Mohon tunggu...
Rudianto
Rudianto Mohon Tunggu... Lainnya - Belajar dan terus Belajar

Semangat Terus dalam Belajar

Selanjutnya

Tutup

Money

Digital Marketing dan Manfaatnya untuk UMKM

6 Desember 2021   09:29 Diperbarui: 8 Februari 2022   15:50 896
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini, ekonomi digital memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap peningkatan daya saing, terutama karena transformasi digital melibatkan migrasi ke model teknologi baru di mana digital pemasaran adalah bagian penting dari pertumbuhan dan strategi loyalitas pengguna. Internet dan Pemasaran Digital memiliki menjadi faktor penting dalam kampanye, yang menarik dan mempertahankan pengguna Internet. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi cara utama di mana pengguna dapat diperoleh dan dipertahankan dengan menggunakan Pemasaran Digitital.

Dapat dikatakan bahwa Internet telah menjadi faktor yang paling mempengaruhi budaya, ekonomi dan perubahan sosial yang terlihat pada awal abad ke-21. Sekarang, konsumen adalah titik fokus dari kegiatan bisnis dan target strategi Internet.


Pengertian Digital Marketing

Menurut Chaffey dan Chadwick "Digital marketing is theapplication of the internet and related digital technologies in conjunction withtraditional communications to to achieves marketing objectives.". Artinya Digital Marketing merupakan aplikasi dari internet dan berhubungan dengan teknologi digital dimana didalamnya berhubungan dengan komunikasi tradisional untukmencapai tujuan pemasaran. Hal tersebut dapat dicapai untuk meningkatkan pengetahuan tentang konsumen seperti profil, perilaku, nilai, dan tingkat loyalitas,kemudian menyatukan komunikasi yang ditargetkan dan pelayanan online sesuai kebutuhan masing-masing individu.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa digital marketing merupakan pemasaran atas produk maupun jasa menggunakan internet dengan memanfaatkanweb, social media, e-mail, database, mobile/wireless dan digital tv guna meningkatkan pemasaran serta target konsumen.

Perbedaan Digital Marketing dan traditional marketing


Manfaat Digital Marketing Untuk Para UMKM

1. Untuk Membantu  Meningkatkan Penjualan

Tujuan dari aktivitas digital marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk bisnis. Nah, karena digital marketing bisa menjangkau lebih banyak sasaran customer, karena akses digital marekting bisa menjangkau semua wilayah yang terkoneksi dengan internet. Maka hal ini nantinya juga akan berdampak pada meningkatnya penjualan Anda.

2. Menghemat Biaya Promosi

Manfaat digital marketing yang paling dinikmati oleh brand ialah bisa dilaksanakan dengan murah dan sangat ekonomis yaitu menghemat biaya promosi. Ya, strategi promosi menerapkan media internet memang jauh lebih murah bila dibandingi dengan menerapkan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membikin iklan di radio dan televisi. Oleh karena itu, bagi Anda yang baru memulai bisnis dan berkeinginan bisnis Anda dapat cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk menjalankan promosi.

3. Menjangkau Target Pasar Yang Lebih Luas

Digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka bisnis yang Anda kelola tentunya juga dapat dikenal tak cuman di wilayah Anda, namun juga di wilayah-wilayah lainnya. Dengan demikian, peluang mendapatkan customer pun juga dapat semakin besar.

Hal penting yang seharusnya Anda ketahui sekarang juga ialah hampir 80% konsumen akan menelusuri sebuah produk atau layanan sebelum membelinya, jadi usaha Digital Marketing bukanlah hal yang seharusnya Anda tunda.

Tools yang sering digunakan untuk Kegiatan Digital Marketing :

1.Website

Merupakan web yang halaman selalu update, biasanya terdapat halaman backend (halaman administrator) yang digunakan untuk menambah atau mengubah konten. Web dinamis membutuhkan database untuk menyimpan.

screen-shot-2021-12-06-at-08-49-37-61ad6c3775ead623154372d3.png
screen-shot-2021-12-06-at-08-49-37-61ad6c3775ead623154372d3.png

2. Email marketing

e-marketing adalah pemasaransecara online baik melalui situs web, iklan online, opt-in email, kiosinteraktif, TV interaktif atau mobile. Itu membuat hubungan yang lebih dekatdengan pelanggan, memahami mereka dan memelihara interaksi denganmereka. E-marketing lebih luas dari e-commerce karena itu tidak terbataspada transaksi antara organisasi dan stakeholders, tetapi mencakup semuaproses yang berkaitan dengan pemasaran.

screen-shot-2021-12-06-at-08-57-42-61ad6e2075ead67ae431f064.png
screen-shot-2021-12-06-at-08-57-42-61ad6e2075ead67ae431f064.png

3. Search engine marketing (SEM)

Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. Dengan kata lain "membeli" traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google. Mesin pencarian banyak diakses oleh khalayak untuk mencari berbagai informasi di internet. Termasuk untuk mencari informasi produk atau jasa beserta ulasannya.

4. Sosial media marketing(SMM)

 Sosial media marketing atau pemasaran media sosial (SMM) adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan tidak berbayar,

Aplikasi yang bisa membantu untuk analisa target pasar di dalam Digital Marketing

1. Google Trends

Pengertian Google trends dapat diartikan sebagai alat/grafik statistik yang dapat menampilkan trending topik di mesin penelusuran Google dalam kurun waktu yang dapat disesuaikan dengan yang diinginkan.

Contoh analisa Lokasi menggunakan Google Trends:

screen-shot-2021-12-06-at-09-26-35-61ad74e462a70455433087c3.png
screen-shot-2021-12-06-at-09-26-35-61ad74e462a70455433087c3.png

2. Analisa Produk Laris dengan dimia.id

Riset Produk Laris

Disaat kamu bingung harus terapkan foto seperti apa untuk produk kamu, judul yang tepat agar produk kamu memiliki penjualan, seberapa besar tingkat penjualan dari tiap produk saingan kamu...

Bayangkan kamu mendapatkan semua detail informasi dari produk - produk terlaris saingan kamu.

Dimia, menyediakan :
-   Foto produk kompetitor kamu
-   Judul yang telah membuat produk kompetitor kamu memiliki penjualan tinggi
-   Harga yang diterapkan kompetitor kamu
-   Total kuantiti terjual dari produk kompetitor kamu

screen-shot-2021-12-06-at-09-27-48-61ad752a75ead60c7949c642.png
screen-shot-2021-12-06-at-09-27-48-61ad752a75ead60c7949c642.png

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun