Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

5 x 3 Tidak Sama dengan 3 x 5 ?

2 November 2015   06:51 Diperbarui: 2 November 2015   07:54 553
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Beda intepretasi antara guru dan murid terkait 5x3.  Sumber: Reddit

Walaupun tidak serumit perdebatan tentang warna sebuah gaun yang menghebohkan pada bulan Februari 2015 lalu (lihat Videonya Di SINI), namun kertas ujian yang diunggah oleh murid sebuah sekolah dasar di Amerika ini cukup menghebohkan dunia maya.

Salah satu soal yang diunggah adalah pertanyaan berapa 5 x 3 ? dijawab oleh murid tersebut 15, namun ketika diminta menguraikan bagaimana caranya mendapatkan angka 15 tersebut si murid menuliskan didapat dari 5+5+5. Namun ternyata jawaban si murid disalahkan oleh gurunya dan diberikan nilai -1 karena menurut guru tersebut jawaban yang benar adalah 3+3+3+3+3.

4x6 itu tidak sama dengan 6x4 ?. Photo: Reddit

Masalahnya tidak hanya sampai disitu, ternyata di bagian soal lain guru tersebut tetap pada prinsipnya dan menyalahkan jawaban si murid pada jawaban pertanyaan: 4x6 dan diminta untuk menjelaskan cara memperoleh jawaban tersebut. Soal tersebut dijawab oleh muridnya 4x6 =24 dan cara mendapatkannya sama seperti soal sebelumnya yaitu 4+4+4+4+4. Guru tersebut tetap berpendapat bahwa jawaban murid tersebut salah dan yang benar adalah 6+6+6+6. Hasilnya untuk jawaban tersebut murid kembali mendapatkan angka -1 karena dianggap salah.

Kontroversi di internet terkait masalah ini tampaknya membuat orang berpikir ternyata masih ada ruang intrepretasi dalam matematika sekalipun. Dalam  ilmu matematik pengajaran  hal ini terakit  dengan dua istilah yaitu Semantics yang berarti kurang lebih “arti” dan Syntax yang berarti kurang lebih “bentuk”.

Lantas jawaban mana yang benar? Menurut pakar matematika persolan ini sebenarnya sangat sederhana dan baik guru maupun muird benar karena menyangkut intrepretasi yang berbeda saja.

Jika guru tersebut secara spesifik mengatakan bahwa 5x3 berarti lima kelompok angka 3 dan 4x6 adalah 4 kelompok angka 6 maka pendapat guru tersebut salah dan tergolong dalam pemaksaan intrepretasi.

Secara matematik apa yang dijawab muird tersebut benar, karena murid tersebut mengartikan 5 kelompok angka 3 itu sama dengan 3 kelompok angka 5. Jadi pada intinya perbedaan intrepretasi anara murid dan guru ini dapat diperkecil dengan cara membuat soal yang lebih jelas dan lebih baik agar tidak muncul intrepretasi ganda.

Ya matematik itu memang menyenangkan apalagi jika anda dapat menjawab pertanyaan matematika dasar berikut dengan cepat tanpa menggunakan kalkulator dan tentunya benar . Selamat mencoba :

Mulai

  • 2+5-8+10 =
  • 12:2+3+1 =
  • 10x10x10-10 =
  • 55:5+3 =
  • 1+1+1+11+11=
  • -4+6x10:2=
  • 25x5-5 =
  • 14+14+14+14=

Selesai

Kunci jawaban : 9, 10, 990, 14, 25, 10, 120, 56

Sumber : 7 News break, https://www.reddit.com/r/math/comments/3qzo9j/why_5_x_3_5_5_5_was_marked_wrong/

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun