Mohon tunggu...
Rizqina Tsania
Rizqina Tsania Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN SAIZU Purwokerto

Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto Melakukan Sebuah Terobosan dalam Pemasaran UMKM Desa Kalibakung

3 Februari 2024   21:05 Diperbarui: 3 Februari 2024   21:16 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kalibakung Tegal, melaksanakan program unggulan berupa pelatihan dan pendampingan digital marketing E-commerce bagi para pelaku UMKM di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Tegal.

              Mahasiswa KKN melaksanakan kegitan tersebut berdasarkan potensi sumber daya manusia dari Desa Kalibakung dibidang ekonomi, yaitu berupa banyaknya warga yang melakukan kegiatan wirausaha. Mulai dari wirausaha dibidang kuliner, jasa, pertanian, dan fashion, namun banyak dari mereka yang terkendala terkait dengan pemasaran digital menggunakan hand phone.

              Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari 2024 pukul 14:00 di Pendopo Balai Desa Kalibakung dan diikuti oleh 18 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap RT di Desa Kalibakung. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Indra Anggit Prayoga selaku ketua kelompok KKN, kemudian dilanjutkan pematerian tentang digital marketing yang disampaikan oleh Muchammad Soleh selaku narasumber.

dokpri
dokpri

               Pematerian yang disampaikan berupa pengetahuan umum tentang digital marketing dengan tujuan agar peserta bisa megetahui tentang pentingnya digital marketing di era modern sekarang ini untuk memajukan usahanya.

Selanjutnya materi tentang jenis -- jenis digital marketing, yang mana jenisnya sangat banyak dan beragam, mulai dari website, social media marketing, online advertising, email marketing, video marketing, dan market place. Adapun, jenis digital marketing yang digunakan untuk praktik pada pelatihan kali ini adalah media social dan market place.

Kemudian, dilanjutkan pematerian tentang kelebihan berwirusaha melalui digital marketing marketplace, diantaranya yaitu market place sebagai tempat berkumpulnya pedagang dan pembeli, keamanan yang lebih terjamin, serta banyak promo dan diskon yang bisa diambil.

Selain itu, pemateri juga menjelaskan tentang tantangan berwirausaha melalui digital marketing marketplace, yaitu tingkat kompetisi yang tinggi karena harus bersaing dengan produk yang sama dari toko lainnya.

Setelah selesai pematerian, peserta langsung melaksanakan praktik berupa mengupload produk usahanya di marketplace facebook, praktik membuat toko online di aplikasi shopee dan praktik mengupload produk usahanya di aplikasi shopee.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pelatihan, team KKN juga melaksanakan pendampingan pembuatan legalitas usaha berupa NIB dan sertifikat halal kepada para pelaku UMKM di Desa Kalibakung.

Harapannya, setelah selesai melaksanakan program unggulan berupa kegiatan pelatihan dan pendampingan digital marketing E-Commerce, para pelaku UMKM dapat memperluas pemasaran produk usahanya dan bisa naik kelas, sehingga dapat membuka lowongan pekerjaan lebih banyak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun