Mohon tunggu...
Hobby

Content Creation

19 Juli 2018   14:28 Diperbarui: 19 Juli 2018   19:41 2049
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

CONTENT  CREATION

"Content creator itu lahir dari tren website dan social media, dan pekerjaan utamanya itu seperti namanya, yaitu membuat konten. Content creator adalah bagian dari sebuah tim kreatif yang terdiri darimisalnya penulis, ilustrator, fotografer, dan sebagainya."

Di era digital sekarang  kita disajikan dengan berbagai informasi bahkan  hingga overloads. Meskipun begitu kita tak kunjung bosan. Kita senang mengapresiasi sesuatu yang baru dan mengesankan.  Itulah kehebatan dari content creator. Layaknya gambar bunga yang semula biasa, paduan warnanya mampu mengubahnya menjadi indah. Begitupun juga dengan era digital, Selama ini yang membuat era digital begitu menarik tak lepas dari kreatifitas content creator. Lalu apa sebenarnya content creator itu?

Content Creation terdiri dari dua kata dalam bahasa inggris yaitu Content yang berarti konten dan Creation adalah pembuatan. Content Creation merupakan suatu karya yang dibuat Content Creator dalam bentuk audio, visual maupun teks melalui media digital atau internet. Saat ini Content Creation berupa audio visual lebih banyak digandrungi oleh para Content Creator. Platform yang sering digunakan adalah Youtube dan Media sosial seperti Instagram.

Content creator adalah bagian dari sebuah tim kreatif yang terdiri dari misalnya penulis, ilustrator, fotografer, dan sebagainya. Jadi dapat disimpulkan bahwa content creator adalah orang yang mampu menciptakan konten menarik.Seseorang bisa disebut sebagai content creator ketika ia mampu menciptakan konten yang bermakna bagi sekumpulan orang atau komunitas memiliki kekuatan yang besar (power). Content bisa menciptakan crowd. Selanjutnya crowd adalah bentuk yang sangat strategis bagi dunia sosial ataupun marketing.

Munculnya tren baru sebagai content creator dimana seseorang mampu menciptakan dengan kreatif dan otentik sebuah konten dianggap warga terhormat, bisa dikatakan adalah sebuah fenomena yang membanggakan bagi kita semua. Mengapa ? Karena bentuk apresiasi yang paling demokratis telah terjadi di era digital ini. Orang berlomba-lomba untuk menciptakan konten yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang. Sungguh penuh warna bukan ?

Tak sulit menjadi seorang content creator. Kita bisa memulainya dengan membuat blog pribadi dan membagikan pikiran, ide dan perasaan kita pada dunia. Kita juga bisa mengirimkan tulisan-tulisan atau artikel kita ke situs-situs atau milis-milis yang ada. Forum-forum di internet bertebaran sudah siap untuk menampung aspirasi kita. Intinya jangan hanya mengambil bahan, membaca dan men-download saja. Jika begitu status kita terbatas hanya menjadi consumer.

Menjadi content creator sangat mungkin tidak hanya sebatas hobi, tetapi bisa menjadi profesi. Bermula dari ketekunan, fokus pada minat dan mengasah ketrampilan dan kreatifitas, voila! Kita menjadi content creator tanpa terbatas usia, ras, latar belakang ekonomi maupun pendidikan. Kita bisa menjadi content creator di banyak sosial media. Misalnya saja Instagram, Line, dan yang sangat populer saat ini adalah YouTube.

Bagaimana "hasil" menjadi content creator ? Tak perlu cemas. Semakin hebat menjadi content creator, penghasilan lebih besar dari pegawai kantoran. Besarnya penetrasi internet di Indonesia seiring dengan perbaikan dan penambahan infrastruktur teknologi membuat para pelaku bisnis memiliki keleluasaan dalam memilih media dan format apa yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada konsumennya. Salah satu format yang saat ini menjadi favorit bagi pemilik merek adalah video.

Dalam pembuatan Content Creation, untuk menarik perhatian publik adalah dengan membuat kata kunci yang kuat sehingga orang - orang akan merasa penasaran dengan konten tersebut. Selain itu pastikan bahwa konten yang dibuat benar-benar buatan sendiri atau orisinil. Pada era modern saat ini Content Creation berupa audio visual sangat digemari dan menarik untuk dilihat, media sosial pun menjadi platform yang banyak digunakan para Content Creator salah satunya adalah instagram, banyak pengguna instagram membuat konten audio visual yang unik dan agar viral.

Bukan hanya untuk hiburan semata sebuah konten juga bisa dimanfaatkan untuk bidang bisnis, seperti membuat iklan dan brand yang unik agar diingat dalam benak masyarakat. Karena konten audio visual sangat digemari maka akan lebih efektif menggunakannya untuk branding produk. 

Media sosial adalah platform yang sangat populer untuk para Content Creator seperti Instagram dan Youtube. Para pembuat konten di Youtube biasa disebut Youtuber, konten yang mereka sajikan beragam ada yang bergenre jurnalistik dan hanya untuk hiburan. Setelah akun diverifikasi oleh Youtube, para Youtuber akan mendapat keuntungan selain ketenaran yaitu uang yang ia hasilkan dari subscribe akunnya.

Selanjutnya ada Instagram, media sosial ini sangatlah digandrungi masyarakat dari anak-anak sampai dewasa. Memang, pada era digital anak-anak sudah lihai dalam mengoperasikan telepon pintar sehingga tidak mengherankan banyak juga konten yang dibuat oleh anak-anak, walaupun ada dampak negatif dan positif dari fenomena ini. Konten yang bisa diupload di Instagram adalah audio visual dan tidak bisa hanya teks, Content Creator yang ada di Instagram biasa disebut Selebgram. Biasanya Selebgram memiliki ribuan bahkan jutaan folowers dan membuat konten yang membuat publik merasa tertarik untuk melihat dan memberikan like pada postingannya.

Konten yang bisa viral di Indonesia biasa diawali melalui media sosial, salah satu Content Creation yang saat ini viral adalah konten buatan Eka Gustiwana, ia mengaransemen musik dengan salah satu adegan di sinetron Indonesia sehingga menjadi sebuah lagu, dan hasil karyanya pun banyak yang menyukainya. 

Eka Gustiwana sendiri adalah komposer yang sebelumnya juga melakukan aransemen kalimat " Demi Tuhan" Arya Wiguna dengan musik dan karyanya pun viral di masyarakat karena karyanya yang unik dan menghibur. Begitu juga dengan para pembuat Meme yang sering menggunakan kata-kata lucu dengan gambar yang tidak biasa dan terkadang memiliki pesan tersirat menjadi tren di Instagram.

Content Creation juga membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten tersebut dibuat untuk media, terutama media digital seperti Youtube, Snapchat, Instagram dll.

Tugas Content Creation yaitu : 

1. Mengumpulkan ide, data, dan melakukan riset serta membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten

2. Menghasilkan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan

3. Berusaha memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuat konten Misalnya, tujuan promosi, edukasi, menghibur atau memberi informasi

4. Menyesuaikan konten dengan platform yang dipilih Dalam hal ini seorang content creator bisa menghasilkan karya untuk multi-platform. 

5. Mengevaluasi konten yang telah ditayangkan. 

Kemampuan Content Creation yaitu : 

1. Kelancaran Ide 

Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas). 

2. Penyusunan Informasi 

Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf,kata ,gambar,operasi matematika). 

3. Pemahaman Lisan 

Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang di sampaikan melalui kata dan kalimat lisan. 

4. Ekspresi Lisan 

Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan. 

5. Visualisasi 

Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelH dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian - bagiannya dipindahkan atau diatur ulang. 

6. Ekspresi Tertulis 

Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti. 

7. Orisinalitas 

Kemampuan untuk mendatangkan ide - ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara - cara kreatif dalam memecahkan masalah. 

Keterampilan Content Creation

a. Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yanh ditangani. 

b. Persuasi 

Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka. 

c.Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja. 

d. Kepekaan Sosial. 

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu. 

e. Berbicara 

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif. 

f. Menulis 

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens. 

Pengetahuan Content Creation yaitu : 

1. Komunikasi dan Media 

Pengetahuan tentang media produksi komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan mengjibur melalui tulisan ,lisan, maupun media visual. 

2. Desain 

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model. 

3.Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi dan tata bahasa. 

Apakah menurutmu profesi sebagai content creator akan mengalami titik jenuh? Yang pasti, bekerja sebagai content creator adalah pekerjaan yang asik karena sesuai dengan passion dan memang ketrampilan kita. Selalu menambah pengetahuan adalah hal wajib untuk menjadi content creator yang hebat.

Content Creation sensitif terhadap tren dan momen yang sedang populer di kalangan netizen adalah senjata mereka dalam memproduksi konten-konten populer di channel YouTube mereka.

Maraknya konten dalam bentuk video menurut Ben ini senada dengan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi audio visual termasuk televisi. Namun, Ben mengingatkan bahwa televisi tidak sama dengan YouTube. Cara-cara penjualan dengan pendekatan hard sale tidak akan berlaku dalam formula Youtube. “Penonton memiliki kebebasan dalam melewati iklan yang mereka saksikan,” kata Ben.Sebab itu, para pemilik merek membutuhkan content creator untuk menciptakan konten yang orisinal dan menarik.

Era YouTube telah menghadirkancontent creator yang memiliki pengikut setia hingga jutaan pengikut. YouTuber kini bisa menjadi profesi baru yang menjanjikan dan memang asik. Modalnya, mengandalkan kreativitas tanpa batas dalam menggarap konten menarik.

Maraknya konten dalam bentuk video menurut Ben ini senada dengan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi audio visual termasuk televisi. Namun, Ben mengingatkan bahwa televisi tidak sama dengan YouTube. Cara-cara penjualan dengan pendekatan hard sale tidak akan berlaku dalam formula Youtube. “Penonton memiliki kebebasan dalam melewati iklan yang mereka saksikan,” kata Ben.Sebab itu, para pemilik merek membutuhkan content creator untuk menciptakan konten yang orisinal dan menarik.

Sekarang ini perkembangan zaman diikuti pula dengan kemajuan teknologi. Tidak heran kebutuhan akan informasi yang berbasis digital, seperi visual dan teks semakin diperlukan. Kedua item itu merupakan ‘garda terdepan’ untuk menyampaikan informasi dengan tujuan menyampaikan suatu pesan tertentu. Ditambah lagi bukan rahasia umum jika internet menjadi wadah untuk menyampaikan pendapat dengan bebas.

Saat ini kebebasan berpendapat di internet menjadi salah kaprah. Bagi generasi muda, internet menjadi media yang sangat berpengaruh. Mulai dari mencari informasi yang up to date atau hanya mau nyinyir di akun haters artis, menjadi  kebutuhan bagi mereka yang disebut sebagai netizen. Untuk itu, generasi muda sebaiknya bisa menyaring mana saja informasi yang baik dan memberi dampak positif bagi mereka. Jangan sembarang mencomot informasi mentah-mentah.

Sebelum menelan bulat-bulat segala informasi yang disebar secara bebas di internet. Ada baiknya sebagai netizen, kita perlu membekali diri kita mengenal pemahaman yang sebenarnya mengenai informasi di internet yakni konten.

Dalam hal ini, salah satu hal penting yang menjadi modal dalam berselancar di internet adalah dengan mempelajari konten atau isi dari sebuah pesan yang disebarkan. Untuk itu, konten yang disiarkan melalui media internet haruslah baik dan mampu memberikan dampak positif bagi kehidupan.

Bahkan dari belajar memilih konten yang baik, kita juga bisa belajar untuk menciptakan konten sendiri lho. Selain mengasah kemampuan diri, dengan menciptakan konten kita bisa berbagi informasi sebagai manfaat untuk orang lain. Bila beruntung kita juga bisa mendapatkan keuntungan berupa materi dari sebuah konten. Buat kalian yang berminat untuk mempelajari tentang menciptakan konten, berikut adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Konten yang Dibuat Mengandung Informasi yang Dibutuhkan Orang

Hal terpenting dalam membuat konten adalah mengandung isi yang bermanfaat dan memang dibutuhkan sama banyak orang. Misalnya tips, tutorial, ataupun yang sifatnya news timeless. Kiranya apa yang ingin kita bagikan itu memiliki nilai untuk orang lain.

ini juga tak kalah penting! Konten yang akan di buat harus melewati serangkaian filter, jangan mencari viralitas aja. Apalagi dengan membuat konten hoax yang mengandalkan judul super bombastis. Memang betul dengan membuat konten yang sifatnya bombastis dapat menaikan pamor. Namun tetap harus hati-hati, sebab perlu diingat bahwa saat ini pelanggar terhadap UU ITE sudah diawasi.

Memilih konten yang sesuai passion

Jika ingin menjadi seorang content creator, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah konten apa yang ingin diberikan. Misalnya, konten beauty, gaming, lifestyle, entertainment, sport atau bahkan traveling. Better, pilih konten yang sesuai dengan passion yang dimiliki. Pasalnya, apapun yang dilakukan dengan passion akan menghasilkan sebuah karya yang bisa menginspirasi banyak orang.

Belajarlah dari para content creator yang sangat passionate dalam bidangnya. Mulai dari Abel Cantika yang memilih konten beauty, SkinnyIndonesian24 pada bidang entertainment hingga Reza Oktovian yang naik daun dengan konten gaming. Apakah Anda sudah menentukan konten yang sesuai passion?

Punya Karya yang Original

Ada banyak content creator dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Jika ingin memulai profesi ini dari 0 subscriber atau 0 followers, pastikan untuk memiliki karya yang original. Intinya jadilah diri sendiri saat berkarya, karena hal tersebut unik dan menarik. Carilah hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh content creator lainnya.

Konsisten Dalam Berkarya

Tantangan terberat bagi seorang content creator adalah bisa selalu konsisten untuk berkarya. Untuk menjaga konsistensi ini, mulailah untuk mengatur postingan dengan lebih teratur. Misalnya 1 video setiap minggu atau 4 kali posting foto di Instagram.

Content creator dituntut untuk selalu bisa multitasking dalam berbagai macam hal. Mulai dari hard skill dan juga soft skill. Ada banyak hal yang perlu dipelajari, mulai dari belajar menulis wording yang readable, belajar edit video yang menarik, belajar otak atik kamera, belajar dipotret, mengatur feed Instagram dan masih banyak yang lainnya.

Berbagai media yang disasar pun sangat luas, mulai dari YouTube, Instagram, Twitter, Facebook hingga Blog. Salah satu komponen yang penting bagi seorang content creator adalah memiliki foto-foto dengan kualitas baik untuk mendukung personal branding.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun