Mohon tunggu...
Rolin Taneo
Rolin Taneo Mohon Tunggu... Lainnya - Pemulung Ilmu

Tertarik pada bidang ilmu filsafat, sosiologi dan teologi (Kristen)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aku Ada karena Ada Orang Lain

7 Agustus 2024   21:06 Diperbarui: 7 Agustus 2024   21:35 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Catatan Pengantar

Adalah Edmund Husserl, seorang filsuf fenomenologi yang punya adagium tandingan terhadap Rene Descartes yang berusaha menjelaskan eksistensi manusia itu karena pikiran (Cogito ergo sum).

Sedangkan Husserl melihat bahwa eksistensi manusia adanya pada kehadiran orang lain, Cogito Cogitata (Aku ada karena Ada yang lain).

Adagium Husserl ini membawa kita pada suatu kesadaran bahwa kita tidak bisa menyangkali status kita sebagai makhluk sosial. Keberadaan diri orang lain itu pun kita butuhkan. 

Ambil contoh saja dari dalam keluarga kita. Kalau sudah terbiasa hidup dalam kebisingan di rumah karena ada suami-istri, orang tua, anak lalu tiba-tiba yang satu pergi karena tugas, kita tentu merasakan kesepian. 

Kita lalu merindukan kehadiran yang lain. Biar kadang hidup dalam kebersamaan itu membuat kita sedikit marah, suka mengomel dan sebagainya tetapi kita tetap merasakan bahwa bersama itu indah. 

Bisa jadi masalah, amarah ketika hidup bersama itu mampu membawa kita pada kesadaran untuk mengelola dan menghargai yang namanya perbedaan. 

Ego pribadi lalu kita tanggalkan dan membuka diri terhadap kehadiran orang lain di sekitar kita.

Tafsir Sederhana Atas Filipi 2:1-11

Bacaan ini pun memberikan kepada kita petunjuk tentang bagaimana caranya mengelola berbagai bentuk kepentingan diri untuk merawat kebersamaan.

Tentu di tempat paling pertama untuk belajar tentang makna memberi arti bagi kehidupan bersama itu sumbernya dari Yesus Kristus. 

Yesus menjadi teladan sempurna untuk kita belajar tentang apa itu empati terhadap yang lain.

Hal ini tidak berlebihan karena kalau kita menjadikan seseorang menjadi model utama meniru maka ada kemungkinan orang tersebut sombong, terbang tinggi hingga lupa daratan. 

Mengapa Yesus itu jadi teladan utama dalam hal belajar tentang empati? Perhatikan bunyi ayat 1-3.

"Karena dalam Kristus ada nasehat, dst, maka hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia".

Apa maknanya? Setelah belajar dari teladan Yesus, maka ingat untuk bikin itu dalam kehidupan sosial kita. 

Jangan mau menang sendiri, jangan mau tampil jadi orang yang mendominasi, jangan jadi orang yang suka puji diri lalu rendahkan orang lain. Kalau cara ini dipelihara, niscaya kehidupan bersama menjadi runtuh. 

Menarik juga untuk kita maknai frasa satu hati, satu jiwa, satu pikiran, satu tujuan dan sejenisnya.  Ini gampang kita ucap tapi dalam implementasinya kita kerap bercabang hati, beda pikiran, beda tujuan. 

Dalam kesadaran akan adanya banyak perbedaan ini, harusnya itu menjadi catatan untuk kemudian kita cari cara meminimalisir masalah ini. Lagi-lagi Yesus dirujuk oleh Paulus untuk mengatasi masalah banyaknya perbedaan.

Paulus mengarahkan jemaat Filipi melihat tindakan Yesus yang rela meninggalkan segala atribut kuasaNya dan memilih jalan paling hina untuk manusia ditebus (ayat 5-9).

Ini artinya bahwa Yesus tahu ternyata ada hal yang jauh lebih utama yakni penebusan. Disinilah adagium Cogito Cogitata yang Husserl gaungkan secara rohani mendapatkan arti. 

Coba kita ingat nyanyian Mazmur 123, gembala yang baik menuntun dombaNya ke jalan yang benar, ke padang rumput dan mata air. Yesus mau kita mengecap anugerah yang tiada tara melalui karyaNya. Lalu apa yang harus kita buat?

Pesan Teks

Karena kita sadar bahwa kita ini makhluk sosial maka itu punya imbas pada upaya yang harus kita bangun untuk menjaga persekutuan. 

Bahkan kata mandiri itu tidak benar-benar mandiri karena ada cela dimana kita butuh topangan yang lain. 

Setelah sadar akan hal ini maka ingat juga untuk bersaksi tentang Tuhan dalan hidup bersama. Itu dilakukan bukan untuk mencari kepentingan diri tapi untuk kemuliaan nama Tuhan (ayat 10-11). Imanuel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun