Halo Sahabat edukasi,  perkenankanlah  saya berbagi info dalam mengidentifikasi aset yang ada di sekolah tempat saya berkarya, berinteraksi dengan rekan - rekan sejawat serta sahabat -sahabat  kecil yang lucu, menyenangkan, dan pastinya cerdas dalam rangka penugasan modul 3.2.a.7. Program Pendidikan Penggerak.
Dalam ekosistem sekolah, faktor biotik dan abiotik saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis. Adapun faktor biotik dan abiotik tersebut adalah seluruh warga sekolah, bangunan fisik, sosial, politik, alam, Â dll yang merupakan aset atau kekuatan yang dimiliki sekolah.Â
Jika kita memandang segala sesuatunya dari sisi kekurangan atau masalah maka kita akan disibukkan dan fokus pada  apa yang mengganggu, apa yang menjadi kekurangan dan apa yang tidak bekerja. Cara pandang negatif tersebut secara tidak disadari menjadikan kita buta terhadap potensi atau peluang yang ada di sekitar kita. Sebaliknya jika kita fokus pada hal-hal yang positif  yaitu  fokus pada kelebihan yang kita miliki, maka  kita telah menggunakan kekuatan tersebut  sebagai tumpuan berpikir. Memusatkan pada apa yang bekerja, apa yang menjadi  inspirasi dan potensi.
Setelah berkolaborasi bersama teman-teman satu kelompok untuk mengidentifikasikan berbagai  sumber daya yang berada di daerah  kecamatan Pamulang Tangsel, kali ini  CGP menerapkan pemetaan aset yang dimiliki sekolahnya dan menganalisa sejauh mana potensi kekuatan aset yang dimiliki sekolah tempatnya mengajar yaitu SDIT Al- Hikmah Pamulang. Â
Apa yang Kami kuasai?
Setelah Saya mempelajari Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya pada modul 3.2, maka Saya memahami bahwa ada  banyak kekuatan di sekitar kita yang bisa  dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung suksesnya  kegiatan belajar mengajar dengan fokus pada kekuatan yang kita miliki sendiri bukan pada kekurangan atau permasalahan. Dari pengetahuan yang Kami dapati bahwa pendekatan berbasis aset dapat membuka peluang dan potensi yang ada di sekitar kita. Â
Apa yang paling kami banggakan dari sekolah ini dan dari murid-murid kami?
Bila melihat ke belakang dimana SDIT Al- Hikmah Pamulang yang berdiri  pada tahun 2001 saat itu memiliki 1 orang guru, 1 karyawan TU, kepala sekolah ,9 orang peserta didik dan beberapa pendiri / pemrakarsa. Berkat kegigihan para perintis  SDIT Al Hikmah dalam meyakinkan para orang tua di sekitar sekolah untuk mempercayakan buah hatinya belajar di sekolah  ini, sedikit demi sedikit jumlah peserta didik SDIT Al-Hikmah Pamulang semakin bertambah. Jumlah  yang semakin banyak merupakan prestasi dari SDIT Al Hikmah dalam menerima kepercayaan  para orang tua untuk menyekolahkan putra putrinya.Â
Sikap dari guru- guru dan karyawan  yang ramah serta  perhatian, anak-anak yang cerdas, aktif, sopan, dan semangat  menjalankan ibadah sebagai  kegiatan sehari-harinya lah yang menjadikan salah satu kebanggaan dari sekolah kami.Â
Apa yang membuat kami unik?
Sekolah  mungil yang terletak di komplek Pondok Cabe Indah blok U-9 namun dapat mengoptimalkan lahan yang terbatas tersebut sebagai media pembelajaran, memiliki banyak tanaman, kolam ikan, sumur resapan, pembelajaran yang terintegrasi pendidikan Al- Quran, pendidikan  lingkungan hijau/ adiwiyata, pendidikan akademik maupun non akademik, warga sekolah yang kreatif, saling bersinergi, akrab satu dengan lainnya, pembelajar, cekatan, ramah dan santun, kepala sekolah yang bijaksana dan  membaur, serta  yayasan yang memberikan keleluasaan bagi warga sekolahnya untuk berkembang sesuai potensinya masing-masing sehingga berturut-turut SDIT Al-Hikmah meraih akreditasi A . Inilah yang  membuat  sekolah kami unik .
Kekuatan apa yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas sekitar?
Kekuatan yang kami miliki adalah  mampu menjalin hubungan baik dengan warga sekitar, saling menjaga ketertiban di lingkungan sekolah seperti kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar sekolah dengan warga, mengadakan santunan saling berbagi dengan masyarakat tidak mampu atau yatim sekitar sekolah, berkolaborasi dengan orang tua murid melalui perwakilan komite sekolah baik dalam mendampingi putra putrinya belajar di rumah, mendukung kegiatan sekolah, mendatangkan ahli dari lingkungan sendiri sebagai nara sumber pembelajaran demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas.Â
Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki yang lebih baik dari orang lain?
Melakukan perbaikan dari tahun ke tahun baik secara fisik maupun kompetensi guru-gurunya. Misalnya  menambah gedung baru untuk kegiatan administrasi baik ruang guru, ruang TU, kantor yayasan, tata usaha, ruang kelas, sarana kebersihan (toilet), mengikuti berbagai pelatihan dan  pendidikan bagi guru-gurunya.Â
Pemetaan Tujuh Kelompok Aset Sumber Daya yang Dimiliki SDIT Al-Hikmah
Modal Manusia
    SDIT Al Hikmah memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Adapun sumber dayanya sbb;
Yayasan yang visioner  selalu mendukung kegiatan sekolah, memberikan arahan serta merupakan  perpaduan yang saling melengkapi karena terdiri dari orang-orang yang berkompeten baik di bidang pendidikan, agama, maupun keuangan.
Kepala sekolah yang bijaksana, pendengar, ramah, peduli, memberikan keleluasaan warga sekolahnya  dalam berkreasi, peduli pada anak-anak serta dapat menciptakan suasana nyaman, damai yang bisa dirasakan oleh seluruh warga sekolah sekolah..
Tenaga pendidik yang berjiwa pembelajar, senang berbagi ilmu kepada teman-teman sejawat, saling berkolaborasi, sabar dan penyayang pada peserta didik, serta  berkompeten pada  bidangnya masing-,masing.
TU yang teliti, handal akan tanggung jawabnya,berkolaborasi dengan guru, serta menguasai iptek.
Security  yang lucu dan disukai anak-anak, cekatan dalam hal keamanan sekolah dan sekitarnya,  membaur  dengan warga sekitar sekolah.
Pramubakti yang cekatan, rajin, setia, santun dan ramah.Â
Peserta didik  yang aktif, cerdas sesuai kompetensinya masing-masing.
Orang tua murid yang selalu bersinergi siap mendukung program sekolah dan dapat menjadi narasumber pada salah satu program sekolah berdasarkan profesinya masing-masing, Â memiliki ikatan kekeluargaan serta saling membantu
Modal Sosial
    Modal sosial yang dimiliki SDIT Al Hikmah adalah:
Tata tertib yang mengatur segala perilaku warga sekolahnya baik sikap terhadap sesama warga sekolah maupun lingkungan sekitar sekolah. contohnya 5 S, jalur transportasi akses menuju sekolah  yang diatur oleh sekuriti sekolah, sikap guru dan peserta didik pada masyarakat sekitar sekolah, menjalankan prokes, dll.Â
Memiliki komunitas seperti KKG, komunitas CGP.
Melaksanakan pembiasaan setiap harinya untuk meningkatkan kedisiplinan dalam hal kesehatan maupun keagamaan.
Berkolaborasi dengan warga sekitar dalam hal kebersihan, santunan dhuafa maupun yatim.
Berkolaborasi dengan puskesmas setempat untuk kegiatan vaksinasi / BIAS
Â
Modal fisik
memiliki 12 ruang kelas + 1 ruang kelas tahun ajaran baru.
laboratorium komputer, perpustakaan, tata usaha, masjid
toilet, tempat wudhu, tempat cuci tangan.
taman, kolam ikan, parkiran motor, berbagai tanaman.
ruang guru, TU, kepala sekolah, waka, kantor yayasan.Â
sumur resapan, saluran air, jalanan yang halus dan mudah diakses.
jaringan internet, ac, media pembelajaran, pulsa dan sarana belajar lainnya.
Â
Modal Lingkungan / Alam
Sirkulasi udara yang bersih dan segar  karena sekolah ini mempunyai taman serta pohon perindang sebagai paru-paru sekolah dan otomatis pula sebagai paru -paru komplek. Selain dapat membuat udara bersih dan segar, pohon perindang tersebut dapat mendatangkan burung-burung liar yang berterbangan di area sekolah sehingga keberadaan burung-burung liar tersebut dapat menjadi  media pembelajaran peserta didik  yang sekarang sudah jarang kita jumpai  terlebih lagi di tengah kota.  Lingkungan sekolah yang terletak di  tengah komplek pondok cabe Indah membuat belajar menjadi nyaman karena jauh dari bisingnya  kendaraan dan debu.
Modal Finansial
Dana BOS yang diberikan oleh pemerintahan pusat, Sumbangan Pembinaan Pendidikan ( SPP), dan Tata Usaha.
Modal Politik
Bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten,
Bersinergi dengan kepada desa setempat dan kecamatan Pamulang baik kerjasama dalam bidang kesehatan, pendidikan, dll.
Modal agama dan Budaya
Masjid yang terletak di lingkungan sekolah
Pengurus Yayasan Masjid Al- Hikmah yang merupakan tokoh - tokoh agama.
Guru Al-quran dan agama yang berkompeten di bidangnya.
Disiplin menjalankan ibadah sehari-hari dengan kesadaran sendiri baik pendidik maupun peserta didik.
Ekstrakurikuler diantaranya menari daerah sebagai bentuk melestarikan budaya daerah yang ada di Indonesia
Demikianlah hasil pemetaan aset yang ada di SDIT Al-Hikmah tentunya dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya sebagai kekuatan yang ada di sekolah kami.Â
Semoga dengan mengoptimalkan semua aset yang ada dilingkungan sendiri, warga  sekolah menjadi lebih mandiri dalam berkarya dan  tercapai tujuan belajar  yang berpihak kepada murid.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H