Robin (Robot Pintar) adalah robot yang terbuat dari bahan dasar kardus bekas. Robin ini merupakan Alat Permainan Edukatif yang di rancang untuk mengembangkan 6 aspek bidang pengembangan pada anak yaitu : Nilai Agama dan Moral(NAM), Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, Fisik Motorik dan Seni .
Robin ini sangat menarik karena terdapat berbagai permainan seperti pengenalan bentuk geometri, pengenalan waktu melalui jam, pengenalan kasar dan halus, Pengenalan angka dan huruf, serta pengenlan warnaÂ
Tujuan  :
 Penggunaan Robin (Robot Pintar ) bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas, kemandirian dan meningkatkan rasa percaya diri pada anak.
Alat dan bahan yang di gunakan untuk membuat Robin :Â
Gunting, lem, solatif, spidol, cuter, krayon, kardus bekas, wadah telur bekas, kertas warna, kertas samson, gelas plastik bekas air mineral, tutup botol bekas air mineral, stik es krim, sedotan, bola plastik, tali, kawat gantungan baju.
-Menyiapkan 4 buah  kardus dengan ukuran yang sama, sebagai bahan dasar kepala, badan, tangan dan kaki.
-Mengambil satu kardus, untuk di belah menjadi dua bagian,kemudian dibuat pola balok di atas kardus tersebut, setela itu gunting       mengikuti pola balok sehingga menjadi dua bentuk balok yang akan di jadikan kaki
-  mengambilsatu balok untuk dibelah menjadi dua bagian, kemudian dibuat pola prisma segitiga diatas kardus tersebut, setelah itu di    gunting mengikuti pola prisma segitiga sehingga menjadi dua bentuk prisma segitiga yang akan dijadikan tanganÂ
-Semua bahan kardus yang akan digunakan untuk di bagian kepala, badan, tangan dan kaki di lapisi dengan kertas samson, kemudian kardus tersebut di tumpuk sehingga membentuk sebuah robotÂ
-untuk membuat jam, langkah pertama yaitu membuat pola lingkaran diatas kardus yang kemudian di gunting mengikuti pola, setelah itu menyiapkan stik es krim yang telah diwarnai oleh krayon sebagai pemberi keterangan angka dan kemudian ditambahkan jarum jam yang terbuat dari kardus juga.Â
- Untuk membuat sepatu yaitu dengan membuat pola sepatu diatas kertas putih dan diberi warna dengan krayon kemudian pola tersebut digunting dan ditempelkan diatas kardus , setelah itu gunting kembali dan buat 6 lubang yang digunakan untuk tali sepatu
-Untuk membuat kasar halus yaitu dengan bagian kardus yang di buka bagian luarnya dan di tempelkan di bagian kaki.
-Untuk membuat corong berhitung maka dapat membuat corong berhitung menggunakan gelas plastik serta sedotan sebagai benda yang akan dihitung dan gelas plastik tersebut dittempelkan dibawah angka
-Untuk membuat lubang bola warna, maka bagian kardus dibuat lubang berbentuk lingkaran sebanyak 6 buah kemudian di lubang tersebut ditempelkan kertas warna sesuai dengan bola warnaÂ
-Untuk mengenal huruf maka tutup botol plastik di tuliskan huruf alfabet dari a-z dengan menggunakan tipex kemudian huruf tersebut di tempatkan diatas wadah bekas tempat telur
- Untuk mengenalkan geometri, membuat pola lingkaran, segitiga, persegi panjang, di atas kardus dan di  gunting mengikuti pola  kardus yang telah digunting di gunakan sebagai media tempat menyimpan bentuk geometri yang sudah di buatÂ
-Kawat gantungan baju di buat dengan cara melilitkan dan dimasukan tutup botol.
- Tali sepatu ku
Anak anak dapat menggunakan dengan cara memasukan tali sepatu kedalam lubang yang disediakan seperti kegiatan menjahit kemudian tali sepatu tersebut di simpulkan dan di ikat.
-Kasar HalusÂ
anak anak dapat menggunakan dengan cara meraba bagian kertas yang bergelombang untuk mengetahui bagia yang kasar dan kertas yang datar untuk mengetahui bagian yang halus, sehingga dapat membedakan kasar halus. Â
- Jam
Anak anak dapat menggunakannya dengan memutar jarum jam sehingga anak dapat belajar tentang waktuÂ
- Corong berhitungÂ
Anak anak dapat mengenal konsep dan lambang  bilangan dengan menghitung jumlah sedotan sesuai dengan angka yang tertempel .
- Kotak Huruf
Anak anak dapat bermain huruf dengan cara di tempelkan di kotak yang tersedia.
- Lingkaran WarnaÂ
Anak dapat memasukan bola kedalam linkaran yang sesuai dengan warna bolanya.
- GeometrikuÂ
Anak anak dapat bermain bentuk geometri dengan memasukan bentuk geometri seperti lingkaran, segitiga, segi empat, kedalam polanya.
-Kawat jejakÂ
Anak anak dapat memainkan dengan cara menjalankan tutup botol sesuai dengan lilitan kawat yang ada  Â
  Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H