Pada topik sebelumnya saya telah mempelajari tentang pentingnya memahami pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD Peserta didik, pada topik ini saya mempelajari terkait isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosiokultural yaitu ekonomi, politik, sosial, dan budaya.
Mulai Dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Jawab:
Pada bagian mulai dari ini saya disajikan video yang membahas terkait permasalahan-permasalahan terkait isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosiokultural yaitu ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Sehingga yang saya pikirkan sebelum memulai proses pembelajaran mengenai topik ini adalah ternyata isu-isu terkait latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik memiliki peranan dan pengaruh yang besar dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
Eksplorasi Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Jawab:
Pada bagian ini saya memperoleh pengetahuan mengenai isu isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat mempengaruhi penyelenggaraan proses pembelajaran di dalam kelas. Hal ini sangat penting untuk dipelajari karena dari segi sosial, pengetahuan yang saya peroleh mengatakan bahwa pendidikan itu harus inklusif artinya pendidikan itu berlaku dan hak untuk semua anak serta memperhatikan ketidaksetaraan akses yang terjadi. Dari perspektif budaya, pendidikan harus mengakui keberagaman budaya Indonesia yang dimiliki oleh setiap anak pastinya akan berbeda-beda sehingga dibutuhkan pengakuan agar terciptanya lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi anak. Dari perspektif ekonomi, pendidikan berperan penting untuk mengatasi kemiskinan serta kekurangan dari segi ekonomi tidak menjadi alasan seorang anak tidak bisa menempuh pendidikan. Dari perspektif politik, pemerintah berperan dalam menciptakan pendidikan yang setara untuk setiap daerah baik sarana dan prasarananya karena pendidikan memiliki dampak bagi pembangunan Indonesia melalui persiapan yang dilakukan untuk menciptakan generasi muda yang berguna bagi bangsa dan negara.
Ruang Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Jawab:
Pada ruang kolaborasi ini saya dan rekan rekan saya berbagi pemikiran terkait pandangan pandangan kami tentang bagaimana isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik memberikan pengaruh terhadap proses pendidikan dan pembelajaran dalam banyak aspek, seperti kualitas pendidikan, teknik digital, sarana dan prasarana, dan lain sebagainya.
Demonstrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Jawab:
Hal penting yang saya pelajari bersama teman-teman saya selama proses demonstrasi adalah saya memperoleh pemahaman baru dari pandangan pandangan kelompok yang lain terkait isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Selain itu dari pemaparan tersebut saya mengetahui bahwa dengan memahami dan mempelajari isu isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran disekolah akan membantu banyak pihak untuk mengembangkan kebijakan dan strategi yang efektif agar dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah maupun kualitas pendidikan di Indonesia.
Elaborasi Pemahaman:
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Saya memahami bahwa isu-isu penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran di sekolah menjadi hal yang penting utuk diperhatikan karena berdampak bagi keberlangsungan pendidikan di Indonesia seperti pendidikan hendaknya harus Inklusif dan memperhatikan ketidaksetaraa yang terjadi dalam berbagai aspek, pendidikan harus menghargai dan mengakui keberagaman budaya yang berbeda beda dan pendidikan harus diperoleh oleh semua anak tidak terkecuali anak yang ekonominya rendah mempunyai hak yang sama untuk mengenyam pendidikan yang dapat dilakukan melalui bantuan pendidikan dari pemerintah.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Pemahaman baru yang saya temukan tidak berubah dari yang saya pikirkan pada awal pembelajaran dimulai dimana ternyata isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan dan peningakatan kualitas pendidikan di sekolah maupun di Indonesia. Hal baru yang saya temukan adalah terkait masalah apakah saya pribadi siap apabila di tempatkan disuatu hari nanti di sekolah dengan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Ingin mempelajari dan memperhatikan faktor faktor apa yang membuat munculnya isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah itu terjadi dan bagaimana cara saya berkontribusi untuk memberikan bantuan dalam mengatasi hal tersebut.
Koneksi Antar Materi: Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Jawab:
Menurut saya topik pembahasan kali ini sangat memiliki kaitan dengan mata kuliah lain yang saya pelajari yaitu:
Aksi Nyata:
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Pembelajaran ini sangat bermanfaat sebagai bekal saya menjadi seorang pendidik di masa depan.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Kesiapan saya saat ini adalah masih pada skala 7, saya masih perlu banyak belajar banyak dalam menambah wawasan saya terhadap isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah, mempersiapkan diri untuk menghadapi isu-isu global serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan relevan pada peserta didik
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Beberapa hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut agar dapat menerapkan topik bahasan ini dengan optimal adalah memperbanyak wawasan terhadap isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari segi perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik secara mendalam.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H