Mohon tunggu...
Romy Steven J
Romy Steven J Mohon Tunggu... guru komputer dan konsultan it -

Saat ini saya mengajar TIK SMA Negeri 2 Makassar dan juga menjadi konsultan IT dan programmer di beberapa perusahaan di kota Makassar. \r\n\r\nSaya ingin memperkuat salah satu pilar utama bangsa kita yaitu Pendidikan. Jika bisa menjadi guru yang berkarakter baik, maka akan menghasilkan generasi penerus yang juga berkarakter baik yang pada akhirnya akan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Memang sulit tapi PASTI BISA :)\r\n\r\nKunjungi juga web blog saya di www.pakgururomy.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Pengalaman Mengecewakan Belanja di MNC Shop

11 Februari 2014   11:27 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:56 27990
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sebenarnya saya tidak berniat menulis tulisan ini akan tetapi karena pelayanan konsumen sangat mengecewakan maka tulisan ini saya buat agar bisa menjadi pelajaran bagi calon pembeli di toko online yang berada di bawah perusahaan besar MNC Group.

Kronologi kejadian sbb:


  • Tanggal 6 Februari 2014 jam 12:32:19 saya membeli produk di www.mncshop.co.id menggunakan pembayaran BCA Klikpay (Sumber dana Kartu Kredit BCA). Setelah validasi BCA Klikpay, order di www.mncshop.co.id tidak ada.
  • Tanggal yang sama jam 17:06:09 saya coba transaksi lagi membayar dengan BCA Klikpay (Sumber dana Kartu Kredit BCA) dan terjadi hal serupa, order tidak ada.
  • Saya mencoba lagi di jam 17:08:17 menggunakan pembayaran BCA KlikPay (Kali ini saya menggunakan sumber dana Tabungan) dan hasilnya tetap sama, order tidak terdaftar di www.mncshop.co.id


Karena order tidak ada, otomatis barang tidak akan diproses. Tetapi saya kaget ketika mengecek rekening saya melalui E-Banking BCA, ternyata dana saya terpotong.

Saya menghubungi Halo BCA untuk konfirmasi dan pihak BCA menyatakan transaksi saya (2 kali transaksi menggunakan Kartu Kredit dan 1 kali menggunakan Tabungan) semuanya terdebet masuk ke www.mncshop.co.id.

Pihak BCA meninta saya mengkonfirmasi ke pihak merchant, sayapun segera menelepon Contact Center MNC Shop, dan Customer Service MNC Shop meminta saya mengirim email karena tidak bisa dilayani melalui telepon.

Saya pun mengirim email ke Contact MNC Shop, mempertanyakan soal kasus ini. Email balasan meminta saya mengirimkan bukti pembayaran KlikPay BCA. Sayapun mengirimkan lengkap dengan nomor-nomor transaksinya. Selanjutnya ada balasan dari pak Hadi mengkonfirmasi data alamat dan nomor telepon saya, dan menyampaikan bahwa proses refund harus menunggu rekening koran 2 hari setelah tanggal transaksi.

Tanggal 7 Februari 2014 saya mengirim email lagi mempertanyakan status transaksi saya, dan mendapatkan balasan bahwa uang memang benar sudah masuk tetapi harus menunggu rekening koran dulu. Kemudian pada email juga mereka sampaikan bahwa produk yang saya pesan sudah habis.

Nah disinilah saya menilai bahwa pihak MNC Shop sangat TIDAK PROFESIONAL. Mereka sudah tahu dana pelanggan sudah masuk tetapi tidak langsung melakukan proses refund. Mengapa harus menunggu rekening koran?

Saya sampaikan bahwa transaksi saya 3x dan gagal semua tetapi dana (menurut Halo BCA) sudah terpotong. Dan mereka membalas meminta nomor kartu kredit saya dan nomor rekening saya untuk proses refund.

Saya berpikir mereka benar-benar sudah akan merefund, akan tetapi sampai tanggal 10 Februari belum ada juga refund (Sudah 4 hari sejak tanggal transaksi)

Saya kembali mengirim email mempertanyakan proses refund dan DENGAN ENTENGNYA PIHAK MNC SHOP MENJAWAB bahwa mereka membutuhkan waktu paling lama 2 MINGGU untuk proses refund.

Mengapa menjadi tambah lama? Dana sudah terbukti terpotong tetapi proses refund lama sekali.

Saya sudah sangat sering melakukan transaksi di online shop lainnya menggunakan pembayaran BCA Klikpay dan tidak pernah mengalami masalah seperti ini.

Saya heran melihat toko online yang merupakan group dari perusahaan besar MNC Group bisa bersikap seperti ini kepada pelanggan. Bagi saya nilai dananya mungkin tidak seberapa dibandingkan KEBESARAN NAMA MNC GROUP tetapi yang menjadi masalah adalah:

Sistem dari MNC SHOP yang salah tetapi mengapa pelanggan yang dibuat repot dan menunggu begitu lama. Seharusnya ada sikap baik dari pihak MNC Shop untuk menghubungi pelanggan melalui telepon, tetapi sampai detik ini tidak ada bahkan mereka menolak ketika saya meminta mereka menghubungi saya via telepon.

Melalui media Kompasiana ini saya berharap jika ada pihak MNC SHOP ataupun MNC GROUP yang membaca, dapat segera menyelesaikan masalah ini SEGERA.

Dan sebagai catatan, sampai tulisan ini saya buat, belum ada 1 rupiahpun dana dikembalikan ke saya jadi kesannya pihak MNC memang benar-benar TIDAK BERTANGGUNGJAWAB dan TIDAK PROFESIONAL dalam menangani keluhan pelanggan.

Romy Steven J
Twitter: @pakgururomy

Update Perkembangan kasus ini:


  • Setelah saya mengirim link tulisan ini ke pihak MNC Shop, akhirnya Tanggal 11 Februari 2014, dana saya sudah direfund untuk 1 transaksi (Menggunakan Klikpay Debit BCA) dan akhirnya saya juga dihubungi via telepon. Sekarang saya masih menunggu proses refund 2 transaki saya (Menggunakan Kartu Kredit BCA)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun