PEMBELAJARAN AR (AUGMENTED REALITY) MELALUI MEDIA FLIPBOOK YANG UAMÂ
Â
Permasalahan yang dihadapi pada kegiatan pembelajaran di kelas 6 SDN Gamping 2 yaitu diketahui banyak peserta didik kurang bersemangat dalam belajar. Hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik. Selain itu kesadaran diri peserta didik tentang pentingnya belajar masih kurang maksimal sehingga berakibat pada menurunnya motivasi belajar peserta didik.Â
Pembelajaran konvensional selama ini     menjadi kebiasaan para guru-guru yang enggan untuk memodifikasi model dan metode dalam kegiatan belajar mengajar sehingga metode ini menyebabkan pendidikan dan penguasaan materi yang diajarkan kurang maksimal dan Peserta didik juga kesulitan serta kurang fokus dalam pembelajaran. Guru juga belum menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik agar peserta didik dapat fokus dalam pembelajaran.
Hal ini bisa terlihat dari sikap peserta didik sebagai berikut :
- Peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru karena pembelajaran kurang menyenangkan
Peserta didik kurang aktif pada saat proses pembelajaran
Hasil belajar peserta didik masih rendah
Peserta didik tidak mau bertanya kepada guru saat mereka mengalami kesulitan memahami materi atau menjawab soal pada kegiatan evaluasi.
Dalam hal ini, penulis ingin berbagi praktik pembelajaran.
Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena:
Pembelajaran konvensional selama ini  menjadi kebiasaan para guru-guru untuk malas memodifikasi model dan metode dalam kegiatan belajar mengajar