JNT Express adalah salah satu jasa pengiriman express yang terbilang baru di Indonesia. Mereka muncul ke permukaan sebagai perusahaan jasa ekspedisi yang berbasis teknologi.
Sebagai upaya promosi, JNT Express pun sering melakukan kerja sama dengan situs-situs e-commerce besar di Indonesia. Tanpa tanggung mereka sering menawarkan pelayanan gratis ongkos kirim (bagi para pembeli) sampai dengan gratis jemput paket (bagi para penjual online).
Dibalik zaman yang semakin canggih, teknologi pengiriman barangpun semakin mudah. Jasa pengiriman barang cepatpun semakin marak dimana-mana, apalagi JNT yang semakin menguasai pasar jasa pengiriman atau yang biasa disebut jasa ekspedisi. Melihat perubahan budaya dari tradisional ke budaya modern yang mana lebih mengedepankan teknologi.Â
Dulu jasa ekspedisi hanya digunakan oleh personal saja, atau kegiatan-kegiatan dari sebuah lembaga yang memang sangat terbilang formal. Namun setelah adanya transformasi dari budaya tradisional ke modern, jasa ini menjadi faktor pendukung utama. Karena, sistem penjualan yang sudah berbasis online, menjadi alasan jasa ini semakin dibutuhkan.
JNT Express menjadi salah satu pilihan bagi warga milenial karena dengan berbagai pertimbangan. Banyak kelebihan dari jasa ekspedisi ini yang tidak dimiliki oleh jasa ekspedisi lain. Seperti halnya, fitur untuk melacak status pengiriman paket Anda dengan cek nomor resi di website sudah menjadi layanan standar yang disediakan perusahaan ekspedisi, termasuk JNT Express.Â
Namun, ketika melakukan pelacakan nomor resi, terkadang kita menemukan beberapa istilah pengiriman barang yang kurang dipahami. Untuk itu, JNT Express sudah mengkompilasi istilah yang sering ditemukan ketika melakukan pengecekan resinya. Berbeda dengan yang lain, istilah status paket JNT Express semuanya ditulis dalam Bahasa Indonesia. Sehingga mudah dipahami oleh siapapun.
Seperti istilah "Paket sudah diterima, Paket sudah sampai tujuan, Gateway, Sprinter, dan lain-lain" bahasa yang mudah dipahami membuat pengguna jasa ini semakin mudah untuk mengerti. Contohnya Gateway, istilah ini menunjukkan kode lokasi, dengan format (KODEKOTA_GATEWAY). Contohnya, SUB_GATEWAY yang berarti paket sedang berada di Surabaya sebagai gudang JNT Express. Paket kiriman di gudang ini akan disortir sebelum diteruskan.Â
JNT menggunakan daftar kode bandara di Indonesia sebagai referensi Gateway atau gudang porses sortir mereka. Ada juga Sprinter atau Sprinter sedang mengirim berarti dalam sistem JNT, Sprinter artinya kurir. Ini artinya paket telah tiba di Drop Point J&T daerah tujuan dan sedang dalam proses pengantaran oleh Sprinter. Nama Sprinter-nya juga akan tertera dalam hasil cek resi.
Lalu selain ada istilah yang mudah dipahami, ada juga kelebihan lain yang dapat dirasakan. JNT Express mampu menjangkau berbagai wilayah di Indonesia. Penyebaran konter JNT di seluruh wilayah Indonesia berbeda dengan jasa kurir lainnya. Bila yang umum, dalam satu kecamatan bisa ditemui satu atau dua konter dengan sistem franchise, maka JNT lebih fokus pada satu konter untuk satu kecamatan.Â
Mereka menggunakan sistem sentralisasi untuk distribusi dan penerimaan paket. Tempat tersebut dikenal dengan nama Drop Point. Fungsi dari drop point sendiri jelas sebagai penghubung baik menerima paket dari pengirim, mengoleksi paket dari sprinter atau kurir, sekaligus melakukan pengiriman paket. Dengan sistem satu konter satu kurir JNT Express pun mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, tanpa ada perantara. Artinya mereka memang berkomitmen langsung menyapa para konsumen.
JNT Express juga memiliki sistem pelacakan tepat waktu. Pada dasarnya, di era digital ini, semua jasa pengiriman sudah memiliki sistem pelacakan yang langsung terintegrasi dengan data base.Â
Kapan pun dan di mana pun kita sudah dapat mengecek nya via online. Hanya saja, untuk masalah pelacakan J&T Express ini lebih detil bila dibandingkan dengan yang lain. Mereka menawarkan sistem pelacakan yang disebut dengan "Real Time Tracking System". Artinya dari tiap drop point ke drop point kita bisa tahu keberadaan paket, bahkan durasi waktu sampai titik ke titik nya.
JNT Express beroperasi tanpa mengenal hari libur. Hari raya sekalipun jasa ekspedisi ini masih tetap bersedia melakukan pelayanan semaksimal mungkin. Meskipun tanggal merah, pengiriman juga pengambilan barang masih bisa dilakukan. Selain beroperasi di hari libur, JNT Express juga memiliki pelayanan hotline konsumen 24 jam tanpa henti. Bisa menghubungi call center JNT mereka di (021) 8066 1888. Hotlinenya juga bersedia dihubungi kapan saja termasuk hari libur.
Alur pendistribusian JNT itu kurang lebih seperti ini:
-- Saat paket telah keluar dari kargo dan sampai di daerah yang dituju, tanpa lama mereka akan membawa paket ke gateaway atau gudang penyimpanan guna dilakukan penyortiran tujuan masing-masing.
-- Selesai disortir, paket langsung dikirim ke drop point yang berada di setiap kecamatan tujuan tadi.
-- Setelah sampai di drop point, paket langsung dikirim oleh sprinter atau kurir ke alamat yang dimaksud tanpa lama.
Itulah salah satu pelayanan Extra Reguler yang dimaksud dari JNT Express.
Ada juga alasan mengapa memilih JNT bagi kaum milenial, jawaban sesuai fakta yang ada pelayanannya yang ramah dan hangat. Menjadi salah satu indikator bahwa jasa ekspedisipun harus memperhatikan masalah ini. Dengan keramahtamahan pelayan, para pengguna jasa ini semakin nyaman untuk selalu menggunakan jasa dari mereka.
JNT dimulai tepatnya pada tanggal 20 Agustus 2015. Pada hari itu secara resmi PT. Global Jet Express didirikan sekaligus meresmikan kantor pusatnya di pluit, Jakarta Utara. Meskipun perusahaan ini adalah perusahaan baru dibidang jasa pengiriman barang dan ekspedisi, namun JNT optimis akan menjadi jasa unggulan dan menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H