KKN bagi mahasiswa dilakukan agar terbentuknya pengalaman dan ikatan batin mahasiswa pada masyarakat.Bagi mahasiswa peserta, KKN seharusnya dirasakan sebagai pengalaman belajar, suatu pengalaman belajar yang tidak dapat diperoleh di dalam kampus. Dengan mengikuti KKN mahasiswa seharusnya memiliki pengetahuan baru, perasaan baru, kemampuan baru, dan kesadaran baru tentang problem dan bagaimana memecahkan yang dihadapi masyarakat bangsanya, tentang tanah airnya dan tentang bagaimana seharusnya dirinya berperan lebih jauh.
Terdapat tiga unsur penting yang terkandung, yaitu: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai kegiatan yang bermuatan pendidikan, KKN membawa mahasiswa peserta untuk berkenalan secara langsung dengan masyarakat dan permasalahannya, serta membantu mencari solusi dengan pendekatan interdisipliner. Sebagai kegiatan yang bermuatan penelitian, mahasiswa diajak melakukan pemahaman dan analisis potensi masyarakat ( dengan bantuan dosen pembimbing) sehingga mampu memberikan sumbangan pemikiran kritis atas solusinya. Sebagai kegiatan pengabdian masyarakat, KKN dapat menjadi wahana mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni bagi pemecahan masalah dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, KKN dapat dimaknai sebagai bentuk pengintegrasian kegiatan intrakurikuler pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara interdisipliner.
Pada kegiatan KKN ini saya dan teman-teman saya berada di kelurahan pedurenan,Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang,Banten tepatnya di Blok E1 RT04/RW03,disini memiliki beberapa organisasi kemasyarakatan yaitu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kader Posyandu, Karang Taruna, Persatuan Silat Hati Terate (PSHT) dan Yayasan RW03
Pada kegiatan KKN ini dibagi menjadi 2 program kerja yaitu program utama dan program penunjang. Dasar penyusunan program ini didapatkan dari hasil observasi langsung oleh seluruh keanggotaan pelakasana KKN serta hasil wawancara langsung dengan pihak lokasi KKN.
- Program Utama
1. Mengajar AnakAnak
Mahasiswa memberikan edukasi kepada anak usia 7-11 tahun di RT04/RW03 dengan mengajarkan nilai-nilai kebudiluhuran yaitu cinta kasih dalam bentuk kepedulian terhadap sesama manusia, toleransi, dan memberikan edukasi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. diharapkan bisa berguna untuk anak-anak tersebut.
2. Membersihkan Lingkungan
Membersihkan lingkungan dengan kerja bakti bersama warga setempat untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan mempererat kebersamaan bersama warga setempat dengan mahasiswa KKN.
- Program Penujang
1. Melakukan penghijauan dengan menanam pohon.
Sebagai bentuk ikut serta dalam pelestarian lingkungan kami mahasiswa KKN dibantu dengan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) RW03 diajarkan menanam pohon pucuk merah dan tanaman obat keluarga seperti kunyit yang nanti nya dapat dimanfaatkan untuk warga yang membutuhkan.
2. Ikut serta dalam pelayanan posyandu.
Pelayanan posyandu merupakan kegiatan rutin pada RW03 dengan memberikan pelayanan pada masyarakat terkhusus untuk ibu hamil, balita, dan lansia yaitu mengecek kesehatan, memberikan imunisasi pada balita dan memantau tumbuh kembang anak.Mahasiswa KKN ikut ambil peran dalam membantu kegiatan pelayanan posyandu di RW03 dibimbing dengan ibu-ibu PKK.
3. Membuat permainan tradisional untuk anak-anak.
Memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak yaitu permainan dampu bulan dan gerobak sodor dengan membuat nya di jalan sekitar balai warga yang nanti nya akan bermanfaat untuk mereka.
4.Menyediakan tempat sampah organic dan anorganik.
Penting untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan salah satu cara yaitu membuang sampah pada tempat nya. Namun ada beberapa sampah yang tidak dapat terurai, maka dari kami menyediakan tempat sampah organic dan anorganik sebagai wadah untuk memilah sampah organic dan anorganik. Yang nanti nya sampah yang dapat didaur ulang dapat diberikan kepada bank sampah RW03.
5. Mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak.
Program lomba mewarnai sangat menarik untuk dilakukan, mewarnai dapat melatih kesabaran dan kreativitas anak. Dengan lomba mewarnai anak-anak dapat berimajinasi agar memberikan warna pada gambar- gambar tersebut bebas se-kreasi mungkinsesuai dengan keinginannya. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 anak.
6. Mengadakan games konsentrasi
Kegiatan games ini dilakukan sebagai bentuk hiburan untuk anak-anak agar melatih daya ingat anak-anak.
7. Membuat dinding kreatif hasil dari kreativitas anak-anak RT04/RW03.
Dinding kreativitas adalah wadah untuk memperlihatkan hasil kreativitas anak-anak pada lomba mewarnai.
Melalui kegiatan KKN ini mahasiswa dapat berperan dan berpartisipasi secara aktif dengan masyarakat melalui program kerja yang sudah disusun. Dalam rencana pelaksanaan kegiatan KKN terdapat beberapa kendala yang dihadapakan namun terdapat faktor pendukung saat menyusun rencana program kerja yang akan dijalankan yaitu, mendapat sambutan dari warga sekitar dan dukungan dari kepala RW03 serta tersedia nya sarana dan prasana yang akan membantu dalam menjalankan progam kerja ini dengan lancar.
Berdasarkan laporan progam kerja yang telah dijelaskan pada bab I-III, yang akan dijalankan antara lain meliputi progam bidang lingkungan,bidang sarana dan prasana,dan bidang pendidikan diharapkan setelah progam ini dilaksanakan akan berdampak positif untuk masayarakat sekitar dan bagi mahasiswa untuk menjadi bekal hidup di masyarakat di masa yang akan datang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H