Paserta didik dan dapat mencari solusi yang tepat

Pembelajaran yang lebih menarik sehingga siswa lebih fokus dan tercapainya tujuan pembelajaran sesuai apa yang direncanakan

Apa yang menjadi Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini 

yaitu sebagai seorang guru pastilah bertanggung jawab untuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri juga hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun cara agar tujuan tersebut tercapai yakni dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran, juga menggunakan metode pembelajaran yang variatif (tidak hanya metode ceramah).

Aksi 2

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

Keaktifan peserta didik masih lebih meningkat  dapat dilihat dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran dan penilaian yang lebih baik lagi

Guru sudah  maksimal dalam mengekplor pembelajan yang bervariatif dengan membuat materi-materi yang dibuat dengan sendiri

Tantangan

Apa saja yang menjadi tantangan yang dihadapi guru dalam situasi yang telah dianalisis.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut ? 

Pengunaan Media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik

Penggunaan Model dan metode yang tepat sesuai dengan materi yang akan dipelajari

Keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran yang inovatif dan juga kreatif

Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam dikusi dan masih ada peserta didik yang kurang percaya diri dalam malakukan persentasi

Adapun yang terlibat dalam mencapi tujuan tersebut adalah

Guru

Peserta didik

rekan Sejawa

Aksi

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

Langkah -- Langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut

Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi perseta didik

Pengunaan metode dan model pembelajaran yang tepat yang sesuai denagan materi

Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik

Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang disesuikan dengan sintak model pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam Modul Ajar

Menumbuhkan motivasi peserta didik Best Practices PPG Daljab 2023 Rusbandiyah,S.T.

Menyajikan materi melalui video dan PPT yang menyenangkan dan menarik bagi paserta didik

 

Strategi apa yang digunakan untuk menghadapi tantangan 

Memilih untuk menggunakan model pembelajaran PBL sedangkan untuk metodenya berupa ceramah variasi, diskusi kelompok dan tanya jawab.

Strategi yang digunakan oleh guru yaitu dengan memilih pembelajan yang mudah dipahami oleh peserta didik dengan memanfaatkan gambar-gambar, video youtube yang sesuai dengan materi yang ditayangkan dalam bentuk Powerpoint

Melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Dimana tahapan-tahapan kegiatan tersebut telah disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran yang dipilih dan dirancang oleh guru dalam Modul ajar .

LKPD, instrument penilaian ,media pembelajaran sabagai alat yang dapat membantu siswa dalam memahami materi

Bagaiman Prosesenya untuk menghadapi tantangan 

Proses yang dilakukan yaitu dengan memahami sintaks model apakah sesuai dengan indikator, tujuan pembelajaran, juga materi yang akan dipelajari oleh peserta didik.

Mencari gambar atau video yang relevan dengan materi yang dipelajarai oleh peserta didik

Merencang kegiatan pembelajaran dalam Modul Ajar  sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih

Membimbing siswa selama proses pembelajaran dan dalam menyelesikan LKPD baik secara individu maupun kelompok

Melakukan evaluasi dan repleksi dalam kegiatan pembelajaran

 Siapa saja yang terlibat

Guru yang menjadi fasilitator.

Peserta didik sebagai subjek proses pembelajaran.

Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing Pelaksanna pembelajaran

Rekan sejawat yang telah membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan stategi

Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, guru , Wakakurikulum dan rekan sejawat

Media dan sumber yang dibutuhkan literasi dan Numerasi Arum Fajar Vebrianingtyas.2021.Dasar- dasar Teknik Perawatan Gedung. Direktorat Sekolah Menengah kejuruan

Refleksi

Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan.

Berdasarkan hasil pembelajaran yang saya lakukan dikelas dengan mengunakan model pembelajaran PBL dengan meteode yang bervariasi ( Ceramah , diskusi , tanyan jawab dan penugasan dan menggunakan madia PPT dan Video

Mempunyai dampak bagi peserta didik : Penggunaan media pembelajaran yang berbasis TPACK dalam bentuk video yang ditampilkan dalam slide powerpoint memudahkan peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi, lebih bersemangat dan tidak cepat bosan. Sehingga keaktifan dan kemampuan berpikir analisis peserta didik dapat ditingkatkan.

Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif mengapa ! 

     Hasilnya efektif peserta didik lebih bersemangat lebih berani dalam menyampaikan pendapat selama kegiatan dikusi dalam pembelajaran, terlihat dari hasil dari pembelajaran peserta didik sesudah melakukan kegiatan pembelajaran

Bagimana Respon orang lain yang terkait dengan strategi yang dilakukan !

Dari teman sejawat, secara keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan menjadikan peserta didik dapat terlibat secara aktif

Peserta didik merasa senang dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena mereka dapat terlibat secara aktif dan kegiatannya menarik, menyenangkan, serta mudah dipahami. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kegiatan refleksi saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Faktor keberhasilan

         Pembelajaran ini ditentukan dari penguasaan guru terhadap model dan metode pembelajaran, media pembelajaran dan langkah langkah pelaksanaan dalam rancangan Modul Ajar  yang telah dibuat. Best Practices PPG Daljab 2023 Rusbandiyah,S.T.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh guru yakni dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan indikator materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik

Harapan dari kegiatan tersebut :

Sebagai guru saya secara pribadi sangat berharap dengan adanya refleksi ini proses pembelajaran berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan selama ini ,semangat peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun