Desa Loram Wetan (29/7), program pemberdaayaan masyarakat dalam membantu pemasaran UMKM setempat. Mahasiswa KKN Tim II tahun 2021 dari prodi Teknik Industri meluncurkan website yang menyasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Kudus. Rizqi Fauzul Fitria, mahasiswa tersebut memfasilitasi UMKM untuk menerbitkan berita maupun artikel mengenai usahanya untuk dimuat di website. Segala sektor UMKM mulai dari kerajinan tangan, industri konveksi, sampai baju hazmat sebagai APD Covid-19 pun turut diberitakan.
Program ini dilakukan karena mayoritas warga desa Loram Wetan merupakan pemilik UMKM di berbagai bidang mulai dari pakaian, tas, sepatu sampai makanan. Sebagai pemilik UMKM tentunya ingin meningkatkan UMKM miliknya sehingga dapat menjadi lebih baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara mempunyai kumpulan informasi yang mudah diakses ketika ada konsumen yang mencari produk buatan UMKM tersebut. Perkembangan internet sekarang ini memungkinkan internet menjadi sangat mudah diakses oleh banyak orang dan menjadi salah satu tempat masyarakat dalam berbagi informasi. Profil UMKM yang dibuat akan berisi informasi tentang promosi produk yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik UMKM.
Kegiatan diawali dengan studi literatur untuk pembuatan website, lalu pencarian konten website dengan berita seputar UMKM di Kudus
Antusias yang besar dari warga Desa Loram Wetan yang tinggi dapat dilihat dari komitmen mereka untuk semakin giat meningkatkan kualitas produk untuk kegiatan pemasaran secara digital di website tersebut.
Portal UMKM yang berdomain www.umkmkudus.wordpress.com ini diharapkan tumbuh berkembang dan bemanfaat bagi pelaku UMKM. Website yang menarik tentunya didukung oleh desain yang bagus.
Portal UMKM yang berdomain www.umkmkudus.wordpress.com ini diharapkan tumbuh berkembang dan bemanfaat bagi pelaku UMKM. Website yang menarik tentunya didukung oleh desain yang bagus.
"Solutif ya mahasiswa sekarang, mulai bagus kepeduliannya terhadap perkembangan ekonomi di kotanya. Semoga website ini menjadi batu pijakan pertama UMKM terutama di desa Loram dan umumnya di Kudus agar lebih dikenal di seluruh Indonesia" ujar Eko kepala desa Loram Wetan.
Harapannya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian Indonesia, khususnya Kota Kudus. Pembuatan website ini sebagai salah satu komponen penerapan digital marketing yang dapat membantu UMKM memasarkan produk/jasanya dengan mengenal UMKM Kudus ke dunia nasional.
Penulis: Rizqi Fauzul Fitria
Editor: Nikie Astorina YD, SKM, M. Kes
#undip #KKNTimllPeriode2021 #p2kknundip #lppmundip
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H