Nama   : Bayu anggoro                                                                                  Â
NIM Â Â Â : 1471505709 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Fakultas : Ilmu Komunikasi                                                                             Â
Universitas Budi Luhur
Identitas buku
Judul           : Mitos jurnalisme
Penulis         : Dudi sabil iskandar dan Rini lestari
Penerbit        : CV ANDI
Jumlah halaman : 328 halaman
Isi  buku                                                                                                                            Â
BAGIAN 1 MITOS DALAM JURNALISME
DUA MAZHAB KOMUNIKASI Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Aliran semiotik memandang komunikasi dalam sebuah proses yang rumit. Menurut mazhab ini, komunikator tidak sesederhana perpindahan pesan dari komunikator ke komunikan. Proses komunikasi melibatkan budaya masing-masing elemen. Artinya, satu simbol tertentu akan dipandang berbeda oleh outhor dan reader.Semakain banyak persamaan budaya antara outhor dan reader kian terbuka terciptanya kesepahaman. Sebaliknya, semakin banyak perbedaan di antara kebudayaan komunikasi tidak berlangsung dengan sempurna. Aliran transmisi pesan sudah sejak awal mendominasi beragam teori jurnalisme kekinian, teori tentang pertukaran makna bukan pada penyampaian pesan tapi pada pertukaran makna.
 KONTRUKSI REALITAS SOSIAL                                                                                                                Â
Internalisasi adalah proses ketika masyarakat sebagai kenyataan subjektif menyiaratkan realitas objektif ditafsirkan secara subyektif oleh setiap individu. Dalam proses menafsirkan tersebut terjadilah internalisasi. Dengan demikian, internalisasi merupakan proses manusia ubtuk memasukan dunia yang dihuni bersama individu yang lain.
 KONTRUKSI REALITA MEDIA                                                                                                               Â
Media massa dengan segala perangkat dan kelengkapannya bukan lagi merupakan kebutuhan masyarakat kontemporer. Ia adalah urat nadu dan kesadaran. Tidak ada ruang hamoa yang terlepas dari pengarugh media massa, baik itu negatif atau postitif. Bahkan bisa dikatan media massa adalah suatu yang given.
BAHASA DAN KONTRUKSI REALITAS MEDIA Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Hakikat bahasa adalah bahasa penutur (lisan). Ia didengar bukan ditulis dan dilihat. Selainuntuk komunikasi, bahasa merupakan expresi dari sikap, pikiran, dan gagasan tang terpilih yang dilmiliki seseorang.
REPRENTASI MAKNA MEDIA Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Kat reprensetasi mununjukan pada penjelasan orang-orang yang membantu mendefinikasikan kekhasan kelompok-kelompok dan juga merujuk pada penggambaran perbagai prmukaan, ia pun menyabgkut makna-makna yang dikontruksi. Representasi menunjukan pada perbuatan makna. Maka tentang dunia dan makna tentang cara memahami dunia.
JURNALISME ONLINE Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Media mengalami beberapa tahap perubahan transformasi dan bahkan metamorfosis. Bermula dari surat kabar, buku, film, radio, televisi, dan internet. Media maasa yang terakhir, internet kemudian mempopulerkan istilah media baru (new media). Kehadiran internet selanjutnya mengubah secara derastis san dramatis perkembangan media massa.
MITOS JURNALISME SEBAGAI PILAR KEEMPAT DEMOKRASI Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
 Konglomerasi media di negeri ini sudah sangat lumrah. Selain konglomerasi medianya, keterlibatan dan afiliasi politik mereka juga yang menjadi persoalan besar bagi pengembangan dan perkembangan demokrasi di indonesia. Dengan begitu, media di Indonesia tidak independen dan tidak bisa menentukan dirinya sendiri sebagai media. Hal ini dikarenakan independensi adalah harga mati bagi sebuah media.
TEKS DAN WACANA PERSPEKTIF TEORI KRITIS Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Ada tiga kunci yang menjadi konsentrasi dalam penelitian yaitu teks, konteks dan wancana. Ada tiga strategi yang digunakan membuat wancana yaitu signing, framing,danpriming. Signing adalah penggunaan tanda-tanda bahasa, baik verbal maupun non verbal. Framing adalah pemilihan wacana berdasarkan pemihakan dalam berbagai aspek wacana. Sedangkan priming berarti mengatur ruang atau waktu untuk mempublikasikan wacana dihadapan khalayak.
SEMIOTIKA ROLAND BARTHES Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Semiotika adalah ilmu tentang tanda. Ada tiga pola yang ditemukan dalam mitos. Yakni, penanda, petanda, dan tanda. Meski begitu, mitos adalah suatu sistem yang janggal, karena ia dibentuk dari semiologi yang telah eksisi sebelumnya. Mitos merupakan sistem semiologis tatanan kedua.
BAGIAN II JURNALISME SEBAGAI MITOS
Apa jadinya jika jurnalisme yang berbasis data dan fakta menyajikan sesuatu yang metafisik (tidak faktual) ? secara sederhana jurnalistik serperti itu sudah runtuh dengansendirinya. ia bukan jurnalistik. Sesuatu yang  gaib (tidak ada) dalam pendekatan rasionalitis tidak bisa difaktakan. Penyebutan paranormal dan kekuatan gaib menunjukan pada sesuatu yang tidak bisa diverifikasi secara jurnalistik. Jadi tidak ada makna denotatifnya. Justru yang muncul adalah makna konotatif atau mitos tradisional. Meskipun demikian mitos yang paling kuat menurut Barthez adalah yang terletakpada makna denotasinya.
Kekuatan gaib yang disebut media ini menunjukan bahwa verifikasi fakta tidak bisa dilakukan. Sesuatu yang gaib tidak dapat diverifikasi. Bagaimana mungkin yang gaib bisa diverifikasi oleh jurnalistik. Padahal, gaib bukan sesuatu yang faktual. Sekali lagijurnalistik berbasis data dan fakta yang berangkat dari sebuah peristiwa (di alam faktual) bukan hasil penerawangan berbasis mist
KEKURANGAN BUKU Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Kalimat-kalimatnya bahasnya terlalu tinggi jadi susah dimengerti bagi seorang pemula (pelajar). Dan  kurangnya gambar atau foto pendukung. Terlalu banyak tulisan yang bisa membuat minat pembaca menjadi kurang.
KELEBIHAN BUKU Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Memberi tahu apa itu jurnalistik sebenarnya. Dan juga akurat karna didampingi oleh teori-teori. Pembahasannya cukup bagus. Tidak terlalu tebal atau banyak halaman bukunya.
KESIMPULAN Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Menurut saya setelah saya membaca buku mitos jurnalisme ini, buku ini sangat menarik karna membahas tetang mitos dalam konsep bukan horor. Dan buku ini juga sangat banayak memberi pelajaran yang belum kita ketahui.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H