Logo Meta menjadi ikon perusahaan sosial media umumnya Yaitu Facebook dan Instagram mempunyai keunikan tersendiri, yaitu format 2 dimensi& 3 dimensi pada satu objek yg terkesan bergerak. Logo Meta sebagai objek yg menarik untukdikaji secara simeotik lantaran sebagai media komunikasi secara nir langsung. Penelitian inimemakai metode kualitatif interpretatif menggunakan memanfaatkan teknik pengumpulan data melaluidokumentasi, & analisis data melalui analisis visual & semiotika.
Hasilnya merupakan logo Meta menerapkan beberapa unsur desain yaitu unsur rona, garis, shape, & khroma. Logo ini mempunyaimakna secara tersirat dalam beberapa unsurnya. Kesimpulannya merupakan secara denotatif logo Meta tetapmemakai unsur rona awal yaitu rona biru menjadi karakteristik khasnya.
Pada unsur garis, logo initerbentuk menurut 2 jenis garis yaitu garis lurus yg dibuat secara diagonal & garis lengkung. Halyg menarik menurut logo Meta ini merupakan penerapan unsur shape yg bersifat simbolis, nomor, &alphabetical. Khroma yg masih ada dalam rona logo ini terbentuk menurut pigmen 2 jenis rona ygsama menggunakan intessitas pencahayaan yg tidak selaras yaitu intensitas rona biru bertenaga & intensitas ronabiru lemah. Secara konotatif logo Meta mengandung makna tenang, kepercayaan, loyalitas, komunikatif,teknologi, ketegasan, fleksibelitas, & keberlanjutan.
Apa Itu meta?
Meta (Meta Platforms Inc) adalah sebuah perusahaan yg mempunyai visi & misi ke arah masadepan, dimana konsepnya merujuk dalam global digitalisasi (metaverse). Meta sendiri dalam awalnya adalahsebuah perusahaan media umum yaitu Facebook yg didirikan sang Mark Zuckerberg dalam tahun 2004silam.
Perubahan nama Facebook sebagai Meta Platforms Inc dikarenakan ingin merubah citraperusahaan media umum sebagai lebih luas, yg mempunyai visi masa depan menggunakan mengusungcitra impian baru pada beriteraksi pada Dunia Maya, Atau menggunakan istilah lain, perusahaan mediasosial mengajak penggunanya buat berinteraksi & mencicipi impian baru seolah-olah mereplikasiglobal nyata, yg bisa diklaim menggunakan metaverse. Metaverse sendiri adalah kata ygmendeskripsikan lingkungan global maya, yg bisa diakses
Apa Yang di Maksud dengan Metaverse?
Metaverse merupakan dua istilah yg dikombinasikan berdasarkan awalan “meta” (menyiratkan; melapaui) menggunakan “semesta” (pada bahasaInggris: universe), mendeskripsikan lingkungan sintetis hipotetis terkait menggunakan fisik globalMetaversemenjadi alam semesta yg didapatkan sang personal komputer sudah didefinisikan melalui poly konsep sepertilifelogging, ruang kolektif pada virtualitas, mewujudkan internet atau internet spesial, global cermin,sebuah omniverse (loka simulasi & kerjasama)
Facebook dan Instagram Berubah Nama jadi Meta
Seiring menggunakan perubahan nama Facebook sebagai Meta, tanda “jempol” menjadi ikonnya jugamengalami perubahan. Namun, nir menghilangkan rona biru yg dipakai menjadi sebuah identitasperusahaan tersebut. Logo Meta menjadi ikon perusahaan media umum ini mempunyai keunikan tersendiri,yaitu format 2 dimensi & 3 dimensi pada satu objek yg terkesan bergerak. Dikatakan bahwa,logo ini bisa menampilkan bentuk yg tidak sinkron dari perspektif yg melihatnya . Tentunyadibutuhkan suatu kepekaan visual pada melihat bentuknya, lantaran hal yg disampaikan pada atas tersebut,secara kasat mata nir akan menerangkan disparitas bentuk yg siginfikan
Makna Logo Meta
Logo adalah sebuah entitas khusus (simbol) yg mempunyai bentuk, warna, juga filisofi.Karakteristik menurut sebuah logo galat satuya merupakan bisa menaruh kabar citra visi & misibagi si penggunanya (lembaga, organisasi, perusahaan, & sebagainya), sebagai akibatnya bisa sebagai mediakomunikasi secara nir pribadi pada konsumen atau khalayak umum. Logo merupakan elemen grafisyg berbentuk ideogram, simbol, emblem, ikon, perindikasi yg dipakai menjadi lambang sebuah brand.
Setiap perusahaan juga organisasi biasanya mempunyai logo menggunakan rona & bentuk hurufspesifik yg dipakai secara konsisten. Lebih lanjut dijelaskan bahwa secara visual logo merupakansuatu gambar, berupa banyak sekali unsur bentuk & rona . Logo bisa menaruh suatu bukti diri bagisi penggunanya, atau bisa diklaim menjadi corporate identity yaitu bukti diri yg bersifat fisik. Identitasvisual ini bisa berupa bentuk huruf, simbol, nomor, & sebagainya.
Logo menjadi corporate identitydari Artini pada Sartika dalam hakekatnya mempunyai fungsi menjadi lambang agunan mutu ygdisertai rasa tanggung jawab dalam jasa atau produk yg dihasilkan, menggunakan istilah lain corporate identitymenggunakan logo adalah hal yg nir bisa dipisahkan, karena logo merupakan corporate identity.Pernyataan tadi pula diperkuat sang Marcel Danesi yg menyatakan bahwa logo sekarang sudah menjadibagian simbolisme visual sehari-hari yg mengaikan produk menggunakan kehidupan keseharian kita.
Logo, misalnya sudah disebutkan, bisa berupa simbol juga perindikasi menjadi lambang merk perusahaan,lembaga, juga organisasi yg bisa mengkomunikasikan secara nir eksklusif visi & misisnya.Terkait menggunakan itu, Said menyatakan bahwa kreteria terpenting pada tampilan logo merupakan wajib mampumengungkapkan pesan atau keterangan yg bisa menggunakan nisbi gampang dipahami atau dimaknai olehsasaran audiens yg dibidiknya.
Logo Meta sebagai objek yg menarik buat dikaji secara simeotiklantaran sebagai media komunikasi secara nir eksklusif. Sebagai sebuah simbol, tentunya logo Metamempunyai suatu makna yg bisa mewakili visi & misi daru perusahaan. Maka perseteruan ygsebagai pembahasan selanjutnya dalam artikel ini merupakan makna yg terkandung dalam logo Meta itusendiri, lantaran kesesuaian ciri logo bisa menghipnotis visi & misi berdasarkan perusahaan Meta Platform Inc. Tujuan berdasarkan penelitian ini merupakan buat mengetahui & tahu makna yg terkandungpada logo Meta menjadi simbol yg bisa menaungi produk jejaring sosial milik Meta Platform Inc.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H