Mohon tunggu...
Rohmah IntanSafira
Rohmah IntanSafira Mohon Tunggu... Mahasiswa - seorang pencari ilmu

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

APE untuk Mengembangkan Bahasa Anak

25 Oktober 2021   08:03 Diperbarui: 25 Oktober 2021   08:05 2232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hai bertemu lagi dengan artikel ku kali ini masih sama tentang alat permainan edukatif. Akan tetapi kali ini aku akan membahas alat permainan edukatif untuk mengembangkan bahasa anak. 

Seperti artikel ku yang sebelumnya alat permainan edukatif merupakan permainan yang Dibuat untuk keperluan belajar anak usia dini. 

Selanjutnya pengertian bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan manusia yang memiliki negara atau wilayah yang sama baik secara lisan maupun tulisan. Pada dasarnya bahasa digunakan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan, karena dengan bahasa kita dapat memahami apa yang mereka butuhkan. Maka dari itu bahasa merupakan pemeran yang penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Bahasa juga salah satu keterampilan yang dimiliki oleh manusia. 

Selanjutnya adalah perkembangan bahasa untuk anak usia dini. Perkembangan merupakan perubahan mental yang akan terjadi dalam waktu tertentu dengan cara bertahap, mulai dari perkembangan yang yang yang sederhana menuju ke perkembangan yang lebih rumit. Terdapat beberapa komponen perkembangan anak yang normal untuk memperoleh bahasa. 

Yang pertama adalah perkembangan fonologi atau sistem bunyi, dalam hal ini anak dapat mengetahui cara untuk bersuara atau cara untuk menempatkan pembunyian huruf baik secara vokal ataupun konsonan. 

Yang kedua adalah perkembangan sintaksis atau sistem gerak matika atau struktur bahasa, dalam perkembangan ini anak dapat menyusun kata-kata menjadi kalimat yang utuh dan terstruktur. Selanjutnya yang ketiga adalah perkembangan semantik atau sistem makna, dari perkembangan ini anak sudah mampu menyampaikan kalimat dengan makna yang sempurna. Selanjutnya adalah pragmatik atau sistem sosial, dalam perkembangan ini anak dapat menerapkan ucapannya dalam kehidupan sosial. 

Menurut Depdiknas terdapat 4 fungsi lain dari bahasa yaitu: 

1. Berkomunikasi dengan lingkungan

2. Mengembangkan kemampuan intelektual pada anak. 

3. Mengembangkan ekspresi anak

4. Menyatakan perasaan atau ide kepada orang lain. 

Pada dasarnya anak-anak dalam mengembangkan bahasanya dengan cara menirukan orang lain, yang diperoleh dari dia bersosialisasi dengan teman sebayanya ataupun berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungannya. Anak juga mengembangkan kemampuan berbahasanya melalui lingkungan sekolahnya dan juga stimulasi yang diberikan oleh orang tuanya. Sehingga keterampilan berbahasa anak diperoleh dari kehidupan sehari-harinya. 

Menurut Dworetzsky (1997) dalam buku yang ditulis oleh Enyy Zubaidah mengungkapkan bahwa manusia mengalami perkembangan bahasa dengan dua tahap diantaranya yaitu yang pertama adalah periode pralinguistik yang yang kedua adalah periode linguistik. 

Menurut Sunarto (2013) mengungkapkan bahwa berbahasa memiliki keterkaitan erat dengan kondisi pergaulan maka dari itu terdapat beberapa faktor faktor yang mempengaruhi perkembangannya diantaranya yaitu yang pertama adalah umur anak, yang kedua adalah kondisi lingkungan, yang ketiga adalah kecerdasan kondisi anak, yang keempat adalah status sosial ekonomi keluarga, yang kelima adalah kondisi fisik, yang keenam adalah metode pelatihan anak.

Dalam proses pengembangan berbahasa anak usia dini tidak hanya dengan mengajaknya berbicara atau mengajarkan bagaimana caranya anak untuk berbicara. Akan tetapi anak membutuhkan media untuk menunjang kemampuan berbahasanya salah satunya adalah memberikan alat permainan edukatif yang dapat menstimulasi anak dalam mengembangkan bahasanya agar lebih maksimal dan juga menyenangkan. Alat permainan edukatif tersebut meliputi

1. Alat bercerita menggunakan alat peraga seperti big book, boneka tangan atau jari, 

2. Puzzle

Dengan permainan puzzle yang terdiri dari huruf-huruf dapat menguatkan memori anak terhadap huruf juga merangsang anak dalam memahami konsep bahasa sekaligus memberikan rasa keinginan untuk rajin membaca.

3. Flashcard

Permainan ini biasa di sebut dengan kartu huruf yang dilengkapi oleh beberapa gambar benda hewan atau yang lainnya yang sangat mempengaruhi memori anak untuk memahami dan juga mengingat tentang huruf

4. Miniatur alat komunikasi

Dengan alat permainan edukatif ini dapat mengembangkan bahasa yang menjadi referensinya yaitu alat permainan ini. 

Jadi beberapa permainan alat edukatif diatas merupakan beberapa dari alat permainan edukatif yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa terhadap anak usia dini.

Sekian artikel kali ini bertemu lagi dengan artikel ku minggu depan, terima kasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun