Mohon tunggu...
Khuriyatul Ainiyah (Bude Ruri)
Khuriyatul Ainiyah (Bude Ruri) Mohon Tunggu... Guru - Guru SD, Penulis buku

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mungkinkah Pembelajaran P5 dapat Meningkatkan Pendidikan Karakter?

20 September 2024   21:02 Diperbarui: 21 September 2024   19:51 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tk Al-iman sedang membuat tempe pada pembelajaran P5. Gambar dari: majalah suara pendidikan

"Bu, bagaimana mungkin pembelajaran P5 dapat meningkatkan pendidikan karakter"?

"Kita kan mau buat olahan kedelai menjadi tempe, kenapa juga hars ada karakternya"?

Adalah pertanyaan yang muncul saat kami dewan guru menyepakati untuk mengambil tema kewira usahaan pada kegiatan P5 semester ini.

Pada semester 1 tahun pelajaran 2024/ 2025 ini saya dan Tim pengembang Kurikulum menyepakati tema kewirausahaan dengan  proyek membuat tempe dan susu kedelai.

Terlebih dulu saya menyampaikan latar belakang mengapa memilih olahan kedelai? Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan antara lain,

  • sebagian besar penduduk di lingkungan sekolah adalah petani.
  • musim panen tahun ini adalah kedelai
  • kedelai menjadi olahan makanan yang lebih sering dijumpai di warung atau di pasar
  • tempe dan susu kedelai bisa diolah secara konvensional tanpa harus menggunakan mesin modern.

Dari alasan dan pertimbangan di atas kami menyepakati untuk membuat produk dari bahan olahan kedelai, yang mudah di dapat dan mudah pula mengolahnya.  

Menjawab pertanyaan di atas maka bisa dipahami bahwa tujuan dari kegiatan P5 atau penguatan program profil pelajar Pancasila adalah mengimplemntasikan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenalkan kepada anak secara langsung tanaman kedelai yang menjadi bahan dasar tempe. Dokpri
Mengenalkan kepada anak secara langsung tanaman kedelai yang menjadi bahan dasar tempe. Dokpri

Lalu seperti apa korelasinya antara p 5 dengan Pancasila. Dalam P5 ada enam dimensi yang bisa di terapkan dalam pembelajaran. Enam dimensi itu adalah beriman, dan bertakwa pada Tuhan yang Esa dan berahlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.

Diri keenam dimensi tersebut kita harus menentukan dalam sebuah proyek yang akan kita lakukan apa saja yang bisa ditanamkan pada anak. Nah dalam satu proyek pembelajaran tentu akan ada beberapa dimensi yang saling terkait.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun