Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Estee Lauder Ambil Tema Tenun Ikat dalam Promosi Terbarunya

12 Juli 2015   12:48 Diperbarui: 12 Juli 2015   18:48 960
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Produk terbaru Estee Lauder mengangkat tema tenun ikat. Photo : www.beautyminded.be

Memang sangat jarang sekali perusahan ternama dunia mengangkat tema yang berbau Indonesia dalam melakukan proposi produknya. Namun kali ini ada kejutan besar ketika minggu ini Estee Lauder salah satu perusahaan kosmetik terkemuka dunia membuka musim baru yang dinamakannya Opening Ceremony Estee Lauder menawarkan produk kosmetik kreasi dan design terbarunya yang mengangkat tema tenun ikat.

Tema tenun ikat berwarna khas biru ini kelihatan sangat kental dengan ciri tradisional Indonesianya. Tema tenun ikat yang sangat menonjol ini tidak saja terlihat sangat mencolok pada kemasan gift promosinya melainkan juga pada design tas kosmetik yang sangat anggun.

Aerin penerus Estee Lauder mengangkat tenun ikat sebagai tema utamanya. Photo : www.esteelauder.com

Kita dapat membayangkan jika perusahaan ternama seperti Estee Lauder melakukan promosi tentunya akan sangat spektakuler. Disamping jangkauan negaranya yang hampir merambah di seluruh dunia, juga lapisan masyarakat yang dijangkaunya yang umumnya kalangan menengah atas dunia.

Tidak hanya sampai disitu anak Estee Lauder yang kini meneruskan usaha Estee Lauder yang bernama Aerin juga meluncurkan produknya yang bernama Aerin. Salah satu produk kecantikan yang diproduksinya dibreri nama Aerin Ikat jasmine yang kemasan produknya juga mengangkat tema tenun ikat.

 

Tema tenun ikat yang sangat menonjol dalam promosi terbaru Estee Lauder. Photo: tamaraheatherinteriors.com

Pastilah perusahaan sebesar dan setenar Estee Lauder dan Aerin dalam meluncurkan produk barunya dengan penuh pertimbangan termasuk dalam mengangkat tema tenun ikat dalam produk terbarunya. Tampaknya ada sesuatu yang sangat menarik dari tenun ikat ini karena di samping keindahan desainnya juga mungkin filosofi tradisional dan mistis yang ada di dalam tenun ikat tersebut.

Kita tentunya harus bangga melihat salah satu warisan budaya bangsa ini menarik pihak luar untuk mengangkatnya di luar batas tradisional ke level yang lebih tinggi lagi. Walaupun dalam hati kita masih bertanya apakah dalam mengangkat tema tenun ikat ini sudah ada pembicaraan sebelumnya dengan pemerintah Indonesia. Kita juga masih bertanya apakah tenun ikat ini sudah didaftarkan oleh oleh Indonesia di UNESCO sebagai salah satu warisan dunia? Atau apakah tenun imat ini sudah dipatenkan?

Tapi terlepas dari itu semua, sebagai orang Indonesia saya merasakan kebanggaan tersendiri ketika melihat desain tenun ikat tersebut yang terpampang di produk Estee Lauder tersebut dipajang di toko-toko besar terkemuka dunia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun