Mohon tunggu...
Rosita Mustikasari
Rosita Mustikasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Kristen Satya Wacana

Hallo Nama Saya Rosita Mustikasari biasa dipanggil Rosita Menempuh studi di Universitas Kristen Satya Wacana Fakultas Pertanian dan Bisnis Program Studi Agroteknologi Salam kenal semua

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

[Kearifan Lokal] Lakon Wayang Dewi Sri Boyong dalam Perspektif Pertanian Berkelanjutan

13 Juli 2023   13:58 Diperbarui: 13 Juli 2023   18:14 1701
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : http://cybex.pertanian.go.id/

Pertanian konvesional mengharapkan untuk tanaman yang dibudidayakan dapat menghasilkan panen yang berlimpah, sedangkan didalam kearifan lokal praktek sistem pertanian nenek moyang kita dilakukan selaras dengan alam. Kearifan lokal (local knowledge) sering diartikan pengetahuan setempat dimana didalamnya yaitu pengetahuan serta strategi untuk menjawab berbagai permasalahan yang berhubungan dengan lingkungan hidup, pemenuhan kebutuhan pangan, dan strategi adaptasi masyarakat untuk menghadapi perubahan lingkungan alam dan sosial (2).

Maka dari situlah pertanian berkelanjutan berpijak pada kearifan lokal sebagai kepercayaan yang berdampak pada konservasi lingkungan. Salah satu contoh kearifan lokal adalah lakon wayang Dewi Sri. Mari kita cari tau lebih lanjut tentang lakon wayang Dewi Sri.

Yuk Mengenal Lakon Wayang Dewi Sri Boyong

Sumber: Dokumen Pribadi Museum Wayang Indonesia di Wonogiri
Sumber: Dokumen Pribadi Museum Wayang Indonesia di Wonogiri
Pertunjukan wayang dipegelarkan oleh seorang dalang dimana wayang tersebut diyakini oleh masyarakat memiliki simbol atau makna-makna tertentu. Selain sebagai pertunjukan untuk menghibur, lakon wayang menyampaikan makna mengenai berbagai ajaran kehidupan manusia. Salah satu lakon wayang yang menggambarkan kehidupan masyarakat dengan lingkungannya adalah Dewi Sri.

Lakon Dewi Sri dalam dunia pedalangan memiliki nama lain yaitu Sri Mulih, Sri Mantuk, Sri Boyong, Sri-Sadana. Hal ini mengisahkan bagaimana pada jaman dahulu rakyat sedang sengsara karena ditinggalkan oleh Dewi Sri, akhirnya mereka berusaha membawa Dewi Sri kembali ke kerajaan dengan maksud ingin menghentikan kesengsaraan dan penderitaan

Oleh karena itu arti nama mulih, mantuk, boyong dalam Bahasa Jawa yang berarti pulang menjadi harapan mereka untuk mengembalikan kemakmuran, kesuburan, dan keharmonisan tata kehidupan. Dewi Sri melambangkan kemakmuran, kesuburan, maupun kehidupan yang disimbolkan melalui tanaman padi.

Tokoh Dewi Sri memiliki kedudukan yang istimewa di kalangan masyarakat karena dijadikan spirit dalam memuliakan pangan sebagai indikasi kemakmuran rakyat. Dewi Sri menjadi simbolisasi tanaman padi dalam ritual upacara adat Mapag Sri sebagai bentuk penghormatan perempuan dan padi.

Pada upacara ini sebagai tradisi masyarakat Jawa yang dilakukan untuk sebelum menanam padi dan menyambut panen padi (1). Ritual ini masih bertahan hingga sekarang karena dalam ritual ini terdapat makna tersirat teologis serta warisan leluhur yang diyakini relevan sepanjang zaman. Pada pelaksanaan ritual ini memiliki keunikan karena dilakukan oleh seluruh komunitas dan semua agama tanpa adanya konflik (4). 

Lakon Dewi Sri Boyong Simbolisasi Ekosistem Pertanian

Lakon Sri Mulih (Dewi Sri Boyong) mengungkap makna simbolik mengenai ekosistem pertanian mencangkup (3)

  • Petani sebagai penyangga pertanian di lambangkan tokoh Pandawa, Kresna, Baladewa dan rakyatnya
  • Berbagai hama pertanian sebagai perusak tanaman digambarkan tokoh Nila Raksasa (ular), Tikus Binada (tikus), Celeng gemalung (celeng),
  • Sarana penolak bala untuk mengusir hama digambarkan tokoh Garuda Winantya (burung), Merak Kasimpir (kayu wangi)
  • Petunjuk dalam bertani di lambangkan tokoh Semar
  • Ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan dilambangkan tokoh Dewi Sri

Tujuan dari tradisi pemujaan kepada Dewi Sri ini sebagai Dewi Padi adalah agar hasil panen baik dan berlimpah, dan diharapkan agar sawah terhindar dari segala mala petaka dan gangguan roh jahat (gagal panen). Dewi Sri ini sangat dihormati karena masyarakat berpandangan sebagai ibu personal layaknya figur seorang ibu yang memberikan restu, berkah, serta kemakmuran.

Dewi Sri sebagai personifikasi dari tanah yang melahirkan tanaman sumber hidup manusia. Dengan demikian masyarakat diharapkan dapat mengelola tanah dengan bijak agar dapat terus dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Kearifan Lokal Dalam Perspektif Pertanian Berkelanjutan

Pada pertanian berkelanjutan terdapat 3 pilar penting yaitu sosial budaya (people), ekonomi (profit), lingkungan (planet). Kearifan lokal ini menjadi hubungan yang harmonis sehingga berdampak pada perlindungan fungsi sumber daya alam dan keseimbangan lingkungan untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

sumber : http://cybex.pertanian.go.id/
sumber : http://cybex.pertanian.go.id/

Aspek sosial budaya (people)

Wahana ekspresi masyarakat dalam mewujudkan harapan mengenai kemakmuran rakyat sampai terwujud harapan tentang ketahanan pangan, kelestarian lingkungan dan kesinambungan tradisi diwujudkan dalam lakon wayang Dewi Sri.

Aspek ekonomi (profit)

Dalam cerita wayang lakon Dewi Sri mengandung makna simbol kesuburan bagi lahan pertanian yang ditandai dengan hasil panen padi yang berlimpah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan memberikan keuntungan bagi petani.

Aspek lingkungan (planet)

Representasi dalam tradisi adat upacara Mapag Sri sebagai kearifan lokal bersifat ekologi. Kegiatan tersebut berfokus terhadap kedekatan antara masyarakat dengan alam yang berhubungan dalam melestarikan lingkungan dan ketahanan pangan. Mitos dewi Sri menjadi sebuah media yang dapat mengedukasi kemampuan literasi ekologis pada mahasiswa karena memiliki nilai ekokritik tentang keberlanjutan ekologi.

sumber: Kompas.com
sumber: Kompas.com

Tancep Kayon

Melalui cerita Lakon Wayang Dewi Sri Boyong ini memberikan gambaran dan renungan untuk kita semua mengenai cara mengolah lahan pertanian dan memanfaatkan hasilnya.  Dalam lakon wayang ini memberikan ekspresi simbolik bagi masyarakat untuk melestarikan sumber daya alam yang ada dengan pertanian berkelanjutan agar terwujudnya ketahanan pangan, hidup Makmur seperti mitodologi Dewi Sri sebagai  lambang Dewi Padi.

Referensi :

1. Fitrahayunitisna. (2022). Dewi Sri Sebagai Figur Ibu Mitologis. Journal of Language & Literature, 2(1): 48–55.

2. Sari, I. P., & Zuber, . A. (2020). Kearifan Lokal Dalam Membangun Ketahanan Pangan Petani. Journal of Development and Social Change, 3(2) : 25-35.

3. Sunardi. (2023). Makna Lakon Sri Mulih Dalam Pertunjukan Wayang Relevansinya Dengan Ketahanan Pangan . Jurnal Cahaya Mandalika, 4 (3) : 19-30.

4. Sutiyono. (2018). Pemuliaan Tanaman Padi melalui Pertunjukan Wayang Kulit dalam Upaya Bersih Desa di Geneng, Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(2) : 263-269.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun