Mohon tunggu...
Rolli Mariana Siahaan
Rolli Mariana Siahaan Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya sebagai konten creator dan seorang guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice : Pengaplikasian Model Pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan menganalisis Analytical Exposition Text Pada peserta didik Fase F

6 Februari 2024   10:19 Diperbarui: 20 Februari 2024   14:52 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam

Pembelajaran

Puji Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan YME  atas berkatNya  laporan  best practice  dengan tujuan pembelajaran "Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran menggunakan PBL , peserta didik mampu menganalisis generic structure, language features dan menyusun kalimat acak Analytical Exposition text."dapat diselesaikan sesuai rencana. Penulis juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak yang terkait baik itu Dosen,guru pamong dan teman-teman sejawat yang telah mendukung saya dalam membuat laporan best practice ini, yang mana laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas LK.3.1 pada PPL PPG Daljab tahap 3 tahun 2023.

Latar belakang masalah

        Penulis telah mengidentifikasi permasalahan yang ditemui selama mengajar diantaranya : 1). Media pembelajaran yang kurang menarik yang menyebabkan kurangnya efektivitas proses pembelajaran 2). model pembelajaran yang digunakan kurang tepat 3).kurangnya kemampuan  peserta didik dalam memahami dan menganalisis text analytical exposition.

Berdasarkan permasalahan diatas yang paling mendasar adalah kurangnya kemampuan peserta didik memahami dan menganalisis analytical exposition text.

Untuk itu upaya yang dilakukan adalah dengan menyajikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, dengan menggunakan metode "Problem Based Learning " dan proses pembelajaran berpusat pada siswa yang terintegrasi dengan TPACK

Tantangan untuk mencapai tujuan

Dari hasil wawancara dan kajian litaratur, penyebab mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai terdapat beberapa tantangan 1).Saya membutuhkan waktu yang banyak dalam merancang dan menyiapkan  media pembelajaran 2).metode pembelajaran yang masih monoton 3).Peserta didik kesuliatan  menyelesaikan tugas tugasnya pada LKPD yang telah diberikan.pihak yang terkait dalam proses pembelajaran ini adalah guru, rekan sejawat sebagai alternatif solusi dan terkait keberhasilan proses belajar, tentunya melibatkan peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun