Risky Rohma
Risky Rohma Mohon Tunggu... Asisten Rumah Tangga - Mahasiswi

Masiswa Ilmu Hukum Universitas Terbuka UPBJJ Luar Negri. Bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong

Diary Pilihan

Love in Lawu, Cerita Pendakian Gunung Lawu

9 Juli 2023   21:13 Diperbarui: 25 Juli 2023   19:29 780

Namaku Atan Putri Monica. Ini adalah kisah perjalannanku menaklukkan 3,265 mdpl dan kisahku menemukan teman baruku.

Ceritaku berawal saat aku bersama temanku ingin pergi mendaki gunung lawu. Gunung dengan tinggi 3,265 mdpl yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah (Karang Anyar) dan Jawa Timur (Magetan, Ngawi)

Rumahku dengan gunung lawupun tak terlalu jauh hanya berjarak 40km dari pusat kota Magetan. Bila mengendarai sepeda motor hanya memerlukan waktu 35 menitan. Aku mengunjungi gunung lawu dengan temanku bernama Vita Kumala Sari. Kami mendakinya dengan melewati jalur Cemoro Sewu. Kami tiba di jalur Cemoro Sewu sekitar pukul 20.30 wib. Kami memilih jalur ini karena waktu pendakian yang relatif cepat. Cuaca malam hari di basecamp ternyata lumayan dingin juga, suhu di sini mencaoai 9C. Beruntung cuaca tidak hujan dan aku mengunakan jaket yang tebal juga.

Untuk mengisi tenaga dan menghilangkan lelah setelah berkendara, sebelum berangkat kami memilih untuk membeli bakso, kopi dan makanan ringan di warung dekat basecamp. Setelah melakukan pendaftaran di bacecamp kami mulai melakukan perjalanan sekitar pukul 21.00 wib. Kami berjalan melintasi rimba di temani lampu senter. Dari basecamp, pendakian Gunung Lawu masih landai dengan jalur yang rapi. Vegetasi menuju Pos 1 juga belum terlalu rapat karena belum benar-benar masuk hutan. Pos 1 ditandai dengan beberapa bangunan di kanan dan kiri berupa warung kecil yang bisa digunakan untuk istirahat, sekaligus shelter.

Di pos 1 inilah aku bertemu dengan Raka Adi Putra. Dia pria dengan tinggi sekitar 176cm, Asberhidung mancung, berambut pirang dan berponi. Dia juga mendaki bersama temannya yang bernama Iqbal Eko Rifki. Mungkin karena meraka iba melihat kami cewek hanya jalan ber2 dan mendaki di malam hari, maka dari itu mereka mengajak kami untuk gabung dengan tim mereka.

Perjalanan menuju pos 2 pun kami lalui secara bersama. Suasana malam di jalur pendakian sangatlah sunyi, dan hening sehingga membuat sensasi pendakian menjadi horor. Apalagi gunung lawu terkenal dengan mitos mistisnya. Untuk menghilangkan keheningan, kami memutuskan untuk menghidupkan speaker dan mendengarkan musik.
Jalur pendakian ke pos 2 mulai memasuki hutan, pohon - pohonpun mulai berjajar dengan rapi. Jalurpun mulai menanjak dan melelahkan dengan trek berbatu yang membuat kakiku semakin pegal dan nafaspun mulai  terengah - engah. Pos 2 ditandai dengan sebuah shelter di sisi tebing dan lokasinya cukup luas. Setelah sampai di pos 2 kami pun beristirahat selama 5 menit lalu lanjut menuju pos 3.

Dari Pos 2 ke Pos 3, trek pendakiannya relatif sama, berupa bebatuan besar dan menanjak. Setelah kami berjalan 1 jam 30 menit kami menemukan Pos 3 yang ditandai dengan shelter yang hampir rusak karena sebagian sudah tanpa atap. Cukup melelahkan juga berjalan dari basecamp ke pos 3.

Pos 4 gunung lawu

Pos 3 ke Pos 5 jalur pendakian Gunung Lawu masih sama menggunakan jalur bebatuan serta lebih menanjak lagi. Memasuki Pos 4, jalur mulai terbuka. Pos 4 tidak mirip pos yang lain. Hanya ada tanda berupa plakat yang tertulis bahwa disitulah pos 4. Aku melihat teman ku Vita tampak kelelahan dan wajahnya memucat.

"Apa kamu baik - baik saja?" Tanya ku.
"Aku baik - baik saja, hanya sedikit lelah."
"Kalau lelah kita bisa beristirahat sejenak di pos 5 dan bahkan kita bisa mendirikan tenda di sana, 15 menitan lagi kita akan sampai pos 5. Bertahanlah 2 tikungan lagi kita akan sampai." Sahut Iqbal sambil melihat wajah Vita. Tapi Iqbal merasa wajah Vita semakin melemas hingga akhirnya Vita salah melangkahkan kaki dan terkilir.
"Aowwww kaki ku kram." Tanpa pikir panjang Iqbal meletakkan carriernya dan membopong Vita dan Raka pun membawakan carrier Iqbal dan aku maju paling depan sebagai petunjuk arah.