Mohon tunggu...
Roikan
Roikan Mohon Tunggu... Ilustrator - Kartunis yang Belajar Gaya Hidup Ilmiah

Kartunis yang mendalami Antropologi Media dan Budaya Kreatif. Alamat cangkruk warkop ada di https://www.roikansoekartun.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Mari Bekerja dan Berkreasi, Selebihnya Biar JNE yang Menangani

5 Januari 2022   12:33 Diperbarui: 5 Januari 2022   13:15 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PAKET ....(Sumber gambar: JNE.co.id)

Dunia terus berubah. Kehidupan tetap berjalan dan kita memilih untuk menghadapi atau tertinggal oleh perubahan itu sendiri. Era digital saat ini menjadikan segalanya terfasilitasi lebih cepat. Kirim surat sudah menggunakan email, mengabarkan sesuatu hingga mengumpulkan orang satu grup bisa dengan WA grup. Media sosial secara masif menjadi bagian dari pola konsumsi masyarakat. Tidak hanya untuk eksis tapi bisa menjadi media bisnis yang efektif. Semua informasi dan tawaran dagang berbagai jenis barang dapat kita jumpai dengan mudah dan cepat dari internet.

Era digital membawa perubahan pada gaya hidup. Internet dengan paket datanya menjadi bagian kehidupan harian. Dari bangun tidur hingga tertidur lagi, ponsel pintar dalam genggaman. Melalui internet kita bisa mendapatkan apapun, dari urusan informasi sampai jual beli. Beli barang baru sampai barang bekas.

Uniknya definisi bekerja hari ini tidak harus berangkat pagi pulang sore, berseragam atau berbaju formal. Kerja bisa dari rumah, untuk masalah distribusi sudah ada jasa ekspedisi yang siap mendampingi. Hari ini seorang ibu rumah tangga dapat menghasilkan rupiah hanya dengan berbisnis daring dari rumah. Jualan makanan atau pakaian menjadi pilihan dan masalah pengiriman dipermudah dengan hadirnya teknologi.

Lain dengan masa sebelum adanya internet, sebagai seorang kartunis dan illustrator saya merasakan perubahan dan segala kemudahan yang terjadi. Kisaran tahun 2006 saya biasa mengirim gambar ke redaksi koran secara langsung untuk media lokal dan via ekspedisi untuk media luar kota.  Ada kebahagiaan tersendiri saat membawa karya ke meja recepsionis yang biasanya dijaga petugas keamanan shift malam. Lain lagi, khusus untuk pemesanan layanan ilustrasi biasanya pemesan ingin karya yang otentik. Asli tanpa sentuhan digital. Ada yang ingin hanya gambarnya saja, ada pemesan yang ingin dikirim sekalian pigura. Tentunya saya menerapkan tarif tambahan untuk pengiriman dan menggunakan jasa ekspedisi. Bukan jasa ekspedisi sembarangan untuk kepuasan layanan pengiriman yang aman dan tepat waktu.

Kreasi Penuh Sinergi 

Dari sini saya berupaya bersinergi dengan tukang pigura dan kompak dengan jasa ekspedisi. Tukang pigura langganan saya ada di Kawasan Rungkut Surabaya. Ukuran kertas apapun ada bahkan buat custom sekalian. Ketika ukuran besar lebih dari kertas A3 biasanya ditanya: "ini dikirim langsung (COD) apa lewat ekspedisi?" Ketika saya jawab "Ini order luar kota" dengan sigap tukang pigura yang mempunyai bisnis sampingan pengrajin perkakas aluminium ini menciptakan bungkusan khusus yang menjaga kaca dalam agar tidak pecah.

Tukang Pigura dan Mas Kurir adalah Sahabat 
Tukang Pigura dan Mas Kurir adalah Sahabat 

Dari tukang pigura selanjutnya karya pesanan akan saya bawa ke jasa pengiriman. JNE menjadi pilihan utama pengiriman karya, berapa pun ukurannya semua bisa diatasi. Seiring dengan perkembangan jaman, setelah kita percayakan pengirimannya. Secara berkala kita bisa melacak status barang hingga diterima ke pemesan. Lain dengan masa lampau yang kita harus menunggu telepon balik dari pemesan yang konfirmasi barang telah tiba.  Hari ini layanan jasa ekspedisi mengedepankan sumber daya manusia sekaligus teknologi sebagai bagian dari pengembangan. Termasuk alat pantau dari mesin X-Ray, GPS, hingga alat komunikasi satelit. JNE telah menerapkan seiring visi Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global.

Mengapa saya memilih JNE? Secara nasional sudah sangat berpengalaman selama 30 tahun dalam berkontribusi menunjang kehidupan. Kirim apapun dan kemanapun bisa selama tidak melanggar syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan. Ingat pengiriman ingat kurir hanya satu kurir: Eka kurir.  JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Untuk urusan keamanan barang kiriman ada asuransi dan packing kayu yang dijamin kokoh terutama untuk pengiriman barang yang rentan seperti barang pecah belah, peralatan elektronik termasuk karya ilustrasi yang telah dipasang pigura. Pengerjaan packing kayu ditangani dengan baik, tidak sekadar pasang kayu, tapi dibuat sepresisi mungkin demi keamanan barang.

JNE melayani kebutuhan pelanggan setianya, dengan jasa pengiriman dalam dan luar negeri. Beragam pelayanan ditawarkan dengan produk unggulan yaitu: JNE Express, JNE Logistic dan  JNE Freight.  Ada harga ada rupa, semua kembali pada pilihan dan kebutuhan dari kita semua. JNE Didirikan pada tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan terutama import atas kiriman peka waktu melalui gudang 'Rush Handling'. Mengingat kecepatan dan kehandalan layanan yang konsisten dan bertanggung jawab membuat kredibilitas JNE semakin tinggi di mata pelanggan maupun mitra kerja. Termasuk ilustator lepas seperti saya. Tidak semua klien mau dikirim lewat email. Ada sisi otentik yang diinginkan dari karya orisinil. Pengiriman karya bisa melesat secepat kilat sampai ke depan pintu rumah/kantor pemesan. Itu menjadi bagian dari misi Untuk Memberi Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten. Kalau ingin yang cepat sampai pilihan utama pada produk layanan JNE Express. Dijamin lebih awal datang ke alamat tujuan.

Hikmah dari pandemi global ini adalah banyak orang berpikir keras untuk tetap bertahan hidup secara waras. Salah satunya mencoba menjadi wiraswasta. Mencoba nasib dan peruntungan dengan segala saya upaya termasuk berjualan secara daring. Tentunya dari sini jasa pengiriman menjadi mitra kebutuhan usaha yang dominan. Peluang yang terus tumbuh ini mendorong JNE untuk terus memperluas jaringannya ke seluruh kota besar di Indonesia.  Lihat sekeliling rumah anda, ada berapa agen JNE yang siap mengantarkan paket kiriman ke segala penjuru.

Saat ini titik-titik layanan JNE telah mencapai diatas 6,000 lokasi dan masih terus bertambah, dengan jumlah karyawan lebih dari 40,000 orang.  Secara tidak langsung keberadaan jasa ekspedisi seperti ini membuka peluang kerja dan kemakmuran bersama pada masyarakat. Hampir satu kecamatan sudah tersedia minimal satu konter atau kantor perwakilan JNE. Semua terstandarisasi, tidak ada istilah sesama agen JNE dilarang saling mendahului karena semua serba terkoneksi. Lebih dari 150 lokasi JNE telah terhubungkan dengan sistem komunikasi on-line, dikawal oleh sistem dan akses situs informasi yang efektif serta efisien bagi konsumen dalam upaya mengetahui status terkini pengiriman paket atau dokumen. Semua bisa terpantau secara realtime dari ponsel pintar pengirim.

Berbagi Kebaikan demi Kemakmuran Bersama 

Iklim usaha di tanah air prospek untuk berbagai bidang termasuk industri kreatif. Seiring dengan peningkatan investasi asing, pertumbuhan ekonomi dalam negeri, dan perkembangan teknologi informasi, serta beragam inovasi produk yang dikembangkan. Dari situ kinerja JNE semakin tumbuh. Dan turut berkontribusi dalam pengembangan usaha  di kalangan dunia usaha maupun masyarakat Indonesia terutama untuk masalah distribusi dan pengiriman barang.

Perkembangan dunia usaha dan gaya hidup masyarakat membuat permintaan penanganan kiriman import peka semakin berkembang. Tak hanya mencakup paket kecil dan dokumen, tetapi merambah pada penanganan transportasi, logistik, serta distribusi. JNE berkontribusi dalam kemakmuran Bersama karena mendukung bergulirnya roda perekonomian Indonesia pada level mikro (UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty, dsb) dengan menjembatani kebutuhan stakeholders (konsumen, marketplace, fintech, dsb). Era pandemi bagi sebagian masyarakat menjadi ajang berkreasi. Membuat makanan kekinian yang dijual secara daring.

Kehandalan dan komitmen JNE ini terbukti dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2008 atas sistem manajemen mutu. Dasyatnya lagi, Penghargaan yang telah diperoleh sebanyak 124 sejak tahun 1998. Semua berangkat dari pelayan yang prima menjadi komitmen yang secara konsisten mengedepankan nilai Jujur, Disiplin, Tanggung Jawab dan Visioner. Nilai dasar inilah yang menjadikan kita nyaman ketika 'menitipkan' paket ke agen JNE di sekitar rumah. Pelayanan ramah dan profesional pada semula lini termasuk kurir yang selalu tersenyum di depan rumah kita sambil mengeluarkan kata-kata khas : "PAKET". Setelah itu serah terima dan...CEKRIK..kita bisa bernarsis ria dengan barang kiriman.

Implementasi dari bentuk tanggung jawab dan visioner terdapat pada komitmen pada penerapan pertanggungjawaban sosial perusahaan (Coorporate Social Responsbility). JNE terpanggil untuk berupaya bertanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang diantaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Terbukti ketika goncangan multidimensi dari Covid-19 meluluhlantakan banyak sektor kehidupan, JNE tetap bergerak. Hingga meraih The Best CSR Program During Pandemic of Logistic Company pada tahun 2020 sebagai penghargaan yang saya apresiasi untuk pemulihan ekonomi di saat pandemi.

Apa saja CSR yang diterapkan oleh JNE? Mengutip situs resmi JNE, terdapat tiga CSR utama yaitu: JNE Hijau, JNE Komunitas dan JNE Pendidikan.

JNE Hijau Adalah program tanggung jawab sosial perusahaan JNE di bidang pelestarian lingkungan. Tujuan dari program CSR JNE Go Green ini diantaranya untuk mendukung gerakan pungut sampah dan pembuatan taman kota ilmu pengetahuan.

JNE Komunitas merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan JNE di bidang kegiatan komunitas. Tujuan dari program CSR Go Community diantaranya untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi desa, serta pelestarian budaya. Inilah bentuk komitmen JNE untuk peningkatan produktivitas dan mendorong iklim usaha dari masyarakat secara luas. Sesuai dengan judul tulisan ini Mari Bekerja dan Berkreasi, Selebihnya Biar JNE yang Menangani. Untuk urusan pengiriman barang biar serahkan kepada JNE yang siap mengantar sampai ke ujung dunia. Dari ukuran kecil sampai sekelas cargo, semua ayo.

JNE Pendidikan adalah program tanggung jawab sosial perusahaan JNE di bidang pendidikan. Tujuan dari program ini diantaranya adalah untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar, calistung, edukasi kesehatan, olahraga, bisnis, dan internet.

Positifnya tiga CSR andalan diatas merupakan program JNE untuk rakyat. Melalui pendidikan, kesehatan dan komunitas. Infrastruktur dirancang sinergis dengan penguatan ekonomi sehingga mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia pada tingkat lokal.

Dalam usia 32 tahun JNE berkomitmen untuk meningkatkan layanan untuk kemajuan Bersama. Membuka peluang pasar yang lebih luas bagi pelaku usaha kecil dan JNE dapat menambah agensi sampai pelosok pedesaan.  Alam, komunitas dan pendidikan diberdayakan, perekonomian dan kemakmuran diprioritaskan. Jasa ekspedisi tidak hanya mengirimkan tapi membantu peningkatan reputasi pelaku usaha dan masyarakat luas.

JNE31tahun

JNEMajuIndonesia

#jnecontentcompetition2021

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun