APA ITU KURIKULUM?
Kurikulum merupakan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan tertentu. 4 komponen kurikulum yaitu: Tujuan, konten, metode/cara, evaluasi. Jantung pengembangan kurikulum adalah kemerdekaan murid dalam belajar. Kurikulum berperan sebagai pedoman dan acuan dalam pembelajaran. Fungsi kurikulum bagi guru adalah untuk memandu proses belajar murid.
Kerangka kurikulum:
- Mewariskan nilai budaya masyarakat yang relevan dengan masa kini
- Mengembangkan sesuatu yang dibutuhkan saat ini dan masa depan
- Menilai dan memilih sesuatu yang relevan dan kontekstual sebagai kontrol sosial
MENGAPA KURIKULUM PERLU DIUBAH?
Demi menuntun kodrat murid-murid kita, pembelajaran, termasuk kurikulum yang kita selenggarakan juga harus terus menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Semua pihak harus menempatkan kebutuhan, pendapat, pengalaman, hasil belajar, serta kepentingan murid sebagai rujukan pengembangan kurikulum. Sejatinya, kurikulum diracang untuk murid.
MENGAPA KURIKULUM PERLU DIADAPTASI?
Adaptasi kurikulum dilakukan dengan cara merancang Kurikulum operasional satuan Pendidikan (KOSP . Penerjemahan kurikulum tidak hanya dipengaruhi faktor geografis, tapi juga faktor budaya dan sosiologis. Keanekaragaman latar belakang dan kemampuan murid adalah tolak ukur adaptasi KOSP, guna memastikan setiap saat murid akan berkembang sesuai zamannya. Memanfaatkan lingkungan sekitar menjadi sumber belajar.
- Tujuan Pendidikan nasional
- Profil pelajar Pancasila
- Struktur kurikulum
- Prinsip pembelajaran dan asesmen
- Capaian pembelajaran
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SATUAN PENDIDIKAN
Kurikulum bersifat dinamis, artinya dapat mengikuti perubahan zaman dan kebutuhan satuan Pendidikan.