Mohon tunggu...
Rosalia Tri Wulandari
Rosalia Tri Wulandari Mohon Tunggu... Lainnya - Berproses dengan cara dan tujuan yang pasti

Mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ekonomi Kreatif Masa Depan Indonesia

22 Desember 2020   08:46 Diperbarui: 22 Desember 2020   08:50 657
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Konsep Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah sebauh konsep ekonomi yang menggabungkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide-ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dan didukung juga oleh keberadaan indsutri kreatif.

Munculnya ekonomi kreatif diawali dengan buku The Creative Economy : How People Make Money from Ides yang ditulis oleh Johs Howkins. Howkins melihat adanya gelombong ekonomi baru yang sedang melanda Amerika serikat. Gelom ekonomi baru ini memiliki aktivitas ekonomi yang di dasarkan oleh ide, gagasan, dan kreativitas.

Secara garis besar ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk mmebuat perekonmian bergerak maju. Sektor perekonomian juga dapat berkembang dengan pesat dikarenakan adanya konsep ekonomi kreatif ini. Era revolusi Industri 4.0 saat ini menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu strategi yang layak persaingan bisnis global, inovasi dan kreativitas akan terus menerus ditingkatkan agar meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui kapitalisasi ide kreatif.  Ekonomi kreatif juga memiliki beberapa ciri diantaranya ; pengembangannya bersifat terbuka dan unlimited, merupakan hasil kreasi intelektual, mampu membuat relasi dengan berbagi pihak, dan konsep yang dibangun bersifat sementara dan mudah tergantikan. 

Jenis-jenis ekonomi kreatifnya ini juga mencangkup banyak sekali bidang pekerjaan di Indonesia seperti Periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fashion, fotografi, seni pertunjukkan, dan sebagainya. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali suku dan budaya yang berbeda-beda. Hal ini dapat menjadikan Indonesia memiliki keunggulan yang jarang dimiliki oleh negara lain di dunia karena pemikiran dan sudut pandang yang berbeda-beda akan mampu menghasilkan ide-ide yang lebih bervariasi.

Ekonomi kreatif ini banyak memiliki manfaat bagi masyarakat luas. Konsep ekonomi kreatif ini dapat dilakukan oleh semua orang. Walaupun orang tersebut tidak memiliki "pendidikan" yang layak, konsep ekonomi kreatif ini tetap bisa direalisasikan.Hal tersebut dikarenakan ekonomi kreatif tidak berpatokan dengan ilmu pengetahuan saja tetapi lebih cenderung ke ide dan kreativitas orang tersebut. Membuka lapangan pekerjaan akan jauh lebih mudah dan ekonomi kreatif dapat meingkatkan ekonomi masyarakat luas.

B. Potensi Ekonomi Kreatif di Indonesia

Perubahan yang sangat besar pada berbagai tatanan kehidupan global akibat gelombang revolusi industri 4.0 dapat dilihat dari semakin berkembangnya kreativitas dan inovasi dengan pemanfaatan teknologi informasi yang mempengaruhi berbagai bidang kehidupan global salah satunya bidang ekonomi. Era revolusi industri 4.0 menjadikan ekonomi kreatif menjadi pilihan strategi untuk memenangkan persaingan global, dibuktikan dengan terus berkembangnya inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui kapitalisasi ide kreatif.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Mari Elka Pangestu saat ia menjabat, ia mengatakan bahwa ada 16 subsektor industri kreatif yang sudah dipetakan. Salah satunya yaitu kriya, fotografi, desain, interior, kuliner,musik, seni pertunjukan, serta film, animasi dan video. Sedangkan kata Penasehat Solo Creative City Network (SCCN) mengatakan khusus untuk tahun 2020 ini berpeluang berkembang adalah subsektor yang berkaitan dengan dunia digital, terkait juga dengan tren yang berkaitan dengan toko-toko maupun perusahaan yang memulainya dari kecil, dengan media-media seperti animasi, pembuatan film dan juga musik. Namun dilihat pada masa sekarang ini potensi paling besar terletak pada bidang kuliner, besarnya potensi kuliner diprediksi akan menjadi daya tarik bagi banyak pihak yang saat ini banyak diam dirumah dan serba melakukan semua pekerjaan dirumah saja mulai dari pelaku kuliner lama hingga generasi muda/milenial. Budaya juga merupakan salah satu potensi ekonomi kreatif karena sebuah proses kreatif yang mempunyai potensi kreatif, bukan saja membangun Indonesia melalui pembangunan infrastruktur tapi kita juga berupaya memperkuat identitas Indonesia sebagai satu bangsa satu bahasa dan satu tanah air. Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya. Hal tersebut dapat menjadi awalan untuk pertumbuhan ekonomi kreatif dan dapat bersaing di kancah global.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat ini yaitu Wishnutama, "Indonesia menjadi salah satu negara didunia yang diperhitungkan dalam bisnis ekonomi kreatif di tingkat dunia" maka Indonesia harus mengambil peran, terlebih PBB telah menyetujui tahun 2021 sebagai "International Year of Creative Economy for Sustainable Development" dimana Indonesia menjadi inisiator dalam resolusi tersebut. Setidaknya ada tiga subsektor ekonomi kreatif yang akan didorong untuk pasar global. "Ini perlu jadi perhatian dan pembinaan kita bagaimana subsektor musik, film, aplikasi dan game. Ini bukan hanya unggul di Indonesia, tetapi kita harus dapat berkompetensi juga di internasional." katanya. Ia akan memprioritaskan ketiga sektor tersebut, karena berkaca dengan Korea Selatan yang dapat menghasilkan devisa begitu besar dengan mengandalkan ketiganya. Kemudian, ketiga subsektor itu mempunyai daya ungkit yang besar sehingga mampu mendorong subsektor lainnya untuk bergerak. Dilihat juga pada saat tahun 2017 kontribusi ketiga subsektor prioritas tersebut kepada PDB yaitu sebesar Rp 1,8 triliun untuk film, Rp 4,8 triliun untuk musik dan Rp 19 triliun untuk aplikasi dan game. Wishnutama memberi contoh seperti halnya film yang secara otomatis kita juga dapat mempromosikan pakaian adat, destinasi wisata dan banyak hal yang berkaitan dengan Indonesia. Bersama kuliner, kriya dan fashion kita harapkan bisa lebih maju perkembangannya dan bisa berkontribusi ke ekonomi. Diharapkan ketiga subsektor tersebut dapat berkembang secara maksimal.

C. Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Seiring berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia membuat masyarakat mencoba untuk beradaptasi, baik dari segi pemanfaatan teknologi maupun sumber daya manusia. Terdapat tantangan-tantangan dalam industri kreatif di Indonesia, sebagai berikut.

1. Perubahan Teknologi

Seiring perkembangan zaman, turut diikuti oleh kemajuan teknologi yang berguna untuk meningkatkan efisiensi kerja, produktivitas dan kualitas produk. Dalam hal ini, pelaku ekonomi dituntut untuk beradaptasi dengan teknologi karena memiliki peluang yang besar dalam berkembangnya ekonomi kreatif. Permasalahannya adalah tidak semua pelaku ekonomi bisa memahami dan menggunakan teknologi yang ada, sehingga diharapkan agar pelaku ekonomi memiliki pengetahuan yang cukup agar tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi.

2. Kurangnya kesiapan SDM di Indonesia

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan investasi yang berharga dalam bagi setiap negara. Negara Indonesia memiliki SDM yang sangat berlimpah, tetapi masih belum digunakan secara optimal karena kurangnya kesiapan dari segi pengetahuan dan pelatihan. Maka dari itu, diperlukan pelatihan baik formal maupun informal dan lembaga pendidikan yang dapat menghasilkan masyarakat yang kreatif sehingga ekonomi kreatif bisa semakin berkembang dan berdampak positif terhadap perekonomian di Indonesia,

3. Pesaing dari Luar Negeri

Tantangan yang dihadapi dalam industri kreatif tidak hanya bersaing di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Apalagi SDM dari luar negeri yang bermunculan memiliki kualitas yang baik, seperti memiliki pengetahuan yang mumpuni, kreativitas yang tinggi, serta pemahaman mengenai penggunaan teknologi. Oleh karena itu tidak hanya pelatihan atau pendidikan saja yang perlu diasah dan dipelajari, namun penting bagi pelaku ekonomi untuk menciptakan ide-ide kreatif agar produk yang dihasilkan bisa setara atau bahkan melampaui produk luar negeri.

4. Rendahnya Apresiasi Masyarakat terhadap Produk Lokal

Sebagian masyarakat di Indonesia memiliki pandangan bahwa produk yang dihasilkan dari luar negeri lebih bergengsi dibanding dengan produk dalam negeri. Pandangan inilah yang membuat produk lokal jarang dikenali, padahal banyak produk-produk lokal yang tidak kalah bagus kualitasnya. Hal ini perlu diatasi lewat berkembangnya ekonomi kreatif diharapkan mampu membuat masyarakat Indonesia memiliki pandangan yang baru.

D. (Solusi) Peran Pemerintah

Setelah didapati berbagai jenis tantangan dan hambatan dalam pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia, diperlukan berbagai jenis solusi agar permasalahan tersebut dapat terselesaikan dan tidak memberikan dampak negatif yang signifikan bagi masyarakat. Untuk mendapatkan solusi yang tepat, dibutuhkan peran serta dari segala pihak yang berhubungan, salah satunya pemerintah. Peran pemerintah sangatlah penting dikarenakan segala hambatan yang ada, akan selalu berhubungan dari peran pemerintahan di dalam mengembangkan masyarakatnya. Pemerintah perlu memberikan kebijakan-kebijakan agar mampu mendorong rakyatnya sehingga kegiatan ekonomi kreatif yang ada dapat berjalan dengan baik. Yang dapat dilakukan oleh pihak pemerintahan yakni melakukan komunikasi publik seperti pada gubernur dan kepala daerah agar mampu mendorong rakyatnya mengembangkan ekonomi kreatif di daerahnya melalui penyuluhan maupun webinar. Bekerja sama dengan pihak-pihak terkait agar upaya yang diberikan dapat terlaksana dengan lancar. Melakukan pelatihan kepada rakyatnya juga dapat mengembangkan ekonomi kreatif di masyarakat sehingga rakyat yang awalnya belum memiliki kemampuan-kemampuan serta pemahaman mengenai ekonomi kreatif, dapat lebih memahami serta mendapatkan skill yang berguna agar pelatihan yang diberikan dapat terlaksana tanpa kendala.

Pengembangan lokasi pemasaran serta jaringan kreatif dalam kota merupakan peran penting lainnya yang dapat diberikan oleh pemerintah dalam aspek infrastruktur. Pemerintah juga memberikan bantuan langsung, seperti restrukturisasi kredit serta keringanan pajak dan retribusi agar dapat mengubah tantangan dan hambatan yang ada menjadi suatu peluang yang menguntungkan dan mengembangkan. Untuk menghadapi tantangan ekonomi di kemudian hari, pemerintah memiliki tiga strategi yang dapat dilakukan agar tidak terjadi pergolakan ekonomi di masyarakat. Pertama, pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui transformasi struktural agar mampu memperkuat permintaan domestik serta kinerja dari perdagangan internasional melalui ekonomi kreatif yang ada. Kedua, menjaga stabilitas ekonomi makro dengan cara menjaga harga domestik dan nilai tukar agar dapat lebih stabil dan kompetitif. Ketiga, meningkatkan inklusivitas ekonomi yang berkelanjutan agar mampu mengembangkan kebijakan ekonomi kreatif. Selain strategi tersebut, pemerintah juga berperan dengan memberikan kebijakan, yaitu mempercepat infrastruktur, mengembangkan sektor ekonomi potensial, mengembangkan sektor industri, sektor pertanian, dan sektor pariwisata.

E. Solusi Peran Masyarakat

Dengan segala tantangan para pelaku ekonomi kreatif, masyarakat pun dapat berperan aktif untuk ikut serta membangun ekonomi kreatif di negara Indonesia ini. Pengembangan teknologi yang belum optimal sebenarnya tidak terlalu menjadi penghalang karena bisa memanfaatkan sumber daya yang ada secara kreatif. Keterbatasan teknologi juga bisa diatasi dengan kemauan untuk belajar dan tidak alergi terhadap perkembangan jaman sehingga bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengembangkan pasarnya sendiri.

Pengembangan SDM ekonomi kreatif yang belum optimal juga dapat diatasi masyarakat dengan mengajarkan anak-anak untuk berpikir kritis dan kreatif sejak kecil. Sehingga pola pikirnya terasah dan bisa memberikan solusi bagi masalah-masalah yang ada. Dengan kebiasaan memberikan solusi inilah membuat anak bisa mengembangkan ide kreativitasnya.

Kurangnya apresiasi masyarakat bisa diatasi dengan memperkenalkan hasil produksi-produksi yang berkualitas. Produk berkualitas tinggi selain dilirik oleh masyarakat lokal juga bisa dilirik pasar dunia. Dengan produk yang berkualitas tinggi dan memasuki pasar dunia membuat apresiasi masyarakat terhadap ekonomi kreatif di Indonesia juga meningkat.

Sumber :

https://accurate.id/ekonomi-keuangan/pengertian-ekonomi-kreatif/ 

https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/memahami-konsep-ekonomi-kreatif-4503/

https://www.setneg.go.id/baca/index/ekonomi_kreatif_masa_depan_indonesia

https://qwords.com/blog/pengertian-ekonomi-kreatif-dan-contohnya/

https://www.suaramerdeka.com/news/ekonomi-dan-bisnis/234022-perlu-kebijakan-pemerintah-dorong-akselerasi-ekonomi-kreatif

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4115998/3-strategi-pemerintah-hadapi-tantangan-ekonomi-di-2020

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/24/070000069/5-kebijakan-pemerintah-untuk-mengatasi-masalah-ekonomi?page=all

https://www.neraca.co.id/article/122594/potensi-ekonomi-kreatif

https://www.setneg.go.id/baca/index/ekonomi_kreatif_masa_depan_indonesia

https://bisnis.tempo.co/amp/1380945/wishnutama-sebut-3-subsektor-ekonomi-kreatif-ini-paling-potensial-diekspor

https://m.bisnis.com/amp/read/20200117/536/1191231/potensi-ekonomi-kreatif-2020-ini-kata-akademisi

http://samudranesia.id/indonesia-memiliki-potensi-besar-dalam-bisnis-ekonomi-kreatif-di-dunia/

Penulis         :

  1. Adrianus Aryo Saputro                       (200907163)
  2. Made Abi Bramastha R.M.                 (200907172)
  3. Rosalia Tri Wulandari                         (200907178)
  4. Gabriella Nusaca Faladinda S          (200907183)
  5. Grishelda The                                         (200907187)

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI 

MATA KULIAH EKONOMI KREATIF

UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun