Mohon tunggu...
Rully Novrianto
Rully Novrianto Mohon Tunggu... Lainnya - A Man (XY) and A Mind Besides Itself

Kunjungi juga blog pribadi saya di www.rullyn.net

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Refleksi Satu Tahun Bergabung di Kompasiana

30 Mei 2024   11:07 Diperbarui: 30 Mei 2024   11:16 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image generated by ideogram

Hari ini menandai satu tahun perjalanan saya di Kompasiana. Walaupun Kompasiana bukan platform atau media pertama untuk tulisan-tulisan saya, tetap muncul keraguan dan pertanyaan, "Akankah tulisan saya akan dibaca? Apakah orang lain akan tertarik dengan apa yang saya bagikan?"

Kini, setahun telah berlalu. Saya sudah menulis 120 artikel, jumlah yang tidak sebanding dengan Kompasianer lainnya yang jauh lebih produktif. Bagi saya, jumlah artikel bukanlah tolak ukur utama. Yang terpenting adalah proses belajar, berbagi, dan bertumbuh bersama komunitas yang luar biasa ini.

Menulis itu seperti kentut

Itulah yang saya rasakan saat menulis. Menulis itu seperti kentut, tidak mesti setiap saat, tapi jika sudah pengen harus segera dikeluarkan dan biarkan orang lain yang menikmatinya.

Ide datang tiba-tiba, seperti gas yang terbentuk di perut. Kadang di saat yang tidak terduga, seperti saat sedang mandi atau sebelum tidur. Saat itulah saya harus segera mencari tempat untuk mengeluarkannya.

Kadang tulisan saya mengalir lancar, seperti kentut yang panjang dan lega. Tapi ada kalanya tulisan saya tersendat-sendat, seperti kentut yang tertahan dan bikin perut begah.

Proses menulis bagi saya penuh dengan kejutan. Saya tidak pernah tahu apa yang akan keluar. Kadang tulisan saya lucu dan menghibur, seperti suara kentut yang membuat orang tertawa. Tapi ada kalanya tulisan saya tidak menarik, seperti bau kentut yang bikin orang menjauh.

Sama seperti kentut yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, menulis juga bermanfaat untuk kesehatan mental saya. Menulis membantu saya untuk mengeluarkan stres, kecemasan, dan emosi yang terpendam. Menulis juga membantu saya untuk lebih fokus dan kreatif.

Jadi, jangan malu untuk mengeluarkan "kentut" kamu: tulislah apa yang ada di pikiran kamu, bagikan ide-ide kamu, dan biarkan orang lain menikmatinya. Siapa tahu, "kentut" kamu bisa membuat hari orang lain lebih menyenangkan!

Ingatlah, menulis bukan hanya tentang menghasilkan karya yang sempurna. Menulis adalah tentang proses, tentang ekspresi diri, dan tentang terhubung dengan orang lain. Jadi jangan ragu untuk mengeluarkan "kentut" kamu dan biarkan dunia mencium baunya!

Kompasiana bukan hanya platform menulis

Di sini, saya menemukan komunitas yang saling mendukung dan mendorong. Setiap komentar dan setiap like adalah motivasi untuk terus berkarya. Lebih dari itu, saya mendapatkan peluang untuk berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun