Mohon tunggu...
Ahmad Ramdhani
Ahmad Ramdhani Mohon Tunggu... Konsultan - Freelance writer

Seorang Pembelajar di bidang kesehatan mental. (cek ig @wellbeing.shelter).

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Keefektifan Pelayanan BK Klasikal Melalui Asesmen PTSDL

3 Januari 2024   16:48 Diperbarui: 3 Januari 2024   17:05 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar : pendidikan.infoasn.id

Pendahuluan

Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di kelas XI, terutama pada fase F, telah menorehkan pencapaian layanan yang menonjol, terutama terkait dengan kemampuan siswa dalam mengatur waktu. Fokus dari pelayanan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengelola waktu siswa, sebagai suatu hal yang krusial. Materi pelayanan tersebut memusatkan perhatian pada pengembangan kemampuan mengelola waktu dengan baik.

Asesmen PTSDL

Dalam menjalankan misi ini, digunakanlah alat penilaian yang dikenal sebagai AUM-PTSDL. Asesmen ini diwujudkan dalam bentuk soal tertulis yang merangkum beberapa aspek, seperti keadaan pribadi, lingkungan sosial, keterampilan belajar, dan penguasaan materi. PTSDL diharapkan dapat memberikan gambaran holistik tentang kemajuan siswa dalam mengelola waktu dan memberikan pemahaman mendalam tentang keadaan siswa.

Kesesuaian dengan Tahapan Perkembangan Peserta Didik

Bagian yang menyoroti keadaan diri pribadi dalam asesmen PTSDL menjadi cerminan terhadap tahapan perkembangan peserta didik. Ini menjadi landasan bagi para guru BK untuk memahami kondisi individu siswa dan menyelaraskan pelayanan dengan tingkat perkembangan yang sedang mereka alami.

Pertimbangan Lingkungan Budaya dan Karakteristik Peserta Didik

Aspek lingkungan sosial dalam asesmen juga mencakup elemen-elemen budaya dan karakteristik peserta didik. Menyadari pentingnya lingkungan budaya dan karakteristik ini sebagai faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam mengelola waktu, bagian personal dalam asesmen juga mempertimbangkan aspek tersebut.

Kesesuaian dengan Kemampuan Peserta Didik

Bagian keterampilan belajar dalam PTSDL menjadi penunjuk kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Inilah yang membantu guru BK untuk menyusun pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, serta memberikan dukungan dalam pengembangan keterampilan mengelola waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun