Mohon tunggu...
Mangunsong Rully
Mangunsong Rully Mohon Tunggu... Dosen - Pemerhati SosPolEkBud

Pemerhati dan Penggiat Sosial Politik Ekonomi Budaya (SosPolEkBud)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Ferdinand Porsche: Jenius Oto motif di Balik Mobil 'Rakyat' yang Mengubah Dunia - Rahasia, Skandal, dan Inovasi yg Bikin Heboh!

26 September 2024   12:30 Diperbarui: 26 September 2024   12:31 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ferdinand Porsche: Jenius Otomotif di Balik Mobil 'Rakyat' yang Mengubah Dunia -- Rahasia, Skandal, dan Inovasi yang Bikin Heboh!

Ferdinand Porsche adalah nama yang sudah tak asing lagi di dunia otomotif. Banyak yang mengenalnya sebagai pencipta mobil sport mewah Porsche, namun sebenarnya, warisan terbesar yang ditinggalkannya justru adalah mobil paling sederhana dan terkenal di dunia: Volkswagen Beetle, atau yang lebih dikenal sebagai "Mobil Rakyat". Yuk, kita kulik kehidupan rahasia dan kisah-kisah menarik dari sang jenius otomotif yang lahir pada 3 September 1875 di Vratislavice nad Nisou, Republik Ceko.

Masa Kecil Sang Jenius

Ferdinand Porsche tumbuh di lingkungan sederhana, tapi kecintaannya pada teknologi sudah muncul sejak dini. Di usia muda, ia begitu tergila-gila pada listrik dan mekanik. Jangan bayangkan mainan anak-anak zaman sekarang ya, Porsche muda sudah bereksperimen dengan baterai dan motor listrik sejak umur belasan!

Lohner-Porsche: Mobil Hybrid Pertama di Dunia

Sebelum kita bicara lebih jauh tentang Volkswagen, satu fakta yang mungkin bikin kaget: Ferdinand Porsche adalah pencipta mobil hybrid pertama di dunia! Di awal 1900-an, ia merancang Lohner-Porsche, mobil yang menggunakan kombinasi mesin bensin dan motor listrik. Bayangin, sebelum Tesla lahir, Porsche udah mikirin masa depan mobil listrik!

Skandal & Kontroversi Volkswagen Beetle

Volkswagen Beetle lahir di era Nazi Jerman, dan proyek ini awalnya didukung oleh Adolf Hitler yang menginginkan mobil murah untuk masyarakat. Meski ada kaitan dengan sejarah kelam itu, Porsche menciptakan desain yang menjadi ikon dan dicintai oleh jutaan orang di seluruh dunia. Desain Beetle begitu revolusioner dengan bentuk bulat aerodinamis dan mesin belakang yang sederhana namun tangguh.

Namun, ada kontroversi terkait desain Volkswagen ini. Ada yang mengatakan bahwa Porsche "meminjam" beberapa ide dari mobil buatan Ceko, Tatra, yang kemudian memicu gugatan setelah perang. Meski demikian, Beetle tetap menjadi simbol inovasi dan kepraktisan.

Rahasia & Kehidupan Pribadi

Meski dikenal sebagai seorang insinyur yang brilian, Porsche memiliki kehidupan pribadi yang cukup tertutup. Salah satu cerita menarik adalah kecintaannya pada kecepatan dan adrenalin. Bahkan di usia tua, Porsche masih senang menguji mobil balap yang ia ciptakan, seringkali mengabaikan peringatan soal keselamatan.

Porsche juga bukan tipe yang mengikuti aturan. Ia dikenal sering bekerja di malam hari dan tidur sangat sedikit. Obsesi dan kegigihannya adalah alasan mengapa ia bisa menciptakan banyak terobosan besar di dunia otomotif. Namun, hal ini juga membuat hubungan pribadinya, termasuk dengan keluarganya, jadi kurang harmonis. Putranya, Ferry Porsche, yang kemudian meneruskan warisannya, sering kali merasa diabaikan karena Porsche lebih fokus pada proyek-proyek teknisnya.

Mobil Balap & Warisan Porsche

Selain Volkswagen, Porsche juga berperan besar dalam pengembangan mobil balap. Auto Union yang ia rancang untuk balapan di Grand Prix menjadi salah satu mobil tercepat di dunia pada masanya. Porsche juga berkontribusi dalam pengembangan mobil legendaris Mercedes-Benz SS/SSK, yang menjadi ikon di dunia balap mobil pada era 1930-an.

Setelah Perang Dunia II, keluarga Porsche mendirikan perusahaan otomotif sendiri yang kemudian kita kenal dengan Porsche AG. Mobil sport pertama mereka, Porsche 356, menjadi fondasi dari model-model Porsche modern yang kita lihat hari ini.

Akhir Hidup & Warisan yang Abadi

Ferdinand Porsche meninggal pada 30 Januari 1951, namun warisannya terus hidup. Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris sepanjang masa, dan Porsche AG kini menjadi simbol prestise di dunia otomotif. Meski masa lalunya dipenuhi kontroversi, tak bisa dipungkiri bahwa Ferdinand Porsche adalah sosok yang mengubah cara kita melihat mobil---dari alat transportasi biasa menjadi karya seni yang sarat inovasi.

Jadi, itulah kisah Ferdinand Porsche, sang jenius di balik salah satu mobil paling ikonik di dunia. Dari mobil hybrid pertama hingga "Mobil Rakyat" yang melegenda, Porsche selalu menjadi pelopor. Di balik semua itu, tersimpan rahasia kehidupan yang menarik dan skandal yang mungkin belum banyak diketahui orang. Porsche bukan hanya seorang insinyur, ia adalah legenda yang terus dikenang hingga kini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun