Guru hebat,,
Bapak IbuAda beberapa fenomena unik yang dijumpai ketika kita mengajar di kelas:
1.Ketika kita bertanya kepada peserta didik apakah sudah paham dan mengerti dengan pelajaran yang telah disajikan mereka menjawab "ya" mengerti", paham".
 Namun ketika kita bertanya apa yang sudah dipahami tersebut mereka kesulitan menyampaikan dan terbentur dengan kata-kata.
2. Ketika kita bertanya kepada peserta didik apakah sudah paham dan mengerti dengan pelajaran yang telah disajikan mereka menjawab "belum, tidak paham".
Namun ketika kita bertanya bagian mana yang belum dipahami, di awal, di tengah, di akhir atau keseluruhan pelajaran, si peserta didik juga kebingungan dan takut untuk mengeluarkan kata-kata.Â
Mereka kesulitan menyampaikan bahwasanya mereka tidak mengerti tetapi tidak tahu pula bagian mana yang tidak dimengerti tersebut.
Masalah ini adalah lazim terjadi di setiap kelas dan di setiap peserta didik dari 30 orang anak biasanya ada setengahnya mengalami hal di atas.
Kegagalan merefleksi
Jika peserta didik tidak mampu membuat refleksi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilangsungkan, mereka tidak bisa memberikan pantulan atau cerminan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, apakah yang harus dilakukan?Â
Dimana letak kesalahan tersebut? Pada guru atau pada peserta didik?