Mohon tunggu...
ROKAYAH
ROKAYAH Mohon Tunggu... Guru - Guru PGSD

Saya merupakan guru sekolah dasar, disini saya akan berbagi artikel tentang dunia pendidikan, semoga dengan ini dapat memberikan manfaat bagi semua orang yang membacanya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practices Menggunakan Metode STAR PPG Daljab Tahun 2023

3 Desember 2023   22:18 Diperbarui: 3 Desember 2023   23:15 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Best Practice Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

UPTD SD Negeri 6 Puding Besar

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Penulis

Rokayah

Tanggal

27 November 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas 2 di SD Negeri 6 Puding Besar, Kondisi yang menjadi latar belakang masalahnya yaitu diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah atau masih kurang, guru belum maksimal dalam mengekplor pembelajaran yang bervariatif, guru belum memanfaatkan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, dan Pembelajaran masih berpusat pada guru.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

Hal ini sangat penting untuk dibagikan karena untuk memotivasi dan menginspirasi guru lainnya agar bisa membuat bahan ajar yang menarik dan menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Praktik baik ini perlu dibagikan agar seluruh pendidik bergerak bersama untuk melakukan model pembelajaran inovatif yang sesuai implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka baik dengan model pembelajaran Discovery/Inquiry Learning, model Problem-based Learning (PBL), maupun model Project based Learning (PJBL). Diharapkan dengan model pembelajaran inovatif dapat membentuk perilaku saintifik, perilaku sosial, dan mengembangkan rasa keingintahuan sehingga peserta didik lebih nyaman dan merdeka sesuai kodrat dan zamannya.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Dalam kegiatan PPG ini, peran saya dalam melaksanakan aksi PPL 1 yang ternyata menjadi alternatif solusi bagi masalah-masalah yang saya hadapi. Sebagai seorang guru pastilah bertanggung jawabmuntuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri juga hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Tanggung jawab saya sebagai guru kelas adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada. Menemukan solusi dengan memilih model pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan karakter materi, melaksanakan metode dan model pembelajaran yang inovatif tersebut di sekolah tempat saya bertugas sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah :

  • Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut.
  • Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas
  • Keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran yang inovatif dan juga kreatif
  • Guru belum mengoptimalkan aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Tantangan itu yang menyebabkan pendidik harus melewatinya dengan berbagai cara seperti menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik serta model pembelajaran yang mendukung.

 

Siapa saja yang terlibat?

Dalam menghadapi tantangan ini guru melibatkan beberapa peran, yaitu :

  • Kepala SD Negeri 6 Puding Besar
  • Rekan guru di SD Negeri 6 Puding Besar
  • Peserta didik kelas 2 SD Negeri 6 Puding Besar

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :

  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik
  • Pengunaan metode dan model pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan materi
  • Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik
  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang disesuikan dengan sintak model pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam RPP
  • Menumbuhkan motivasi peserta didik
  • Menyajikan materi melalui video dan PPT yang menyenangkan dan menarik bagi paserta didik

Strategi apa yang digunakan :

  • Memilih untuk menggunakan model pembelajaran PBL sedangkan untuk metodenya berupa ceramah variasi, diskusi kelompok dan tanya jawab.
  • Strategi yang digunakan oleh guru yaitu dengan memilih pembelajan yang mudah dipahami oleh peserta didik dengan memanfaatkan gambar-gambar, video youtube yang sesuai dengan materi yang ditayangkan dalam bentuk Powerpoint
  • Melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Dimana tahapan-tahapan kegiatan tersebut telah disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran yang dipilih dan dirancang oleh guru dalam RPP.
  • LKPD, instrument penilaian ,media pembelajaran sabagai alat yang dapat membantu siswa dalam memahami materi

 

Bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat

  • Proses yang dilakukan yaitu dengan memahami sintaks model apakah sesuai dengan indikator, tujuan pembelajaran, juga materi yang akan dipelajari oleh peserta didik.
  • Mencari gambar atau video yang relevan dengan materi yang dipelajari oleh peserta didik
  • Merancang kegiatan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih
  • Membimbing siswa selama proses pembelajaran dan dalam menyelesaikan LKPD baik secara individu maupun kelompok
  • Melakukan evaluasi dan refleksi dalam kegiatan pembelajaran

 Siapa saja yang terlibat

  • Guru yang menjadi fasilitator.
  • Peserta didik sebagai subjek proses pembelajaran.
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing Pelaksanaan pembelajaran
  • Rekan sejawat yang telah membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.

Sumber daya yang saya perlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :

  • Untuk melaksanakan strategi ini diperlukan sarana dan prasrana yang memadai seperti LCD, Komputer, Sound system untuk video dll
  • Power point interaktif dan media pembelajaran yang bervariasi lainnya
  • LKPD dan bahan ajar yang dibuat dengan menggunakan media canva

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Penggunaan media pembelajaran yang berbasis TPACK dalam bentuk video yang ditampilkan dalam slide powerpoint memudahkan peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi, lebih bersemangat dan tidak cepat bosan. Sehingga keaktifan dan kemampuan berpikir analisis peserta didik dapat ditingkatkan.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa?

Sangat Efektif dengan dibuktikan sebagai berikut :

  • Tercapainya tujuan pembelajaran
  • Dapat meningkatkan minat belajar peserta didik
  • Hasil belajar peserta didik meningkat
  • Pembelajaran menjadi menarik dan menumbuhkan minat siswa untuk belajar
  • Dapat memotivasi guru lainnya untuk menerapkan pembelajaran inovatif.

Hal ini dikarenakan didukung oleh model pembelajaran yang menarik, media pembelajaran yang inovatif, dan kegiatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

  • Kepala sekolah merespon dengan memberikan tanggapan yang positif, bahkan sering memberikan masukan agar rencana aksi yang dilakukan terlaksana menjadi rencana aksi pembelajaran yang lebih bermakna.
  • Respon dari teman sejawat juga sangat memberikan dukungan dan respon yang positif terhadap aksi yang saya lakukan.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan pada penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Pembelajaran yang dapat diperoleh dari proses praktik
aksi yang telah dilakukan oleh guru adalah
guru harus merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan berpusat pada peserta didik dengan cara menentukan metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun