Karakter peserta didik adalah unik dan menjadi tantangan bagi guru dalam mengidentifikasi mereka.Â
Dengan latar belakang yang berbeda, kemampuan ekonomi yang beragam, akan kita temukan bagaimana menyusun strategi pembelajaran yang tepat untuk mereka.
Sebagai guru kita harus menerima dan mewadahi semua role tentang kehidupan siswanya. Bahkan tidak jarang kita masuk dalam kehidupan mereka dalam rangka membentuk karakter dan kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan.
Bukan berarti kita campur tangan, tetapi, karena besarnya rasa tanggung jawab memaksa kita untuk menyadari bahwa mereka adalah bagian dari masa depan bangsa. Di pundak mereka, kejayaan negeri bisa tercapai.
Langkah awal yang saya lakukan terhadap siswa
Awal tahun pelajaran baru, sengaja saya mengidentifikasi peserta didik, tujuannya untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang mereka. Baik dari rekan guru maupun dari siswa sendiri.Â
Setelah mendapatkan informasi, selanjutnya saya menyusun strategi pembelajaran. Salah satu tujuannya adalah agar kompetensi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik.
Setelah beberapa siswa yang pernah saya ceritakan pada artikel sebelumnya kini ada siswa yang juga menjadi perhatihan serius.Â
Sebut saja namanya Jaja, beberapa kali dia terlambat sekolah, padahal rumahnya dekat dengan sekolah. Tepatnya di belakang sekolah, paling dekat di antara teman-teman yang lain.
Dia beberapa kali terlambat, akhirnya saya mencoba mencari tahu dengan menanyakan penyebab keterlambatannya.