Mohon tunggu...
Warisan Literasi Mama
Warisan Literasi Mama Mohon Tunggu... Freelancer - Meneruskan Warisan Budaya Literasi dan Intelektual Almarhumah Mama Rohmah Tercinta

Mama Rohmah Sugiarti adalah ex-writerpreneure, freelance writer, communications consultant, yogini, dan seorang ibu yang sholehah dan terbaik bagi kami anak-anaknya. Semoga Mama selalu disayang Allah. Alfatihah.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Pikat Sihir Oreo Supreme, Mengagumkan Sekaligus Memprihatinkan

21 Mei 2020   02:13 Diperbarui: 22 Mei 2020   13:54 3070
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tiba-tiba dunia sosial media diramaikan dengan viralnya produk baru Oreo baru, yaitu Oreo merah atau Oreo Supreme. Produk yang dibuat berkat hasil kerjasama antara brand Oreo dengan Supreme ini konon dibuat dari bahan dasar yang sama. Tetap memakai tepung, gula dan hanya saja ditambahkan perasa dan pewaarna red velvet.Yang menjadikannya viral yaitu harganya yang dipatok sangat jauh berbeda. 

Jika Oreo biasa yang hitam atau coklat tua itu di toko-toko dibanderol dengan harga Rp.2000,- per sachet yang berisi 3 biji, maka untuk Oreo Merah atau Oreo Supreme dibanderol dengan harga Rp.500.000,- per sachet isi 3 biji.

Bahkan di situs eBay yang merupakan situs e-commerce terbesar di dunia, Oreo Merah tersebut dijual dengan harga yang lebih fantastis lagi, yaitu 18.000 dollar AS atau setara Rp.269 juta. 

Waduh kok bisa begitu ya? Kira-kira siapa orang gila yang sudi membeli Oreo Merah tersebut?

Konon mereka adalah fans fanatik merek Supreme yang memiliki ikatan emosional kuat dengan merek tersebut, dan sisanya adalah orang-orang mampu atau kaya yang terbawa hype (keramaian tren) dan terpancing rasa penasaran semata.

Lebih edan lagi, dari berbagai berita yang tersebar saat ini, ternyata ada banyak orang-orang gila yang telah melakukannya. 

Seperti dilansir oleh tribunnew.com (17/5/2020), ada pembeli yang merogoh koceknya hingga 1.250 dolar AS atau sekitar Rp 18,6 juta untuk harga 12 biskuit Oreo Merah yang diinginkannya. 

Muncul juga pembeli edan lainnya yang sudi membayar 50 dolar AS atau sekitar Rp 750.000 hanya untuk sebungkus Oreo Merah yang isinya cuma 3 butir biskuti saja.

Bahkan, Forbes juga mengklaim, di mana satu paket Oreo Supreme pernah ditawar hingga 96.100 dollar AS (Rp 1,4 miliyar) di eBay dalam satu waktu.

Positngan tentang Oreo Supreme di IG@SupremeNewyork
Positngan tentang Oreo Supreme di IG@SupremeNewyork
Positngan tentang Oreo Supreme di IG@SupremeNewyork
Positngan tentang Oreo Supreme di IG@SupremeNewyork
Positngan tentang Oreo Supreme di IG@SupremeNewyork
Positngan tentang Oreo Supreme di IG@SupremeNewyork
Sebenarnya, seperti yang dilansir akun Instagram @supremenewyork, biskuit ini hanya dijual dengan harga yang dipatok sebesar 3 dolar AS (Rp 44.635) perbungkusnya.

Namun kenapa fakta dipasaran harganya begitu melambung fantastis dan ajaib?

Nampaknya kesuksesan dan ketenaran brand Supreme-lah yang menyebabkan hal itu bisa terjadi, ditambah dengan strategi produksi dan marketing yang cerdik dan unik.

Sebagai produk hasil kolaborasi antara Oreo dan Supreme yang ditandai dengan peluncuran Oreo Supreme pertama pada 26 Maret 2020 lalu, produk ini berhasil membidik para fans maniak atau penggemar fanatis merek Supreme yang disebut kaum 'hyperbeasts'.

Ditambah Oreo Supreme berhasil menciptakan eksklusifitas produknya dengan strategi produksi dalam jumlah terbatas pada setiap musimnya.

Karena jumlah barangya yang jauh lebih sedikit dibandingkan antusiasme hyperbeasts yang luar biasa, maka produk oreo supreme ini langsung tandas dalam hitungan menit bahkan detik.

Karena menjadi barang koleksi, maka sebagian besar pembelinya merasa berat untuk membuka dan memakannnya.

Namun dari beberapa orang yang tak kuasa menahan rasa penasaran dan nekat mencicipinya, menurut mereka memang rasa oreo supreme ini lebih artifisial dan berbeda dari oreo yang biasanya, meskipun ada juga yang menyatakan rasa biskuit ini mirip dengan varian Golden Oreo, namun jauh lebih buruk.

Capture maraknya youtuber Indonesia yang turut membahas Oreo Supreme - Sumber Youtube.com
Capture maraknya youtuber Indonesia yang turut membahas Oreo Supreme - Sumber Youtube.com
Viralnya merek Oreo Supreme ini pun segera membuat banyak youtuber memanfaatkan daya popularitasnya. Berbagai video youtuber segera banyak melakukan ulasannya. 

Sebagian mengatakan bahwa rasa Oreo Supreme ini memang fantastis sesuai harganya. Namun tak sedikit yang mengatakan bahwa meskipun rasanya memang cukup enak, namun tetap tak sebanding dengan harganya. Banyak juga yang mengaku menesal telah membelinya.

Anda penasaran bagaimana rasanya yang sebenarnya? Karena masalah rasa adalah sesuatu yang agak subyektif dan relatif bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya, maka untuk kepastiannya silahkan Anda mencobanya sendiri. 

Yang jelas kepintaran Oreo dan Supreme dalam menjalankan strategi agar produk kolaborasi mereka memiliki daya sihir yang besar memang mengagumkan. 

Sebaliknya keterjerumusan kaum hype yang tak bisa menahan rasa penasaran sekaligus kecenderungan untuk mengikuti tren semata memang memprihatinkan.

Kesimpulannya, fenomena Oreo Supreme ini memang mengagumkan sekaligus memprihatinkan. Tabik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun