Mohon tunggu...
Smiling Ajah
Smiling Ajah Mohon Tunggu... -

ngasal... :)

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Berapakah Harga dari 'Harga Diri Manusia'?

29 Juni 2015   15:11 Diperbarui: 29 Juni 2015   15:11 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

P'ErTe: Ada apa nih pak siang-siang kok udah nyariin saya?

P'GeEr: Ah enggak, ini mau tanya aja. Napa si Joni satpam beberapa hari ini kok mondar-mandir aja di depan rumah saya ya?

P'ErTe: Ngngng, kenapa ya? Oh paling mau nanyain THR. Si Joni emang kemarin juga ke sini nyinggung-nyinggung perkara THR. Saya sih bilang dari RT nggak ada jatah THR. Toh biasanya dari warga banyak yang ngasih THR. Contohnya dari Pak GeEr, kan tiap tahun pasti ngasih ke para satpam.

P'GeEr: Ya kan pasti ntar saya kasih. Kan udah rutin tiap tahun. Ngapain pake mondar-mandir segala.

P'ErTe: Yah namanya orang pak. Mungkin takut bapak lupa. Biasalah itu pak.

P'GeEr: Malu-maluin aja itu pak. Kayak gak punya harga diri aja. Kesannya kok gak percaya amat sama saya. Ngganggu lagi kan mondar-mandir kayak gitu. Kesannya kok seperti harga diri dikorbankan dijual demi sekedar ratusan ribu rupiah.

P'ErTe: Sabar aja pak . Ntar saya bilangin ke orangnya. Kalo perkara duit pak, sama saja apa itu pengemis, tukang becak, satpam, pejabat, kepala kantor, lurah, camat, bupati, walikota, gubernur, bahkan sampai presiden, sama saja kelakuannya. Cuman nominalnya saja yang beda. Kalo satpam cukup ratusan ribu rupiah. Ntar kalo walikota bisa milyaran, selevel presiden mungkin triliyunan. Orang bule bilang, semua orang ada harganya. Tul nggak?

P'GeEr: Lho Pak ErTe nyindir saya ya?

P'ErTe: Ya enggaklah pak. Maksud saya biar bapak gak terlalu emosi ke si Joni gitu.

P'GeEr: Ya bedalah pak. Mana bisa disamakan satpam yang cuman ratusan ribu rupiah dibandingkan dengan pejabat yang ratusan juta bahkan sampai ratusan milyar.

P'ErTe: Kalo dilihat dari nominalnya ya emang beda jauh pak. Tapi kalo dilihat dari matematika universal kemanusiaan ya nggak beda jauh ternyata itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun