Pada akhir tahun 1980an, para ahli di Pfizer, sebuah perusahaan farmasi di New York City mulai menguji sebuah komponen yang dikenal sebagai UK-92,480, untuk pengobatan angina, sejenis penyakit pada jantung. Walaupun UK-92,480 tampak menjanjikan ketika diuji coba dalam laboratorium dan pada hewan, obat ini hanya menunjukkan sedikit manfaat klinis bagi manusia.
Melihat hasil yang negatif ini, beberapa perusahaan mungkin melempar handuk ke proyek lainnya. Namun para peneliti di Pfizer tetap bertahan - dan memutuskan untuk mencapai - apa yang mereka duga sebagai efek samping yang sangat menarik dari obat tersebut. Hasil dari efek samping obat tersebut kini menjadi sebuah legenda sukses, setelah UK-92,480 dipasarkan dengan nama Viagra.
Pfizer berhasil mengembangkan dan meluncurkan sebuah produk baru yang sukses dan menguntungkan karena mereka dapat mengelola tanggapan negatif - yang mengindikasikan kegagalan - akan proses inovasi tersebut. Perusahaan dapat melakukan beberapa hal berikut untuk memantau dan mengelola berbagai pendapat negatif tersebut.
Tinjau Ulang Semua Proyek
Tinjau ulang proyek-proyek yang dibatalkan atau ditunda dalam kurun waktu enam hingga dua belas bulan sejak proyek-proyek tersebut diakhiri. Adakah sesuatu yang diubah atau berubah, baik dalam proyek itu sendiri atau dalam ruang lingkup yang lebih besar, yang mungkin dapat memberikan pertimbangan lain dari keputusan yang telah diambil sebelumnya?
Terbuka Pada Pihak Luar
Apabila sebuah proyek tidak berjalan dalam sebuah perusahaan, mungkin ada seseorang di luar perusahaan yang dapat memikirkan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini.
IBM melakukan pendekatan ini dalam sebuah proyek perangkat lunak yang tampaknya tak begitu memiliki potensi. Ketika proyek tersebut dihentikan, IBM memutuskan untuk memublikasikannya dalam website AlphaWorks, dimana pihak luar dapat mmenguji dan men-download berbagai perangkat lunak dari IBM. Tak lama setelahnya, para manajer di IBM memerhatikan bahwa ada satu kode software tertentu yang di-download 10 kali lebih banyak ketimbang kode-kode lainnya yang disertakan dalam website tersebut. Kini kita mengenalnya sebagai XML (Extensible Markup Language).
Cari Lisensi Eksternal
Melalui lisensi eksternal, proyek yang tidak sedang digunakan dalam lingkup internal dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. Procter & Gamble melakukan hal ini sebagai bagian dari strategi "Connect and Develop" mereka. Menurut kebijakan P&G, teknologi manapun yang tidak digunakan dalam unit bisnis mereka dalam jangka waktu tiga tahun otomatis dapat dilisensikan kepada pihak luar - termasuk bagi para pesaing mereka.
Transaksi Teknologi