Mohon tunggu...
Rovit Ginatra
Rovit Ginatra Mohon Tunggu... Aktor - Pekerja

Saya seorang pakar masalah. Mencari masalah,menemukan masalah,dan jika sudah membuat masalah maka saya lari dari masalah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Beban Psikologis Sekolah Selama 9 Jam bagi Anak SD

14 Agustus 2024   20:08 Diperbarui: 14 Agustus 2024   20:09 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sekolah adalah tempat di mana anak-anak mendapatkan pendidikan formal dan pengembangan karakter. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, muncul tren yang mengkhawatirkan yaitu peningkatan durasi waktu sekolah hingga mencapai 9 jam per hari, terutama bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD). Meskipun tujuan dari kebijakan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, durasi sekolah yang begitu lama dapat menimbulkan beban psikologis yang signifikan bagi anak-anak. Artikel ini akan membahas dampak psikologis dari durasi sekolah yang panjang pada anak-anak SD.

1. Kelelahan Mental dan Fisik

Anak-anak pada usia SD masih berada dalam tahap perkembangan, baik fisik maupun mental. Waktu sekolah yang panjang bisa membuat anak-anak merasa kelelahan secara fisik dan mental. Kelelahan ini tidak hanya mengurangi konsentrasi mereka di kelas, tetapi juga mempengaruhi kemampuan mereka untuk menyerap materi pelajaran. Anak-anak yang kelelahan cenderung lebih sulit berkonsentrasi, mengalami penurunan motivasi, dan lebih mudah merasa jenuh.

2. Stres dan Kecemasan

Durasi sekolah yang lama bisa menyebabkan peningkatan tingkat stres dan kecemasan pada anak-anak. Tuntutan akademik yang tinggi, tugas-tugas yang menumpuk, serta kurangnya waktu untuk bermain dan bersosialisasi dapat meningkatkan tekanan pada anak. Anak-anak yang mengalami stres berkepanjangan berisiko mengalami gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, dan gangguan tidur. Stres juga dapat mempengaruhi hubungan anak dengan orang tua dan teman sebaya, yang pada gilirannya dapat memperburuk kondisi psikologis mereka.

3. Kurangnya Waktu Bermain dan Sosialisasi

Bermain adalah bagian penting dari perkembangan anak. Melalui bermain, anak-anak belajar keterampilan sosial, mengembangkan kreativitas, dan melepaskan stres. Namun, dengan waktu sekolah yang panjang, anak-anak memiliki lebih sedikit waktu untuk bermain dan bersosialisasi. Kurangnya waktu untuk aktivitas non-akademik ini dapat menyebabkan kebosanan dan perasaan isolasi. Anak-anak mungkin merasa tertekan karena tidak memiliki cukup waktu untuk mengeksplorasi minat pribadi atau berinteraksi dengan teman sebaya di luar lingkungan sekolah.

4. Gangguan Tidur

Beban akademik yang berat dan waktu sekolah yang panjang dapat mengganggu pola tidur anak-anak. Mereka mungkin harus begadang untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah, yang menyebabkan kurangnya waktu tidur yang cukup. Kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental anak, termasuk menurunkan daya tahan tubuh, menurunkan kemampuan kognitif, dan meningkatkan risiko gangguan emosi.

5. Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar

Anak-anak yang merasa tertekan dan kelelahan cenderung kehilangan minat dan motivasi dalam belajar. Waktu sekolah yang panjang dapat membuat belajar terasa lebih seperti beban daripada pengalaman yang menyenangkan dan menantang. Anak-anak mungkin mulai melihat sekolah sebagai tempat yang membosankan dan penuh tekanan, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi prestasi akademik mereka.

6. Perlunya Penyesuaian Kebijakan

Memperpanjang durasi sekolah tanpa mempertimbangkan dampak psikologis pada anak-anak dapat mengakibatkan konsekuensi jangka panjang yang merugikan. Oleh karena itu, penting bagi pembuat kebijakan untuk mengevaluasi kembali struktur dan durasi waktu sekolah. Menciptakan keseimbangan antara kegiatan akademik dan non-akademik sangat penting untuk memastikan perkembangan holistik anak. Program-program yang memberikan waktu istirahat yang cukup, bermain, dan kegiatan sosial dapat membantu mengurangi beban psikologis yang dirasakan oleh anak-anak.

Kesimpulan

Durasi sekolah yang panjang, meskipun bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dapat menimbulkan beban psikologis yang signifikan bagi anak-anak SD. Kelelahan mental dan fisik, stres, kurangnya waktu bermain, gangguan tidur, dan penurunan motivasi belajar adalah beberapa dampak negatif yang dapat muncul. Oleh karena itu, penting bagi para pendidik dan pembuat kebijakan untuk mempertimbangkan kesejahteraan psikologis anak-anak dalam merancang sistem pendidikan yang efektif dan berkelanjutan. Dengan demikian, kita dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih sehat dan mendukung bagi anak-anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun