Mohon tunggu...
Rona Adianto
Rona Adianto Mohon Tunggu... Lainnya - Profesi untuk saat ini saya sedang berkuliah di Universitas Sangga Buana YPKP Bandung jurusan Ilmu Komunikasi 20

Hobi saya mendaki gunung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manajemen/Strategi Media Penyiaran Televisi dan Radio

26 Mei 2023   11:15 Diperbarui: 26 Mei 2023   11:27 385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sejarah media penyiaran dunia terbagi menjadi inovasi teknologi dan sejarah media penyiaran menjadi industri. penemuan gelombang radio hingga inovasi radio yang menjadi primadona militer dan pemerintahan dunia menjadi awal sejarah media penyiaran global. Stasiun radio muncul satu per satu dan akhirnya muncul radio jaringan yang pertama kali diprakarsai oleh National Broadcasting Company (NBC). Pada tahun 1930-an muncul radio FM yang memiliki kualitas suara lebih jernih dan indah. Tak lama kemudian, muncul format siaran radio pertama, yakni Top 40.

Konsep televisi lahir pada tahun 1884 oleh Paul Nipkow dari Jerman. Konsep ini disempurnakan oleh penemuan ikonoskop Vladimir Zworkyn yang dapat mengubah gambar optik menjadi sinyal listrik. Televisi pertama hadir pada tahun 1939 dan mengalami banyak perkembangan. Pada 1950-an, televisi berwarna muncul.

di Indonesia, penyiaran dimulai dengan berdirinya Batavia Radio Vereniging dan NIROM. Sebuah stasiun radio amatir di Indonesia berdiri pada tahun 1930 bernama NIVERA. Aktivitas radio dihentikan selama pendudukan Jepang. pada akhir tahun 1945 muncul organisasi PRAI (Persatoean Radio Amatir Indonesia) dan pada tahun 1952 muncul organisasi PARI (Persatuan Amatir Radio Indonesia). Radio banyak digunakan untuk berkomunikasi antar pulau, meskipun radio amatir telah dibekukan pemerintah (1952 -- 1965) dan dilanjutkan pembangunannya setelah runtuhnya Orde Lama pada tahun 1966.

Siaran televisi di Indonesia dimulai oleh TVRI pada tahun 1962 untuk siaran langsung hari kemerdekaan Republik Indonesia. TVRI bertahan selama 27 tahun sebelum televisi swasta lain akhirnya muncul.

Televisi dan radio memiliki berbagai karakteristik yang membedakannya dengan media cetak. Radio dapat didengarkan selama siaran, murah, elektrik, jangkauan luas. Televisi relatif mahal tetapi memiliki jangkauan yang luas dan dapat dilihat dan didengar pada saat yang bersamaan.

Penyiaran dibahas tentang teori komunikasi linier dan teori komunikasi sirkular. Ada teori tentang penonton yang dikelompokkan menjadi empat tujuan yaitu pengetahuan, hiburan, minat sosial dan eskapisme.

Media penyiaran tidak lepas dari spektrum frekuensi radio yang merupakan jalur perambatan sinyal dan gelombang elektromagnetik. Pemancar radio terdiri dari pemancar radio yang mempunyai frekuensi (AM (Amplitude Modulation), FM (Frequency Modulation) dan gelombang pendek) Pemancar televisi terdiri dari pemancar suara dan gambar. Penerima gelombang radio mengubah gelombang elektromagnetik menjadi gelombang suara. Standar penyiaran dunia dibagi menjadi 3 yaitu NTSC, PAL dan SECAM. Departemen teknik bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan teknik penyiaran. Departemen ini mencakup organisasi departemen lalu lintas dan teknik (manajer teknik, asisten manajer teknik, supervisor teknis, teknisi pemeliharaan, teknisi transmisi, teknisi audio/video, editor, teknisi master kontrol). Perumusan kebutuhan meliputi aspek produksi, aspek penyiaran dan aspek pendukung (termasuk persiapan alat).

Jenis stasiun penyiaran terdiri dari stasiun swasta, stasiun komunitas, stasiun luar negeri, stasiun publik dan stasiun langganan yang menggunakan operator DBS. Operator DBS memanfaatkan sumber program seperti program sendiri, televisi lokal, televisi khusus, televisi berbayar dan saluran bayar per program. Empat hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan penyiaran publik adalah peristiwa, taktik, pembelian, penjadwalan. Jangkauan siaran meliputi stasiun lokal, stasiun nasional, dan stasiun jaringan. Di Indonesia, sistem network station terdiri dari base station dan local station.

Manajemen penyiaran diperlukan untuk mencapai tujuan, menjaga keseimbangan, mencapai efisiensi dan efektifitas. Manajer dibagi menjadi manajemen tingkat bawah, menengah dan atas. Fungsi utama manajer berarti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Setiap media penyiaran harus mengetahui kebutuhan khalayaknya. menurut Kotler, terdapat seni manajemen untuk merebut pasar khalayak yang terdiri dari pemetaan segmentasi khalayak (demografis - gender, pendidikan, agama -, geodemografis, psikografis dan segmentasi geografis), targeting, dan positioning (bagaimana khalayak menempatkan suatu produk di dalam sendiri ) Media penyiaran juga harus memperhatikan sikap khalayak melalui pengamatan jumlah khalayak , khalayak yang terus menerus , arus khalayak , inersia perputaran , pengaruh demografis dan selera khalayak .

Program dibuat oleh bagian program yang bertugas menentukan dan menyelenggarakan acara dengan mempertimbangkan produk, harga, promosi dan tempat. Departemen program dipimpin oleh seorang manajer acara. Jenis acara televisi terdiri dari acara info (hard news, feature, soft news), hiburan (sinetron, permainan termasuk acara kuis dan reality show, musik). Jenis program radio terkait dengan karakteristik format siaran primer (adult contemporary, contemporary hit radio, all news/all talk) isu radio dapat berupa siaran langsung, siaran tunda. Percakapan dapat berupa acara tatap muka, diskusi panel, dan acara telepon. acara lainnya bisa berupa jingle radio dan radio infotainment.

seni manajemen program media penyiaran terdiri dari perencanaan program (meliputi rencana jangka pendek dan menengah, termasuk mengetahui target audiens serta kekuatan dan kelemahan stasiun televisi atau radio lain). Perencanaan acara didasarkan pada analisis dan seni manajemen acara termasuk analisis peluang, analisis kompetitif. maka harus dilaksanakan bauran acara yang terdiri dari produk (acara sebagai produk), harga (harga acara termasuk produksi pelabuhan), tempat (distribusi acara) dan promosi (proses promosi acara). Empat hal yang dapat mempengaruhi perencanaan acara adalah penonton, pengelola dan pemilik stasiun, pengiklan dan sponsor serta regulator. kemudian lanjutkan untuk membuat rencana dengan memutuskan audiens target, target pendapatan , tujuan acara, dan faktor . Asal acara dapat berupa asal acara itu sendiri maupun dari stasiun jaringan, stasiun lokal, rumah produksi dan pengiklan.

Produksi dan pembelian program dilakukan oleh manajer produksi di departemen produksi (hiburan dan non-hiburan). dalam produksi acara radio, ada direktur musik, manajer produksi, direktur berita, dan reporter. Pembelian program acara dapat dilakukan melalui tender. lalu yang terakhir berarti pelaksanaan program (membagi waktu siaran dan mengembangkan taktik penyiaran) dilanjutkan dengan evaluasi acara.

Bentuk program mirip dengan penguasaan format dan penguasaan bintang menentukan keberhasilan program. Elemen program yang sukses meliputi konflik, durasi, rasa, konsistensi, energi, dan tren.

Media penyiaran juga perlu melakukan penelitian penyiaran seperti penelitian sistematis, penelitian rating dan penelitian non-rating. Pengumpulan data dapat menggunakan telepon, catatan, alat pemantauan atau wawancara eksklusif. Sampel audiens mencakup sampel orang, momen, dan sikap . Penelitian radio terdiri dari penelitian tentang pilihan musik dan analisis gaya hidup.

Event marketing dilakukan oleh bagian marketing yang berhubungan dengan pengiklan. Kerugiannya termasuk biaya mahal, informasi terbatas, pandangan pendek, penghindaran dan area terbatas. Siaran iklan harus memperhatikan khalayak, partisipasi pengiklan, sponsor tunggal/bersama, iklan partisipasi, iklan kerjasama dan barter. waktu penayangan iklan meliputi permanen , saat eksklusif , peluang khusus , kesempatan pertama , dan preemptibility . taktik pemasaran memperhatikan pertumbuhan ekonomi dan peran biro iklan.

Promosi media penyiaran dilakukan melalui media sendiri, promosi program gosip, pemasangan iklan, media cetak dan penyiaran lainnya, billboard dan transit. Promosi penjualan, pekerjaan hubungan masyarakat, penjualan pribadi, pemasaran pribadi, dan kontes hadiah juga dapat membantu promosi.

Sumber: https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2022/04/27/strategi-dalam-media-penyiaran-radio-dan-televisi/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun