Dalam proses pembelajaran yang telah saya lakukan untuk penilaian sikap menggunakan lembar penilaian saat kegiatan diskusi berlangsung dan juga dari penilaian antar teman. Penilaian pengetahuan dengan menggunakan test tertulis pada pertemuan ke-2 LKPD 1 & 2 dan test tertulis pada pertemuan ke-3 LKPD 1,2 & 3 (students' orksheet ). Dan untuk penilaian keterampilan dengan menggunakan  LKPD 3 projek dengan rubrik penilaian projek. Setiap pendidik melakukan penilaian yang dimaksudkan untuk memberikan pengakuan terhadap hasil belajar setelah proses pembelajaran selesai
Berdasarkan hasil belajar dapat diketahui bahwa :
- Nilai sikap pada peserta didik adalah 55% predikat A dengan jumlah 11 siswa, 25% Â predikat B dengan jumlah 5 sisa, 20 % predikat C dengan jumlah 4 siswa. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa rata -- rata peserta didik memiliki sikap yang baik mandiri, gotong royong , kerjasama. Â Data bisa dilihat dari tabel dibaah ini:
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor
1
Mandiri
Peserta didik  selalu melaksanakan tugas dan  keajiban yang seharusnya dilakukan
4
Peserta didik sudah melaksanakan tugas dan keajiban yang seharusnya dilakukan
3
Peserta didik kadang- kadang melaksanakan tugas dan keajiban yang seharusnya dilakukan
2
Peserta didik belum melaksanakan tugas dan keajiban yang seharusnya dilakukan
1
2
Gotong royong
Peserta  didik sangat mampu bekerjasama dalam diskusi bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang
4
Peserta  didik mampu bekerjasama dalam diskusi bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang
3
Peserta didik mulai mampu bekerjasama dalam diskusi bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang
2
Peserta    belum mampu  bekerjasama dalam  diskusi  bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang
1
3
Berfikir kritis
Sisa selesai  membuat laporan diskusi sebelum aktu  yang ditentukan
4
Sisa selesai  membuat laporan diskusi tepat pada
aktu yang   ditentukan
3
Sisa selesai     membuat laporan diskusi setelah
1-2 menit dari aktu yang   ditentukan
2
Sisa selesai membuat laporan diskusi setelah 3 Menit dari aktu yang   ditentukan
1
Nilai maksimal
12
Â
Interval Nilai
Predikat
Keterangan
93 -- 100
A
Amat Baik
84 -- 92
B
Baik
75 -- 83
C
Cukup
> 75
D
Kurang
Penilaian Sikap
Daftar Nilai Sikap
SMA N 9 Tanjung Jabung Timur
Tahun Pelajaran 2023-2024
Bidang Studi  : Bahasa Inggris
Kelas        : Kelas XI F 3
Materi       : Procedure Text
Â
- Penilaian Sikap
No.
Â
Nama Siswa
Nilai Sikap
Jumlah
Nilai
Angka
Predikat
Mandiri
Gotong
royong
Berfikir kritis
1.
Amelia
4
4
4
12
100
A
2.
Anggun Maharani.S
4
4
4
12
100
A
3.
Ardiansyah
4
4
3
11
91
B
4
Clarisa Putri Kanaya
4
4
4
12
100
A
5
Davi alvarizi
3
4
3
10
80
C
6
Dea Erma suryani
4
4
4
12
100
A
7
Destania Rahma
4
4
3
11
91
C
8
Ersa Afrila Husniah
4
4
4
12
100
A
9
Farida
4
4
4
12
100
A
10
Fatimah
3
4
4
11
91
B
11
Junaida
4
4
4
12
100
A
12
Kartini
4
3
4
11
91
B
13
M .Aldo
4
4
4
12
100
A
14
M .Zaid
4
4
3
11
91
B
15
M. Rafli
4
4
3
11
91
C
16
M.Hamdan
4
4
3
11
91
B
17
M.saiful
3
3
3
9
75
C
18
Muhammad Danil
4
4
4
12
100
A
19
Novianti
4
4
4
12
100
A
20
Nur Intan
4
4
4
12
100
A
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Kesimpulan :
Predikat A Â Â Â = Â 11 Â Â = Â 55 %
Predikat B Â Â Â = Â 5 Â Â Â = Â 25 %
Predikat C Â Â Â = Â 4 Â Â Â = Â 20 %
Predikat K Â Â Â = -
- Nilai Pengetahuan
- Berdasarkan hasil belajar dapat diketahui nilai -- nilai pengetahuan siswa dalam mengerjakan LKPD 1 dan 2 ( students' worksheet 1 ,2, & 3 ) adalah 100% diatas KKTP Â yaitu 75 dengan jumlah 20 siswa. Nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 68. Data bisa dilihat dari tabel dibawah ini :
Daftar Nilai Pengetahuan
Tahun Pelajaran 2023-2024
Bidang Studi  : Bahasa Inggris
Kelas        : Kelas XI F 3
Materi       : Procedure Text
 KKTP           : 75                                                                     Â
Â
No
Â
Nama peserta didik
Evaluasi
Â
Rata-Rata
Â
KET
Pertemuan ke 2Â
Pertemuan ke-
          3
LKPD 1
LKPD 2
LKPD 1
LKPD 2
LKPD 3
1
Amelia
80
62
80
57
100
75.8
Tuntas
2
Anggun Maharani.S
60
100
60
100
100
84
Tuntas
3
Ardiansyah
80
62
40
100
100
76.4
Tuntas
4
Clarisa Putri Kanaya
100
87
80
71
100
87.6
Tuntas
5
Davi alvarizi
60
75
75
71
100
76.2
Tuntas
6
Dea Erma suryani
60
75
80
60
100
75
Tuntas
7
Destania Rahma
60
62
80
71
100
74.6
Tuntas
8
Ersa Afrila Husniah
80
87
60
100
100
85.4
Tuntas
9
Farida
60
62
80
100
100
80.4
Tuntas
10
Fatimah
80
60
60
75
100
75
Tuntas
11
Junaida
60
87
60
85
100
78.4
Tuntas
12
Kartini
60
75
40
100
100
75
Tuntas
13
M .Aldo
60
62
80
85
100
77.4
Tuntas
14
M .Zaid
60
75
80
85
100
80
Tuntas
15
M. Rafli
60
75
71
75
100
76.2
Tuntas
16
M.Hamdan
80
75
80
71
100
81.2
Tuntas
17
M.saiful
80
50
60
50
100
68
Tidak tuntas
18
Muhammad Danil
60
75
80
85
100
80
Tuntas
19
Novianti
60
75
80
100
100
83
Tuntas
20
Nur Intan
80
100
80
100
100
92
Tuntas
JumlahÂ
Rata -rata
Nilai tertinggi
Nilai Terendah
Jumlah Peserta dididk yang tuntasÂ
Jumlah peserta didik yang tidak tuntasÂ
1581,6
Â
79,08
Â
92
Â
68
Â
19
Â
1
Â
- Nilai Ketrampilan
- Berdasarkan hasil belajar dapat diketahui nilai -- nilai keteramplan  siswa dalam mengerjakan LKPD 3 yaitu berupa projek  membuat procedure text dengan menggunakan aplikasi canva  dengan jumlah  20  peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok,  nilai predikat A kelompok 2,3 & 5  dengan nilai 95 , predikat B  kelomppok 1 & 4 dengan nilai 85  , bisa dilihat dari tabel dibawah ini :  Â
Interval Nilai
Predikat
Keterangan
93 -- 100
A
Amat Baik
84 -- 92
B
Baik
75 -- 83
C
Cukup
> 75
D
Kurang
Dari perolehan siswa yang telah mencapai KKTP  dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan yaitu siswa dapat membuat text procedure dengan menggunakan aplikasi canva yang berkaitan dengan penggunaan manual teknologi Dengan pelaksanaan Metode projek  Based Learning ( PJBL ) dapat membantu peserta didik memberikan informasi sebanyak -- banyaknya dan dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berfikir.
Untuk memecahkan berbagai masalah dalam penilaian, guru harus melewati berbagai cara seperti meningkatkan pemahaman mereka tentang berbagai metode penilaian termasuk metode yang memungkinkan pengukuran secara akurat. Guru dapat bekerjasama dengan rekan guru untuk berbagi pengalaman dan ide tentang penilaian yang efektif. Menerapkan penilaian formatif secara rutin dalam proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik berkelanjutan siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H