Mohon tunggu...
Rumah Belajar BEM UI
Rumah Belajar BEM UI Mohon Tunggu... Lainnya - -

Rumah Belajar (Rumbel) BEM UI merupakan salah satu program kerja Departemen Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa UI (BEM UI) yang bergerak di bidang pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Rumah Belajar BEM UI 16 dan Pentingnya Pendidikan untuk Indonesia

24 Mei 2022   11:13 Diperbarui: 24 Mei 2022   11:20 731
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Secara keseluruhan, aku merasa program kerja Rumah Belajar BEM UI 16 penting dan bermanfaat dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Depok dan sekitarnya melalui kegiatan belajar mengajar.. Jumlah jawaban: 62 jawaban.

Pentingnya pendidikan untuk Indonesia

Pendidikan merupakan bekal bagi kemajuan suatu bangsa. Walaupun suatu negara memiliki sumber daya alam (SDA) dan manusia (SDM) yang terbatas, tetapi dengan hadirnya pendidikan, kualitas sumber daya manusia dalam suatu negara juga akan meningkat sehingga berpengaruh pada kemajuan negara tersebut. 

Contohnya adalah Jepang, Korea Selatan, dan Singapura yang memiliki SDA terbatas, tetapi karena memiliki perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, mereka berhasil menjadi negara maju.
Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki pembangunan manusia yang lambat. 

Hal ini menunjukkan kualitas SDM Indonesia yang belum mumpuni. Ini disebabkan oleh lemahnya sistem pendidikan di Tanah Air dan rendahnya kualitas pendidikan dibandingkan negara lain. 

Pendidikan seharusnya dianggap sebagai bidang yang mulia dan menjadi prioritas agar SDM Indonesia bisa lebih berilmu, berakhlak, dan tidak tertinggal dengan negara lain. Selain itu, hasil lain yang diharapkan dari pendidikan adalah agar manusia dapat memanfaatkan SDA dengan lebih baik sehingga kualitas bangsa dan reputasi Indonesia juga dapat meningkat.

Hadirnya Rumah Belajar BEM UI sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di Depok dan sekitarnya melalui kegiatan belajar mengajar

Rumah Belajar BEM UI merupakan kegiatan sosial yang memberikan pendidikan non-formal untuk warga di sekitar Universitas Indonesia yang kurang mampu secara finansial untuk melanjutkan pendidikan wajib. Pada masa kepengurusan tahun 2021/2022 ini sudah sampai di RUMBEL BEM UI angkatan ke 16.

Teknis kegiatannya adalah menyediakan kelas untuk peserta didik dari kelas 1-6 SD yang dilakukan setiap hari sabtu melalui platform zoom ataupun platform online lainnya. 

Rumbel membuka recruitment pendidik pun setiap awal semester secara sukarelawan. Selain itu, RUMBEL BEM UI juga menyediakan kelas belajar untuk paket B dan C agar masyarakat Depok dapat mendapatkan ijazah SMP dan SMA.

Selayaknya sekolah pada umumnya, Rumah Belajar BEM UI juga terdapat wali kelas, UTS, UAS, dan pembagian rapot untuk para peserta didik. Tak hanya itu, terdapat juga kegiatan sabtu ceria dan Sharing is Caring sebagai pengganti kegiatan ekstrakulikuler yang ada pada sekolah.

Rumah Belajar BEM UI tetap berjalan di masa pandemi

Sesuai dengan tagline yang dibawa, Bestari Menggapai Asa, Rumah Belajar BEM UI 16 tetap memberikan pendidikan non-formal kepada masyarakat di tengah-tengah Pandemi COVID-19. Rumah Belajar BEM UI masih sangat dibutuhkan oleh para peserta didik. Namun, Peserta didik berharap agar Rumah Belajar BEM UI dapat segera diadakan secara luring.

Ingin belajar Rumbel di Pusgiwa UI - N (10)
Semoga kita semua bisa belajar offline - R (13)
KBM terganggu karena jaringan internet yang tersendat, jadi suara putus-putus. - F(10)

Banyaknya kendala yang peserta didik alami saat mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar di Rumbel secara online, seperti adanya gangguan sinyal, video dan audio rekaman yang terkadang dirasa kurang jelas. 

Selain itu, peserta didik juga memberikan saran agar durasi waktu untuk kegiatan belajar mengajar dapat ditambah atau diperpanjang, terutama pada bagian sesi diskusi. 

Pengajar juga diharapkan agar semakin semangat dan kreatif dalam menyampaikan modul kepada peserta didik. Penyebarluasan informasi mengenai Rumbel seharusnya bisa lebih masif agar banyak orang yang mengenal dan semakin banyak lagi peserta didik yang bisa mendapatkan kebermanfaatan dari Rumbel.

Seberapa besar manfaat Rumah Belajar BEM UI untuk pendidikan Indonesia bagi mereka?

Hadirnya Rumah Belajar BEM UI tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar yang turut meningkatkan perkembangan pendidikan di Indonesia. 

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim Litbang Rumbel BEM UI 16, dari total 62 peserta didik yang mengisi survei, sebesar 100% peserta didik menyatakan setuju atau sangat setuju bahwa Rumbel BEM UI telah memberikan manfaat yang besar dalam pembangunan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Dalam data survei pun ditunjukkan bahwa 100% murid merasakan pemahaman yang lebih baik dalam memahami mata pelajaran seperti IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia di sekolahnya.

Ini menunjukkan keseriusan Rumah Belajar BEM UI dalam memajukan kualitas pemerataan pendidikan di Indonesia. Meskipun Rumah Belajar BEM UI telah memberikan pendidikan yang berkualitas dan bermanfaat secara gratis, Rumah Belajar BEM UI tetap berkomitmen untuk mengembangkan kualitas modul dan tentunya memberikan materi yang mudah dipahami untuk peserta didik.

Seberapa mudah materi Rumah Belajar BEM UI untuk dipahami pengajar dan peserta didik?

Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16
Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16
                                                                                     

Modul dari pihak akademik merupakan salah satu sumber materi belajar Rumbel. Melihat dari hasil survei evaluasi Rumah Belajar BEM UI yang diperuntukkan kepada tenaga pendidik, menunjukkan bahwa sebagian besar responden yaitu 37 orang (84,1%) dari 44 responden menyatakan bahwa mereka sangat setuju memahami dengan baik isi modul yang diberikan oleh pihak Akademik. Ini menunjukkan bahwa materi Rumbel mudah dipahami oleh pengajar.

Selain mudahnya pemahaman materi yang diberikan Rumah Belajar kepada tim pengajar, survei pun menunjukkan hasil yang cukup serupa pada responden peserta didik.

Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16
Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16

Dari hasil survei evaluasi Rumah Belajar BEM UI yang diperuntukkan kepada peserta didik SD menunjukkan bahwa sebagian besar responden, yaitu 26 orang (53,1%) memilih sangat setuju merasa telah memahami materi dalam modul yang diberikan. Meskipun begitu, terdapat 1 (2%) orang memilih sangat tidak setuju, 1 orang (2%) memilih tidak setuju, dan 21 orang (42,9%) memilih setuju.

Seberapa menarik pengajaran Rumah Belajar menurut mereka?

Selain dengan manfaat dan kemudahan yang diberikan, Rumah Belajar BEM UI juga menyediakan pembelajaran yang menarik. Menurut 67,7% dari 62 responden peserta didik, Rumah Belajar BEM UI memberikan pembelajaran yang menarik melalui cara pendidik dan materi pembelajaran yang diberikan. 77.4% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran yang dibawakan oleh peserta didik Rumah Belajar BEM UI menarik mereka untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Sedangkan dari perspektif tenaga pendidik, 86,4% dari 44 responden tenaga pendidik menilai Rumah Belajar BEM UI dapat membawakan acara yang menarik untuk diselenggarakan

Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16
Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16

Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16
Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16

Seluruh pengajar dan peserta didik merekomendasikan Rumah Belajar BEM UI!

Berkat mudahnya materi yang disajikan Rumah Belajar BEM UI untuk dipahami dan menariknya metode pengajaran yang dilakukan Rumah Belajar menurut tim pengajar dan peserta didik, hasilnya 100% pengajar dan peserta didik akan merekomendasikan Rumah Belajar kepada masyarakat yang membutuhkan. 

100% responden dalam survei yang diadakan tim Litbang Rumah Belajar BEM UI memberikan nilai diatas 3 dari 4 dengan rincian 82% pengajar dan pendidik memberikan nilai 4 (sangat setuju) untuk merekomendasikan Rumah Belajar kepada orang-orang sekitar yang membutuhkan serta 18% pengajar dan peserta didik memberikan nilai 3 (setuju) untuk merekomendasikan Rumah Belajar kepada orang-orang sekitar yang membutuhkan.

Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16
Sumber: Data olahan survei Litbang Rumbel BEM UI 16

Meski demikian, Rumah Belajar BEM UI tidak boleh berpuas diri dan masih harus melakukan beberapa perbaikan. Masih terdapat beberapa celah-celah perbaikan yang dapat dilakukan oleh Rumah Belajar BEM UI, seperti peningkatan kualitas media pembelajaran dan modul, penyusunan metode belajar dengan lebih kreatif, dan meningkatkan ketepatan waktu mengajar. 

Selain perbaikan, Rumah Belajar BEM UI juga perlu mengembangkan inovasi dalam sistem pengajaran yang lebih efisien dalam penggunaan sumber daya dan efektif kepada semua murid di segala usia.

Penulis

Furaihan Kamyl A, Arya Kusnanta, Gheina Gemalia T, Nashifa Nastiti A, Nisya Amalia, Renatta Adya A.T, Rizka Nisrina, Shevalda Laylahanjani H.


Daftar Pustaka

Line Today. (2022, April 26). #BaikIsGood Rumah Belajar BEM UI Bantu Penuhi Hak Anak untuk Belajar . Retrieved from Line Today: https://today.line.me/id/v2/article/l20Rnoe?utm_source=lineshare

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, 478-492.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun