Mohon tunggu...
Rolli Mariana Siahaan
Rolli Mariana Siahaan Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya sebagai konten creator dan seorang guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cara Menganalisis Assesment Pembelajaran

3 Januari 2024   17:38 Diperbarui: 3 Januari 2024   17:54 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam proses pembelajaran yang telah saya lakukan untuk penilaian sikap menggunakan lembar penilaian saat kegiatan diskusi berlangsung dan juga dari penilaian antar teman. Penilaian pengetahuan dengan menggunakan test tertulis pada pertemuan ke-2 LKPD 1 & 2 dan test tertulis pada pertemuan ke-3 LKPD 1,2 & 3 (students' orksheet ). Dan untuk penilaian keterampilan dengan menggunakan  LKPD 3 projek dengan rubrik penilaian projek. Setiap pendidik melakukan penilaian yang dimaksudkan untuk memberikan pengakuan terhadap hasil belajar setelah proses pembelajaran selesai

Berdasarkan hasil belajar dapat diketahui bahwa :

  • Nilai sikap pada peserta didik adalah 55% predikat A dengan jumlah 11 siswa, 25%  predikat B dengan jumlah 5 sisa, 20 % predikat C dengan jumlah 4 siswa. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa rata -- rata peserta didik memiliki sikap yang baik mandiri, gotong royong , kerjasama.  Data bisa dilihat dari tabel dibaah ini:

No

Aspek yang dinilai

Kriteria

Skor

1

Mandiri

Peserta didik  selalu melaksanakan tugas dan  keajiban yang seharusnya dilakukan

4

Peserta didik sudah melaksanakan tugas dan keajiban yang seharusnya dilakukan

3

Peserta didik kadang- kadang melaksanakan tugas dan keajiban yang seharusnya dilakukan

2

Peserta didik belum melaksanakan tugas dan keajiban yang seharusnya dilakukan

1

2

Gotong royong

Peserta  didik sangat mampu bekerjasama dalam diskusi bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang

4

Peserta  didik mampu bekerjasama dalam diskusi bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang

3

Peserta didik mulai mampu bekerjasama dalam diskusi bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang

2

Peserta      belum mampu  bekerjasama dalam   diskusi  bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang

1

3

Berfikir kritis

Sisa selesai  membuat laporan diskusi sebelum aktu  yang ditentukan

4

Sisa selesai   membuat laporan diskusi tepat pada

aktu yang     ditentukan

3

Sisa selesai        membuat laporan diskusi setelah

1-2 menit dari aktu yang    ditentukan

2

Sisa selesai membuat laporan diskusi setelah 3 Menit dari aktu yang     ditentukan

1

Nilai maksimal

12

 


Interval Nilai

Predikat

Keterangan

93 -- 100

A

Amat Baik

84 -- 92

B

Baik

75 -- 83

C

Cukup

> 75

D

Kurang

Penilaian Sikap

Daftar Nilai Sikap

SMA N 9 Tanjung Jabung Timur

Tahun Pelajaran 2023-2024

Bidang Studi   : Bahasa Inggris

Kelas               : Kelas XI F 3

Materi             : Procedure Text

 

  • Penilaian Sikap

No.

 

Nama Siswa

Nilai Sikap

Jumlah

Nilai

Angka

Predikat

Mandiri

Gotong

royong

Berfikir kritis

1.

Amelia

4

4

4

12

100

A

2.

Anggun Maharani.S

4

4

4

12

100

A

3.

Ardiansyah

4

4

3

11

91

B

4

Clarisa Putri Kanaya

4

4

4

12

100

A

5

Davi alvarizi

3

4

3

10

80

C

6

Dea Erma suryani

4

4

4

12

100

A

7

Destania Rahma

4

4

3

11

91

C

8

Ersa Afrila Husniah

4

4

4

12

100

A

9

Farida

4

4

4

12

100

A

10

Fatimah

3

4

4

11

91

B

11

Junaida

4

4

4

12

100

A

12

Kartini

4

3

4

11

91

B

13

M .Aldo

4

4

4

12

100

A

14

M .Zaid

4

4

3

11

91

B

15

M. Rafli

4

4

3

11

91

C

16

M.Hamdan

4

4

3

11

91

B

17

M.saiful

3

3

3

9

75

C

18

Muhammad Danil

4

4

4

12

100

A

19

Novianti

4

4

4

12

100

A

20

Nur Intan

4

4

4

12

100

A

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan :

Predikat A      =  11    =  55 %

Predikat B      =  5      =   25 %

Predikat C      =  4      =   20 %

Predikat K      = -

  • Nilai Pengetahuan
  • Berdasarkan hasil belajar dapat diketahui nilai -- nilai pengetahuan siswa dalam mengerjakan LKPD 1 dan 2 ( students' worksheet 1 ,2, & 3 ) adalah 100% diatas KKTP  yaitu 75 dengan jumlah 20 siswa. Nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 68. Data bisa dilihat dari tabel dibawah ini :

Daftar Nilai Pengetahuan

Tahun Pelajaran 2023-2024

Bidang Studi   : Bahasa Inggris

Kelas               : Kelas XI F 3

Materi             : Procedure Text

 KKTP                    : 75                                                                                                                                         

 

No

 

Nama peserta didik

Evaluasi

 

Rata-Rata

 

KET

Pertemuan ke 2 

Pertemuan ke-

                    3

LKPD 1

LKPD 2

LKPD 1

LKPD 2

LKPD 3

1

Amelia

80

62

80

57

100

75.8

Tuntas

2

Anggun Maharani.S

60

100

60

100

100

84

Tuntas

3

Ardiansyah

80

62

40

100

100

76.4

Tuntas

4

Clarisa Putri Kanaya

100

87

80

71

100

87.6

Tuntas

5

Davi alvarizi

60

75

75

71

100

76.2

Tuntas

6

Dea Erma suryani

60

75

80

60

100

75

Tuntas

7

Destania Rahma

60

62

80

71

100

74.6

Tuntas

8

Ersa Afrila Husniah

80

87

60

100

100

85.4

Tuntas

9

Farida

60

62

80

100

100

80.4

Tuntas

10

Fatimah

80

60

60

75

100

75

Tuntas

11

Junaida

60

87

60

85

100

78.4

Tuntas

12

Kartini

60

75

40

100

100

75

Tuntas

13

M .Aldo

60

62

80

85

100

77.4

Tuntas

14

M .Zaid

60

75

80

85

100

80

Tuntas

15

M. Rafli

60

75

71

75

100

76.2

Tuntas

16

M.Hamdan

80

75

80

71

100

81.2

Tuntas

17

M.saiful

80

50

60

50

100

68

Tidak tuntas

18

Muhammad Danil

60

75

80

85

100

80

Tuntas

19

Novianti

60

75

80

100

100

83

Tuntas

20

Nur Intan

80

100

80

100

100

92

Tuntas

Jumlah 

Rata -rata

Nilai tertinggi

Nilai Terendah

Jumlah Peserta dididk yang tuntas 

Jumlah peserta didik yang tidak tuntas 

1581,6

 

79,08

 

92

 

68

 

19

 

1

 

  • Nilai Ketrampilan
  • Berdasarkan hasil belajar dapat diketahui nilai -- nilai keteramplan  siswa dalam mengerjakan LKPD 3 yaitu berupa projek  membuat procedure text dengan menggunakan aplikasi canva  dengan jumlah   20   peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok,  nilai predikat A kelompok 2,3 & 5  dengan nilai 95 , predikat B  kelomppok 1 & 4 dengan nilai 85  , bisa dilihat dari tabel dibawah ini :   

Interval Nilai

Predikat

Keterangan

93 -- 100

A

Amat Baik

84 -- 92

B

Baik

75 -- 83

C

Cukup

> 75

D

Kurang

Dari perolehan siswa yang telah mencapai KKTP  dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan yaitu siswa dapat membuat text procedure dengan menggunakan aplikasi canva yang berkaitan dengan penggunaan manual teknologi Dengan pelaksanaan Metode projek  Based Learning ( PJBL ) dapat membantu peserta didik memberikan informasi sebanyak -- banyaknya dan dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berfikir.

Untuk memecahkan berbagai masalah dalam penilaian, guru harus melewati berbagai cara seperti meningkatkan pemahaman mereka tentang berbagai metode penilaian termasuk metode yang memungkinkan pengukuran secara akurat. Guru dapat bekerjasama dengan rekan guru untuk berbagi pengalaman dan ide tentang penilaian yang efektif. Menerapkan penilaian formatif secara rutin dalam proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik berkelanjutan siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun