Zaman sekarang, cita-cita tidak hanya terpaku dengan pekerjaan yang dulu dianggap mapan dan menjanjikan. Zaman saya menuju dewasa, banyak yang bercita-cita ingin menjadi pilot, dokter, bankir dan bahkan mungkin presiden.
Kalau ada anak yang kebetulan saya tahu bercita-cita ingin menjadi presiden. Mungkin akan saya katakan kepadanya " Menjadi Presiden Itu Berat, Mungkin kamu tidak mampu. Biarkan Jokowi saja" Hehehe.
Zaman sekarang, dengan kemajuan teknologi banyak profesi baru yang muncul. Membuat aplikasi, berdagang online, data scientist dan yang tidak kalah serunya adalah youtuber. Mungkin beberapa profesi ini yang menjadi cita-cita anak zaman sekarang.
Sebuah riset yang dilakukan oleh Profesor Mathias Bartl dari University of Applied Science di Offenburg Jerman. Mengatakan bahwa 96,5% orang yang mencoba untuk menjadi youtuber memperoleh penghasilan yang berada di bawah garis kemiskinan di Amerika Serikat.
Satu dari tiga anak di Inggris yang berusia 6-17 tahun mengatakan kepada lembaga peneliti bahwa mereka ingin menjadi Youtuber profesional. Bagi saya ini berarti mereka tidak akan bekerja di sektor lain tetapi fokus pada pembuatan konten Youtube saja.
Riset profesor Bartl menunjukkan bahwa satu persen teratas pembuat konten, menghasilkan sekitar 2,2 juta penonton sampai dengan 42,1 juta di tahun 2016. Para jawara Youtube ini bisa memiliki penghasilan tambahan dari sponsor dan yang lainnya sehingga sulit untuk menghitung pengasilan pastinya.
Harga iklan di Youtube berubah-ubah dan tergantung dari beberapa faktor. Penelitian prof Bartl mengasumsikan harga iklan adalah 1 USD per 1000 penonton. Walaupun sebuah agensi iklan mengatakan bahwa dia pernah menemui harga iklan 0,35 USD per 1000 penonton tetapi ada juga yang bisa mencapai USD 5 Per 1000 penonton.
Kategori menentukan kesuksesan
Dapat dilihat di atas untuk tahun 2016, channel yang menyajikan berita dan politik sedang naik daun. Diikuti dengan channel komedi. Tetapi yang menarik adalah channel gaming cukup bisa bertahan stabil di tengah gempuran kategori lain.