Tugas 1. Refleksi diri
1. Â Â Dalam kehidupan pasti selalu ada kejadian positif dan negatif, itu pula yang terjadi pada diri saya. Ada beberapa kejadian yang berkesan pada saat saya bersekolah dulu, entah itu kejadian positif dan negatif. Adapun kejadian positif bagi saya adalah pada saat saya SMA ada guru yang sangat berkesan, yaitu pak Nur Samsudin, Beliau adalah guru Fisika tetapi juga merupakan Instruktur nasional bidang TIK pada saat itu. Pada saat SMA saya sering menanyakan hal IT dan selalu di jelaskan dan diajarkan. Sekarang saya sudah menjadi guru TKJ yang terinspirasi dari beliau, dan sekarang beliau seperti bapak bagi diri saya sendiri.
Selain kejadian positif juga ada kejadian negatif yang menimpa saya hal itu terjadi pada saat saya kelas 2 SMP, ada guru Bhs Inggris yang mengampu saya kurang menyenangkan, beliau cenderung merendahkan dan membanding-bandingkan saya dengan yang lain, memang saya blm mahir bhs inggris saat itu, karena baru mendapatkan maple itu di SMP. Karena perlakukan guru itu ke saya, jd saya tidak menyukai mapel bhs inggris, saya seperti merasa trauma dengan maple itu karena terbayang guru saat SMP dulu, sehingga sampai sekarang saya blm bisa bhs inggris.
2. Â Â Pada kejadian positif ada beberapa teman - teman saya yang terlibat dan ikut ketika sya sedang diajari oleh pak nur samsudin dirumahnya. Untuk kejadian negatif ada teman - teman satu kelas yang menjadi saksi hidup.
3. Â Dampak emosi yang saya rasakan adalah senag dan takut
4. Â Momen yang terjadi di masa sekolah masih membekas pada diri saya sampai sekarang, karena sebab kejadian itu mempengaruhi kehidupan saya pada saat ini.
5. Â Pelajaran yang saya peroleh dari trapesium usia dan roda emosi adalah bahwa setiap perlakuan guru akan membekas dalam benak peserta didik dan dapat mempengaruhi masa depan mereka, sehingga sebisa mungkin kita membuat bekas atau kenangan yang indah atau berkesan pada peserta didik, sehingga nantinya kita dikenang sebagai guru yang berpengaruh positif bagi peserta didik.
6. Â Â Setiap apa yang dilakukan oleh guru akan menjadi contoh bagi murid, sehingga alangkah lebih baiknya kita memberikan teladan yang baik untuk siswa sehingga membuat kesan / makna yang baik bagi murid.
Tugas 2. Nilai dan Peran Guru Penggerak menurut Saya
1. Â Â Nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakan murid, rekan kerja dan komunitas sekolah saya adalah saya salalu berusaha memberikan yang terbaik yang saya mampu dalam menjalankan tugas dan amanah yang diberikan kepada saya, Â semangat kerja tinggi serta tidak pantang menyerah.
2. Â Peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakan murid, rekan guru dan komunitas sekolah saya adalah sebagai guru bagi murid dan melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam meningkatkan kompetensi sebagai seorang guru melalui kegiatan sharing dan rapat serta palatihan - pelatihan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H