Dalam era digital yang serba terkoneksi, konten menjadi salah satu elemen kunci dalam strategi pemasaran dan komunikasi perusahaan. Berbagai platform media sosial dan situs web telah menjadi wadah bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan audiens mereka.Â
Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG), sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) semakin menyadari pentingnya membangun komunitas dengan melibatkan Content Creator. Kolaborasi ini menjadi suatu jalinan yang saling menguntungkan, dengan peran strategis masing-masing pihak dalam mencapai kesuksesan bersama.
Apa itu Content Creator?
Content Creator adalah individu atau kelompok yang berfokus pada menciptakan dan menghasilkan konten digital yang beragam, seperti tulisan, gambar, foto, video, podcast, dan lainnya. Mereka biasanya memiliki keahlian dalam bidang tertentu, termasuk seni, desain, kuliner, fashion, kesehatan, teknologi, dan banyak lagi. Content Creator ini aktif di berbagai platform media sosial seperti YouTube, Instagram, Twitter, TikTok, dan blog pribadi.
Mengapa Kolaborasi dengan Content Creator Penting bagi PILOG?
Kreativitas dan Inovasi: Content Creator seringkali memiliki visi dan pendekatan kreatif dalam menciptakan konten. Kolaborasi dengan mereka dapat membawa inovasi baru dalam menyampaikan pesan perusahaan, menjadikan konten lebih menarik dan berbeda dari pesaing.
Â
Memperkuat Brand Awareness: Melalui konten yang dibuat oleh Content Creator, perusahaan BUMN dapat memperkuat brand awareness mereka. Konten yang menarik dan berkualitas akan lebih mudah menarik perhatian dan membekas di benak audiens.
Mendekatkan Brand dengan Target Audiens: Content Creator cenderung memiliki basis pengikut yang besar dan berdedikasi dalam niche tertentu. Dengan berkolaborasi, PILOG sebagai anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) dapat lebih dekat dengan target audiens yang relevan untuk produk atau layanan mereka.
Â
Pengaruh di Media Sosial: Konten yang dibuat oleh Content Creator seringkali menjadi viral atau memiliki potensi untuk menyebar dengan cepat di media sosial. Hal ini dapat memberikan eksposur yang lebih luas bagi PILOG, serta meningkatkan visibilitas merek mereka.
Â
Meningkatkan Keterlibatan: Content Creator seringkali memiliki keterlibatan yang tinggi dengan audiens atau follower. Melalui kolaborasi, PILOG dapat memanfaatkan tingkat keterlibatan ini untuk menggugah respon dan interaksi positif dengan merek mereka.
Â
Menciptakan Konten yang Otentik: Konten yang dibuat oleh Content Creator cenderung lebih otentik dan relevan dengan audiens. Ini karena mereka memahami preferensi dan kebutuhan audiens mereka secara mendalam.
Â
Mendukung Pertumbuhan Industri Kreatif Lokal: Kolaborasi dengan Content Creator lokal juga dapat membantu mendukung dan mengembangkan industri kreatif di daerah setempat, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.
PILOG Digital Community (PDC) sebagai Program Kolaborasi PILOG dengan Content Creator
Â
Pentingnya kehadiran Content Creator bagi PILOG menciptakan PDC atau PILOG Digital Community untuk berkolaborasi dan saling memberi manfaat, di antara keduanya. Dimana  PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) memberikan binaan content creator untuk nantinya menjadi User Generated Content atau UGC dalam menyebarkan berita positif di media online.
Â
PILOG Digital Community ini sebagai wadah sinergi komunitas dengan PT Pupuk Indonesia Logistik untuk meningkatkan dan memberikan informasi positif terkini dari perusahaan juga dapat menjadikan wadah kolaborasi bersama penulis di Jabodetabek, PILOG Digital Community nantinya juga akan diberikan pelatihan digital media seperti, Creative Writings, Basic SEO (Search Engine Optimization), Video Editing, dan Canva Editing. Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal bagi content creator agar lebih optimal dalam mengelola informasi di platform digital.
Â
Tentaminarto selaku Direktur Utama PILOG, mengatakan bahwa, "Era digital seperti saat ini memang perlu adanya kolaborasi antara perusahaan dan komunitas digital guna meningkatkan citra dan pemberitaan positif perusahaan media online. PDC hadir tak hanya sebagai program TJSL dan CSV perusahaan tapi juga sebagai bentuk nyata pemberdayaan komunitas content creator di wilayah Jabodetabek dan nantinya diharapkan setiap tahun akan bertambah anggotanya."
Â
Dengan kolaborasi ini, content creator yang tergabung dalam PILOG Digital Community akan mendapatkan pelatihan untuk upgrade skill sebagai content creator juga diharapkan dapat membuat konten positif baik untuk pribadi, maupun untuk PILOG itu sendiri. Jalinan ini akan menciptakan kesuksesan bagi kedua belah pihak, dan tentu saja, membawa dampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H