Menyusun Best Practices
Â
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam
Pembelajaran
Puji Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan YME  atas berkatNya  laporan  best practice  dengan tujuan pembelajaran "Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran menggunakan PBL , peserta didik mampu menganalisis generic structure, language features dan menyusun kalimat acak Analytical Exposition text."dapat diselesaikan sesuai rencana. Penulis juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak yang terkait baik itu Dosen,guru pamong dan teman-teman sejawat yang telah mendukung saya dalam membuat laporan best practice ini, yang mana laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas LK.3.1 pada PPL PPG Daljab tahap 3 tahun 2023.
Latar belakang masalah
    Penulis telah mengidentifikasi permasalahan yang ditemui selama mengajar diantaranya : 1). Media pembelajaran yang kurang menarik yang menyebabkan kurangnya efektivitas proses pembelajaran 2). model pembelajaran yang digunakan kurang tepat 3).kurangnya kemampuan  peserta didik dalam memahami dan menganalisis text analytical exposition.
Berdasarkan permasalahan diatas yang paling mendasar adalah kurangnya kemampuan peserta didik memahami dan menganalisis analytical exposition text.
Untuk itu upaya yang dilakukan adalah dengan menyajikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, dengan menggunakan metode "Problem Based Learning " dan proses pembelajaran berpusat pada siswa yang terintegrasi dengan TPACK
Tantangan untuk mencapai tujuan
Dari hasil wawancara dan kajian litaratur, penyebab mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai terdapat beberapa tantangan 1).Saya membutuhkan waktu yang banyak dalam merancang dan menyiapkan  media pembelajaran 2).metode pembelajaran yang masih monoton 3).Peserta didik kesuliatan  menyelesaikan tugas tugasnya pada LKPD yang telah diberikan.pihak yang terkait dalam proses pembelajaran ini adalah guru, rekan sejawat sebagai alternatif solusi dan terkait keberhasilan proses belajar, tentunya melibatkan peserta didik.
Langkah penyelesaian masalah
Dalam menyelesaikan permasalahan penulis melakukan beberapa langkah : 1.)menerapkan model pembelajaran Problem  Based Learning (PBL) mulai dari merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan HOTS, LKPD   yang menarik,  2). media pembelajaran power point, youtube, dan laptop dalam pembelajaran.(TPACK) .proses pembuatan di media Canva 3).meningkatkan kemampuan dalam menganalisis generic structure dan unsur kebahasaan serta menyusun kalimat acak analytical exposition text . Strategi yang dilakukan dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Refleksi hasil dan dampak
Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi pembelajaran bahwa model pembelajaran PBL
sangat efektif dan berdampak positif bagi peserta didik. Hal tersebut dapat terlihat dari antusiasme peserta didik dalam pembelajaran dan juga peningkatan kemampuan dalam menganalisis analytical exposition text peserta didik. Pemilihan model pembelajaran PBL  dapat menumbuhkan  kemampuan peserta didik untuk berfikir kritis. Pemilihan metode sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada saat proses pembelajaran.Penggunaan media pembelajaran video youtube, powerpoint. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini sangat senang. Hal ini dibuktikan dengan lembar refleksi yang dibagikan kepada peserta didik. dan media pembelajarannya menarik dan mudah dipahami.
https://youtu.be/jal8SFeHSwo?si=Ei12nha1_5RfdmHO
Daftar pustaka :  Atthaphong Phiwhlaung (2022)The Development of Analytical Reading Skills and Problem-Solving   Skills of First-Year Students on Problem Based Learning (Pbl)